Currently set to Index
Currently set to Follow

Persiapkan Destinasi Favoritmu! Yuk, Keliling Dunia dengan Cara Mudah Ini

Melakukan traveling keliling dunia nampaknya adalah impian semua orang. Namun, mungkin kamu sering berpikir, apakah hanya orang kaya saja yang bisa melakukannya? Apalagi jika kamu sering menemukan influencers atau idola kamu seolah-olah dengan gampangnya pamer wisata keliling dunia di feed akun media sosial kamu.

Wah, jangan batasi impianmu, Sobat Cuan! Kamu juga bisa menikmati liburan wisata keliling dunia dengan tidak meninggalkan utang. Caranya? Menabung. Tapi, berapa banyak sih uang yang perlu ditabung?

Menabung Untuk Wisata Keliling Dunia, Gampang atau Susah?

Menabung untuk wisata keliling dunia terbilang mudah asalkan kamu bisa fokus dan disiplin. Tentukan target dana yang dibutuhkan untuk traveling keliling dunia sejak dini!

Sebelum memutuskan traveling keliling dunia, kamu bisa mulai dengan cari tahu rute mana yang akan kamu tempuh. Kamu bisa melewati jalur khatulistiwa ataupun jalur kutub ke kutub.

Jika kamu menempuh jalur khatulistiwa, kamu akan melewati 40.075 km. Sementara, jika menempuh jalur kutub, kamu akan menempuh 40.006 km. Dua jalur berbeda ini akan mempengaruhi berapa waktu dan uang yang kamu butuhkan untuk memulai wisata keliling dunia.

Oke, jadi mari kita mulai kupas satu per satu persiapan menabung untuk traveling keliling dunia!

Baca juga: Berburu Kebahagiaan? Coba Kesepuluh Negara Paling Bahagia Ini, Yuk!

Persiapkan Destinasi Favoritmu! Yuk, Keliling Dunia dengan Cara Mudah Ini, Pluang

Pilih Transportasi Apa dan Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Traveling Keliling Dunia?

Dalam praktiknya, kita bisa travel keliling dunia dengan berjalan kaki dalam waktu 11 tahun 2 bulan. Waktu tempuh ini dibuktikan oleh Jean Belliveau yang menempuh jarak 75.500 km! Ia berhasil melewati 64 negara dengan 54 pasang sepatu dalam perjalanannya.

Ini jalur perjalanan wisata keliling dunia yang ditempuh Belliveau:

wisata keliling dunia

Lantas, berapa, sih, biaya yang dibutuhkan jika kamu tidak menempuh perjalanan wisata keliling dunia dengan berjalan kaki? Nah, kamu bisa memanfaatkan tiket keliling dunia bernama round the world (RTW). Tiket ini adalah kesempatan bagi para pejalan untuk merencanakan traveling keliling dunia dengan memperoleh tiket penerbangan lebih murah.

Penyedia jasa RTW ini, misalnya, Star Alliance yang bekerja sama dengan 1.185 bandara dari 185 negara. Kamu bisa pilih rute keliling dunia dan negara yang akan kamu singgahi dalam itinerary wisata keliling dunia versimu.

Untuk menggunakan RTW, kamu mesti keliling dunia maksimal satu tahun, dengan waktu ideal perjalanan dalam 6-12 bulan. Biaya program RTW ini tergantung jumlah negara dan jarak tempuh yang diambil. Semakin banyak negara yang ingin kamu singgahi, maka semakin mahal biayanya.

Tapi ingat, kamu perlu pintar-pintar memilih waktu traveling. Sebab, kamu mungkin akan pergi ke negara dengan dua iklim atau empat iklim sekaligus. Pastikan kamu memilih jadwal yang sesuai dengan aklimatisasi tubuhmu.

Sehingga, kamu perlu menentukan destinasi yang dituju sejak awal. Jangan lupa juga untuk menentukan durasi waktu berlibur. Misalnya, di negara mana kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama, apakah di Jepang, Belanda, atau Maroko?

Lalu, buat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan di destinasimu. Tuliskan dengan detail seluruh aktivitas yang kamu rencanakan dan tentukan akomodasi dan jenis transportasimu di tempat tujuan.

Dari sanalah, kamu akan tahu total dana yang dibutuhkan untuk wisata keliling dunia versimu.

Baca juga: Makin Sakti, Paspor Indonesia Bisa Bebas Kunjungi 71 Negara dengan VOA

Jenis Tabungan Apa yang Cocok Untuk Persiapan Wisata Keliling Dunia?

travel keliling dunia

Setelah mengetahui negara-negara yang dituju lewat tautan RTW itu, kini, saatnya memikirkan rencana tabungan!

Disiplin kumpulkan dana liburan dengan menyisihkan uang setiap bulannya. Jika kamu tipe yang sulit menabung, coba pakai fasilitas tabungan auto debet dan juga pertimbangkan deposito.

Deposito bisa jadi pilihan investasi menjanjikan karena ada imbal hasil yang akan kamu peroleh. Besaran bunga deposito seimbang dengan nilai inflasi tahunan. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan anggaran wisata keliling dunia pada waktunya dana terkumpul.

Selain deposito, kamu juga bisa pilih menginvestasikan dana di reksadana atau membeli saham perusahaan blue chip yang kamu percayai kinerjanya.

Cek juga kartu kreditmu. Fasilitas yang disediakan kartu kredit bisa memberimu kemudahan untuk melakukan travel. Jika kamu belum memiliki kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang menawarkan fasilitas paling oke untuk mendukung wisata keliling dunia.

Misalnya, kamu bisa pilih kartu kredit yang memberikan potongan harga tiket transportasi ataupun diskon biaya penginapan.

Namun, saat kamu menggunakan kartu kreditmu dalam bertualang, kamu mesti ingat juga melakukan pembayaran tepat waktu sesuai waktu jatuh tempo, ya!

Traveling keliling dunia adalah sesuatu yang menyenangkan. Makanya, kita juga perlu mempersiapkannya dengan senang hati dan jangan terlalu terbebani dengan mimpi tersebut.

Segera pilih rute perjalananmu, ya, biar bisa menabung lebih dini!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Phinemo, Kontan

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img