Currently set to Index
Currently set to Follow

Menyimpan Banyak Manfaat, Kenalan Yuk Sama Asuransi Jiwa Berjangka!

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya asuransi jiwa. Tak heran, sebab produk ini memberikan banyak sekali manfaat finansial kepada para pemegang polisnya. Namun, masyarakat Indonesia nampaknya masih belum mengenal lebih dekat salah satu jenis asuransi jiwa, yakni asuransi jiwa berjangka (Term Life Insurance).

Jadi, apa sih, pengertian asuransi jiwa berjangka? Kemudian, apa bedanya dengan asuransi jiwa lainnya?

Nah, judul produk asuransi ini menyimpan dua kata kunci, Sobat Cuan. Yakni, “asuransi jiwa” dan “berjangka”.

Layaknya asuransi jiwa, produk ini memberikan perlindungan finansial kepada keluarga atau pihak yang sudah ditentukan oleh tertanggung apabila sewaktu-waktu tertanggung mengalami tutup usia. Namun, masa berlaku asuransi tersebut berada di dalam jangka waktu tertentu, makanya produk ini mengandung kata “berjangka”.

Karena merupakan bagian dari asuransi jiwa, maka asuransi jiwa berjangka juga menjadi salah satu produk jasa keuangan yang bisa membantu masyarakat mencapai kebebasan finansial. Yakni, situasi di mana seseorang sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya dari sisi materiil.

Sayangnya, tingkat penetrasi asuransi penduduk Indonesia tergolong masih sangat rendah. Melansir BeritaSatu, selama tahun 2020, penetrasi asuransi di tanah air baru mencapai sekitar 3% dari total populasi

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan literasi keuangan di bidang asuransi. Khususnya asuransi jiwa berjangka yang akan kita bahas berikut ini. 

Baca juga: Apa Itu Asuransi Jiwa?

Menyimpan Banyak Manfaat, Kenalan Yuk Sama Asuransi Jiwa Berjangka!, Pluang

Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka adalah salah satu jenis produk asuransi jiwa yang memberikan santunan uang kepada pihak yang sudah ditentukan oleh tertanggung.

Uang santunan tersebut akan diberikan jika tertanggung meninggal dalam satu periode tertentu yang sudah disepakati antara perusahaan asuransi dan juga tertanggung. Kesepakatan periode asuransi tersebut tercantum di dalam buku polis tertanggung atau pemegang polis.

Umumnya, asuransi jenis ini digunakan oleh nasabah yang sedang memiliki tanggungan dalam jumlah besar. Contohnya, seperti kredit properti atau kendaraan.

Tak hanya itu, asuransi jiwa juga seringkali menjadi syarat bagi nasabah yang ingin mengambil kredit seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Nah, kalau kamu berencana untuk membeli kredit rumah dalam waktu dekat, sebaiknya persiapkan juga dana untuk menggunakan asuransi jiwa berjangka, ya!

Ciri-Ciri Asuransi Jiwa Berjangka

Terdapat beberapa ciri yang bisa kamu ketahui mengenai produk asuransi jiwa yang satu ini. Apa saja sih, karakteristiknya?

1. Memiliki jangka waktu tertentu 

Hal yang paling membedakan antara asuransi jiwa berjangka dengan asuransi lainnya adalah terdapatnya jangka waktu tertentu untuk masa pertanggungannya. Sebagai contoh, jika seseorang mengambil produk asuransi ini untuk keperluan KPR, maka lama waktu premi yang perlu dibayarkan tentu mengikuti pelunasan kredit rumah tersebut.

2. Premi yang relatif rendah

Pembayaran premi asuransi jiwa dalam jangka waktu tertentu ini memiliki premi yang relatif rendah tergantung dengan besarnya uang pertanggungan yang diberikan.

3. Polis dapat diperpanjang atau diperbaharui 

Karena sifatnya terbatas oleh waktu, maka asuransi jiwa berjangka masih dimungkinkan untuk diperpanjang atau diperbaharui atas kesepakatan pihak-pihak yang berkepentingan. 

Baca juga: Apa Itu Asuransi?

Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka 

Produk asuransi jiwa berjangka juga memiliki banyak manfaat bagi para nasabahnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Memberikan perlindungan finansial kepada keluarga tertanggung atau ahli waris

Asuransi jiwa tentunya memberikan rasa aman kepada keluarga tertanggung atau ahli waris. Khususnya dari sisi finansial. Sebab jika tertanggung adalah seorang pencari nafkah tunggal dalam keluarga akan mencegah keluarga tersebut kehilangan mata pencaharian untuk sementara.

2. Meminimalisir kredit macet

Di Indonesia, kita sering mendengar mengenai kasus kredit macet atau suatu pihak gagal untuk melunasi hutangnya kepada kreditur. Asuransi jiwa bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir kejadian seperti itu, jika hal tersebut menimpa kreditur maupun debitur.

3. Membantu mengelola dana jangka panjang 

Jika kamu memiliki rencana jangka panjang dari sisi finansial seperti pendidikan anak, jaminan hari tua serta mendirikan usaha, maka asuransi jiwa sangat bermanfaat untuk membantu kamu mengelola dana dalam jangka panjang.

Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyisihkan uang pribadi untuk ketiga hal tersebut untuk memenuhi kebutuhanmu dan keluarga di masa yang akan datang. Cukup membayar premi dan fokus terhadap hal yang ingin dicapai. 

Jadi, Apakah Asuransi Jiwa Berjangka itu Penting?

Jawabannya adalah iya. Jika kamu adalah seorang yang memiliki tanggungan dalam jumlah kecil maupun besar, maka produk asuransi ini adalah hal yang wajib untuk digunakan.

Sama seperti investasi, asuransi adalah salah satu instrumen finansial yang penting agar kamu dapat mencapai kebebasan finansial di masa tua nanti. Jangan sampai nantinya kamu mengorbankan satu instrumen finansial dan lupa untuk memenuhi instrumen lainnya yang tidak kalah penting.

Ingin melakukan investasi tapi di saat yang bersamaan juga mendapatkan perlindungan asuransi jiwa berjangka? Jangan khawatir! Sebab PasarPolis dan Pluang kini bekerja sama untuk menghadirkan produk investasi dan asuransi jiwa, lho!

Setiap pengguna Pluang yang berinvestasi emas seberat 1 gram berkesempatan untuk mendapatkan perlindungan jiwa berjangka dengan uang pertanggungan hingga Rp15.000.000 secara cuma-cuma.

Jadi tunggu apalagi? Yuk langsung aja investasi emas sekarang juga!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img