Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Accrued Interest?

Dalam akuntansi, definisi dari accrued interest atau bunga yang masih harus dibayar adalah bunga yang dibebankan pada waktu tertentu untuk pinjaman yang belum terbayar.

Selain pinjaman, bisa juga untuk kewajiban keuangan yang lain. Bunga akrual bisa berbentuk pendapatan bunga yang masih harus dibayar bagi yang meminjamkan atau biaya bunga yang masih harus dibayar bagi yang meminjam.

Istilah apa itu accrued interest ini juga bisa mengacu pada jumlah bunga obligasi yang terkumpul sejak pembayaran bunga obligasi terakhir dilakukan.

Hal-hal Penting

  • Arti: Accrued interest adalah sebuah fitur dari akuntansi accrual. Proses ini mengikuti dasar pengakuan dan dasar-dasar akuntansi.
  • Waktu: Bunga yang bertambah dibukukan pada akhir periode akuntansi sebagai ayat jurnal, yang dibalik pada hari pertama periode berikutnya.
  • Jumlah: Jumlah bunga yang terakumulasi Yang disebutkan adalah jumlah bunga terkumpul yang belum informasi pada akhir periode akuntansi.

Baca juga: Apa Itu Penghasilan Dibatalkan?

Memahami Apa Itu Accrued Interest

Accrued interest di hitung pada hari terakhir periode akuntasi. Sebagai contoh, anggap saja bunga bisa terlihat pada tanggal 20 setiap bulannya. Akhir dari periode akuntansi tersebut adalah tanggal terakhir kalender. Bulan April akan membutuhkan 10 hari akrual bunga dari tanggal 21 hingga 30. Berikutnya akan dimasukkan sebagai ayat jurnal di akhir bulan.

Accrued interest laporan pada laporan laba rugi sebagai pemasukan atau pengeluaran. Semua tergantung apakah itu hutang atau piutang dari perusahaan. Pendapatan atau pengeluaran yang belum masuk atau masuk harus masuk ke dalam neraca keuangan sebagai aset atau kewajiban. Karena bunga diharapkan untuk diterima atau tampak pada tahun yang sama, maka ia sering digolongkan sebagai aset lancar atau kewajiban lancar.

Apa Itu Accrued Interest dan Accrual Accounting

Yang disebut dari apa itu accrued interest adalah hasil dari accrual accounting. Proses ini mengharuskan transaksi akuntasi dan dilaporkan ketika terjadi. Tidak jadi soal apakah pembayaran sudah diterima atau dibayar pada saat itu.

Tujuan akhir ketika melakukan apa itu accrued interest adalah memastikan transaksi dengan baik pada waktu yang tepat. Akuntansi akrual berbeda dengan akuntansi kas. Akuntansi tunai mengakui kegiatan ketika uang tunai atau hal lain yang berpindah tangan.

Prinsip pengakuan pendapatan dan pencocoak adalah aspek penting dalam akuntansi akrual. Keduanya relevan juga dalam hal yang disebut ap aitu masih harus dibayar.

Isi dari prinsip tersebut adalah laporan pendapatan pada waktu ia diterima, diterima ketika diterima. Kedua prinsip tersebut menyatakan bahwa pengeluaran harus dilakukan pada waktu yang sama dengan pendapatan yang terkait.

Untuk menjelaskan bagaimana prinsip tadi memengaruhi apa itu minat yang timbul, kita perlu contoh. Anggaplah ada sebuah perusahaan yang melakukan pinjaman untuk membeli mobil dinas.

Perusahaan berutang bunga pada bank untuk kendaraan pada tanggal 1 bulan berikutnya. Perusahaan menggunakan mobil tersebut selama sebulan penuh dan arung untuk berbisnis dan menghasilkan pendapatan.

Pada akhir setiap bulan, perusahaan harus mencata bunga yang harus urutan berikutnya. Bank juga akan mencatat pendapatan dari apa itu akrual bunga pada akhir bulan yang sama. Ini dilakukan karena bank menanti pihak peminjam yang akan membayar pada keesokan harinya.

Baca juga: Perkaya Portofolio, Ini 5 Pilihan Investasi Jangka Pendek Untukmu

Contoh Apa Itu Accrued Interest?

Perhatikan contoh berikut ini karena akan menjelaskan apa itu accrued interest. Anggap saja ada pinjaman sebesar US $ 20.000 dengan suku bunga sebesar 15%. Pinjaman tersebut diterima pada tanggal 20 setiap bulan. Pada skenario ini, untuk mencatat tambahan pendapatan bunga yang diterima dari tanggal 21 hingga 30 akan menggunakan rumus di bawah ini:

  • (15% x (10/365)) x US$20.000 = US$82,19

Jumlah dari bunga yang timbul bagi pihak yang menerima pembayaran adalah kredit untuk akun pendapatan bunga dan debit untuk akun bunga bunga. Piutang kemudian dimasukkan ke dalam neraca keuangan dan dimasukkan sebagai aset jangka pendek. Jumlah yang sama juga dimasukkan sebagai pendapatan pada laporan pemasukan.

Bunga akrual bagi pihak yang berutang pembayaran adalah kredit pada akun pembayaran dan debit pada akun pengeluaran bunga. Kewajiban memasukkan ke dalam neraca keuangan dan sebagai kewajiban jangka pendek. Sementara pengeluaran bunga juga pada laporan pemasukan.

Kedua kasus merupakan ayat jurnal pembalik. Ini artinya akan dibalik pada hari pertama bulan berikutnya. Ini akan menjamin bahwa ketika transaksi tunai terjadi pada bulan berikutnya, efek net hanyal Sebagian kecil pendapatan atau pengeluaran yang diterima atau dikeluarkan pada periode ini tetap pada periode ini.

Dengan menggunakan contoh di atas, US$246,58 (15% x (30/365) x US $ 20.000) diterima oleh perusahaan peminjam pada tanggal 20 bulan kedua. Dari jumlah itu, US $ 82,19 bulan yang terkait sebelumnya dibukukan sebagai ayat jurnal. Ini dilakukan untuk mengakui pendapatan pada bulan ia diterima. Karena ayat jurnal dibalik pada bulan kedua, maka net effectnya yaitu US $ 164.39 (US$246.58 – US$82.19) dari pembayaran rekening pada bulan kedua. Itu setara dengan 20 hari bunga bulan kedua.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img