Currently set to Index
Currently set to Follow

Aturan dan Tips Beli Barang Lelang di Pegadaian

Kamu tentu tahu Pegadaian, kan? Ini adalah badan usaha milik negara yang keberadaannya sangatlah membantu masyarakat karena untuk mereka yang membutuhkan uang tunai bisa datang langsung ke Pegadaian untuk memperoleh pinjaman. Pegadaian juga jadi favorit para pemburu barang murah. Mereka kerap beli barang lelang pegadaian.

Banyak orang meminjam uang tunai ke Pegadaian dengan syarat mereka harus memberikan jaminan berupa aset sesuai ketentuan. Misalnya emas, barang elektronik, dan lain-lain. Ketika peminjam sudah punya uang, mereka bisa menebus kembali barang jaminan tersebut.

Namun, ada saja orang tidak sanggup melunasi pinjaman di Pegadaian. Akhirnya barang jaminan mereka menjadi milik Pegadaian. Pegadaian kemudian akan melelang barang-barang jaminan itu. Di saat pelelangan itulah banyak para pemburu barang murah beli barang lelang pegadaian.

Para pemburu barang murah gemar beli barang lelang pegadaian karena biasanya Pegadaian akan menjual barang jaminan itu dengan harga miring.

Hasil penjualan barang-barang lelang itu kemudian akan dipakai untuk menutup dana yang dipinjam oleh nasabah namun tidak dilunasi.

Baca juga: OJK Tutup Banyak Fintech Pinjol Ilegal, Hindari Aplikasi Ilegal dengan 9 Tips Ini!

Aturan beli barang lelang pegadaian

Agar bisa beli barang lelang pegadaian, kita perlu mengetahui dahulu aturan lelangnya. Kita dapat mengunjungi kantor Pegadaian terdekat untuk menanyakan jadwal lelang.

Biasanya lelang Pegadaian diadakan tiap dua minggu sekali. Namun, bisa juga diselenggarakan setiap hari, tergantung kebijakan dari masing-masing unit Pegadaian.

Jangan lupa untuk menanyakan syarat-syaratnya ketika menanyakan soal lelang. Biasanya lelang di Pegadaian diadakan secara terbuka dan syaratnya juga tak terlampau rumit. Tahapan beli barang lelang pegadaian adalah sebagai berikut:

1. Kamu datang ke loket bagian lelang di Pegadaian dan meminta informasi barang apa saja yang akan dilelang.

2. Mengikuti lelang di lokasi yang ditentukan.

3. Petugas lelang akan mengumumkan barang apa saja yang dilelang, termasuk mengumumkan kondisi barang apakah dalam keadaan baik atau ada cacatnya, hingga harga pembukaan.

4. Jika sampai hitungan ketiga tidak ada yang memberikan tawaran lebih tinggi, barang akan diserahkan kepada penawar dengan nilai tertinggi.

5. Setelah berhasil mendapatkan barang melalui beli barang lelang Pegadaian, langkah berikutnya adalah transaksi dengan menandatangani dokumen bukti transaksi.

Baca juga: Cara Menghitung UMP 2021 Setelah Ada UU Cipta Kerja

Tips mengikuti lelang secara resmi

Satu hal penting yang harus kamu ketahui, Pegadaian hanya mengadakan lelang secara langsung di kantor-kantor unit mereka. Hingga tahun 2020 ini, Pegadaian tidak memiliki program lelang secara online.

Di tengah kebutuhan masyarakat akan barang murah, banyak oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kondisi ini dan melakukan penipuan dengan membuat lelang fiktif. Bahkan beberapa oknum ini berani mengatasnamakan Pegadaian dalam praktik tipu-tipunya.

Kalau kamu mengendus tanda-tanda penipuan, jangan sampai kamu mentransfer uang. Jangan sampai kamu kena tipu lelang online ini dan rugi besar. Jika kamu mau beli barang lelang pegadaian, pastikan kamu melakukannya di kantor unit Pegadaian terdekat dari rumahmu.

Terkadang, harga barang lelang di Pegadaian memang sangat menggiurkan. Namun, jika berminat mengikutinya, kita harus tetap menerapkan prinsip berhati-hati.

Dengan demikian misi kita beli barang lelang pegadaian bisa tuntas dengan baik. Berikut tips mengikuti lelang di Pegadaian:

Mematok budget

Saat terjadi proses lelang, kerap terjadi adu tawar yang sengit. Buntutnya, harga barang itu malah melambung tinggi. Kita ada baiknya berpikir dingin saat mengikuti lelang.

Untuk menghindari kebablasan menawar, kamu sebaiknya mematok budget. Misalnya, kamu mau membeli emas lelang, kamu tetapkan budget sebesar Rp4 Juta. Apabila barang lelang bernilai lebih tinggi dari budget-mu, jangan memaksakan diri nekat membelinya.

Bidik barang

Agar kamu tidak kebingungan saat berada di sesi lelang, ada baiknya kamu sudah membidik terlebih dahulu barang yang ingin kamu beli.

Inilah gunanya bertanya kepada petugas sebelum mengikuti lelang. Kamu jadi tahu barang apa saja yang akan dilelang. Dan kamu sudah bisa memiliki pilihan barang dan mantap akan beli barang lelang pegadaian tersebut.

Cari informasi harga pasaran

Misi dari beli barang lelang pegadaian adalah agar kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah. Maka, kita harus membekali diri dengan informasi harga pasaran dari barang yang kita incar tersebut.

Informasi harga pasaran ini penting untuk menetapkan budget. Jika harga barang tersebut di lelang Pegadaian ternyata lebih mahal dari harga pasaran, lebih baik kamu mundur dan mengurungkan niat membeli di lelang Pegadaian.

Pastikan legalitas barang

Kita harus memastikan segala hal terkait legalitas barang yang akan kita beli. Misalnya kamu mau membeli sepeda motor, maka kamu harus memastikan motor tersebut memiliki kelengkapan surat-surat seperti BPKB dan STNK.

Atau, kamu mau membeli emas di lelang Pegadaian, maka kamu harus memastikan emas tersebut memiliki sertifikat.

Jangan sampai kamu membeli barang bodong alias barang yang tidak ada kelengkapan legalitasnya. Jangan mentang-mentang murah kamu beli begitu saja. Ini akan menjadi masalah di kemudian hari.

Nah, kamu sudah mengerti, kan? Kamu bisa mendapat barang murah di pegadaian asal kamu mengikuti tips-tips tadi. Ingat! Sabar dan teliti adalah kunci. Sabarlah menanti adanya barang yang kamu incar di Pegadaian. Dan telitilah ketika beli barang lelang pegadaian.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img