Currently set to Index
Currently set to Follow

Pekan Ini, Indeks Saham AS dan Bitcoin Kompak Jauhi Bayang-Bayang Obligasi AS

Bursa saham Amerika Serikat mengawali pekan lalu dengan perkasa dan akhirnya mendorong indeks-indeks saham utama negara adidaya itu ke rekor baru pada Rabu (17/3). Hanya saja, pekan bulan madu tersebut harus ditutup agak miris. Nilai indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) dan S&P 500 terkulai di akhir pekan, sementara Nasdaq membukukan pertumbuhan yang relatif moncer.

Indeks S&P 500 sendiri ditutup menurun sebesar -0,74% pada pekan lalu. Berbagai faktor menyumbang tekanan pada pasar saham AS, termasuk kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS

Pekan Ini, Indeks Saham AS dan Bitcoin Kompak Jauhi Bayang-Bayang Obligasi AS, Pluang
Harga per penutupan pasar minggu lalu (19/3)

Bursa Saham Amerika Terkena Dampak Penguatan Yield Obligasi Pemerintah AS

Imbal hasil obligasi pemerintah AS naik ke level tertinggi 14 bulan dan bikin investor ketar-ketir. Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun, misalnya, pada pekan lalu sudah menyentuh angka 1,7%.

Pekan Ini, Indeks Saham AS dan Bitcoin Kompak Jauhi Bayang-Bayang Obligasi AS, Pluang
Imbal Hasil Obligasi 10 Tahun AS Naik di atas level 1.7%

Meski beberapa investor menunjukkan kekhawatiran, tidak demikian halnya dengan investor di sektor teknologi. Sebab, volatilitas saham perusahaan teknologi mereda setelah gejolak pasar di hari Kamis (18/3), meski di tengah volume perdagangan yang cukup tinggi di seluruh pasar.

Namun, saham sektor perbankan harus turun setelah bank sentral AS The Fed menolak untuk memperpanjang paket pelonggaran rasio leverage tambahan untuk bank selama pandemi. Kebijakan baru tersebut dijadwalkan sudah bisa dimulai pada April.

Baca juga: Apa Itu 10 Years Treasury Notes?

Terminasi Distribusi Vaksin Redan Laju Bursa Saham Amerika Serikat

Selain perkara kenaikan imbal hasil obligasi, kinerja bursa saham Amerika Serikat pekan lalu juga dipengaruhi oleh penghentian sementara distribusi vaksin AstraZeneca di beberapa negara Eropa.

Hal itu terjadi lantaran ada kekhawatiran bahwa vaksin tersebut dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah. Badan Medis Eropa mengatakan pada hari Kamis (18/3) bahwa vaksin itu “aman dan efektif,”. Mengingat bahwa COVID-19 dikaitkan dengan pembekuan darah, kemungkinan vaksinasi akan menurunkan risiko orang yang menderita oleh karenanya.

Nasib Harga Bitcoin Setali Tiga Uang dengan Saham Amerika

Aset kripto Bitcoin sempat turun di bawah level US$56.000 pada hari Minggu, dan beberapa tanda teknikal bearish muncul. Meskipun semakin dekat dengan menembus melewati level teknis utama, Bitcoin telah menunjukkan kelemahan dalam kisaran US$59.000 hingga US$60.500.

Beberapa alasan utama di balik stagnasi ini adalah kebimbangan selera risiko investor untuk bergerak ke aset berisiko setelah imbal hasil obligasi AS mencapai puncak tertingginya.

Salah satu faktor yang dapat mendukung lanjutnya reli Bitcoin adalah dukungan dari sisi makroekonomi, yang hanya mungkin terjadi melalui stabilisasi imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Para bulls sekarang akan mencoba untuk mendorong harga di atas resistance US$60.000 dengan target pada level US$61.825. Jika berhasil, Bitcoin dapat memulai leg berikutnya dari tren naik yang mungkin mencapai level US$72.112.

Kemungkinan lain dari harga Bitcoin adalah terjadinya penurunan dari titik resistance. Jika ini terjadi, penembusan berikutnya kemungkinan besar akan menghasilkan pergerakan tren yang kuat.

Dengan mempertimbangkan kemungkinan penurunan, maka Bitcoin bisa turun ke indikator simple moving average 50-hari pada US$49.497, yang merupakan support penting untuk diperhatikan. Sementara, jika harga jatuh di bawah level ini, maka dari sisi teknikal akan melihat support pada US$43.006.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img