Currently set to Index
Currently set to Follow

Mending Beli HP Cash Atau Kredit? Yuk Simak di Sini!

Ponsel sudah mulai rusak? Nah, mungkin sekarang saat yang tepat untuk mengganti handphone kesayangan kamu! Tapi, setelah puas memilih-milih model ponsel, pasti ada satu pertanyaan yang terbesit di benak kamu: Mending beli HP baru tersebut secara cash atau kredit?

Di satu sisi, kamu mungkin sudah menabung dan menyiapkan uang untuk beli HP impianmu secara cash dan bukan kredit. Namun, keteguhan hatimu mungkin bimbang ketika mau membayar ponsel tersebut. Apalagi, kalau harga ponselnya mahal. Pasti kamu langsung bertanya-tanya: Apakah kamu akan bangkrut mendadak kalau beli HP secara cash?

Sementara di sisi lain, kamu juga tak mau membayarnya secara kredit karena malas berurusan dengan bunga pinjamannya. Tak hanya itu, beli HP secara kredit juga bikin ganjalan baru di dompet kamu. Yakni, keharusan untuk bayar cicilannya setiap bulan.

Kalau sudah seperti ini, lantas apa yang harus kamu pilih? Lebih baik beli HP secara cash atau kredit?

Baca juga: Mudah Transaksi Cashless, Pakai HP Berfitur NFC untuk Top Up E-Money

Mending Beli HP Cash Atau Kredit? Yuk Simak di Sini!, Pluang

Pertimbangan Beli HP Cash Atau Kredit

Nah, sebelum memutuskan pilihanmu, mungkin ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa aspek dalam membeli ponsel secara cash atau kredit. Berikut penjelasannya.

Beli Ponsel Secara Cash

Membeli ponsel secara tunai mungkin akan terlihat bikin kamu bangkrut di awal. Misalnya, anggap saja kamu baru beli iPhone 12 seharga Rp15 juta. Tentu berkurangnya jumlah uang tersebut di rekening bisa bikin kamu menangis.

Tapi, sisi baiknya adalah kamu tidak punya beban finansial baru setiap bulannya, yakni melunasi cicilan ponsel kamu. Sehingga, kamu pun bisa fokus menggunakan gaji bulananmu untuk menuju tujuan finansial selanjutnya.

Selain itu, dengan membayar ponsel secara tunai, kamu juga mendapat dorongan untuk mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran yang sudah kamu canangkan. Kondisi psikologis ini tercipta karena kamu merasa menjadi orang bokek setelah mengeluarkan duit yang banyak untuk membeli HP. Tak hanya itu, kondisi psikologis ini juga bikin kamu tergerak untuk mencari sumber pemasukan lain, misalnya dari imbal hasil investasi.

Jadi, jangan khawatir kalau kamu merasa jatuh miskin karena beli apa-apa secara cash. Sebab, itu artinya kamu sudah berhasil menuju tujuan finansial kamu dengan cara menabung.

Baca juga: Cara Mengumpulkan Dana Darurat dengan Cepat dan Tepat

Beli Ponsel Secara Kredit

Meski demikian, bukan berarti membeli HP secara tunai adalah pilihan terbaik bagi kamu. Nyatanya, membeli ponsel dengan skema kredit pun memberikan manfaat tersendiri.

Seperti yang sudah dibahas di atas, tentu kamu akan merasa kekurangan uang setelah tabunganmu terkuras untuk membeli ponsel baru. Bagi sebagian orang, langkah tersebut bisa diambil lantaran mereka sudah mencadangkan dana darurat. Namun, bayangkan kalau kamu tak punya tabungan sebagai pegangan hidup. Rasa senang habis beli HP anyar bisa-bisa berubah menjadi petaka.

Misalnya seperti ini: Kamu telah membeli handphone mahal secara tunai di bulan Maret yang bikin uang di rekening kamu terkuras. Namun tiba-tiba, kamu ternyata harus mengeluarkan uang banyak pada bulan April karena tembok rumahmu tiba-tiba ambrol tanpa sebab. Lantas, bagaimana kamu bisa memperbaiki rumah kalau uangmu sudah habis digunakan untuk beli handphone baru?

Nah, jika kamu punya sifat berjaga-jaga yang tinggi, maka membeli ponsel secara kredit akan berguna untukmu. Sebab, anggaran kamu untuk membeli ponsel baru akan disebar ke beberapa bulan berikutnya sesuai dengan tenor cicilan yang kamu ambil. Artinya, kamu masih memiliki dana yang cukup kalau hal-hal tak terduga muncul di kemudian hari.

Tak hanya itu, beli handphone secara kredit juga bisa membantumu menaikkan skor kredit. Apa sih, artinya skor kredit?

Skor kredit adalah sistem yang digunakan bank atau lembaga lainnya untuk menentukan apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan pinjaman lain ke depan. Skor ini dilihat dari ketepatan waktu membayar tagihan dan kredit yang kamu miliki saat ini. Sehingga, kalau skor kredit kamu mumpuni, artinya bank juga akan percaya jika kamu meminjam uang di kemudian hari.

Hanya saja, membeli HP secara kredit pun ada rambu-rambunya. Berbagai perencana keuangan mengatakan, kamu baru boleh mengajukan kredit kalau aset yang bakal kamu beli terbilang produktif. Tujuannya, agar kamu tak terbebani secara finansial ketika membayar cicilan kredit aset tersebut, karena beban kredit kamu bisa dibayar menggunakan hasil produktivitas aset tersebut.

Dengan demikian, maka kondisi idealnya adalah kamu bisa membayar cicilan dan bunga kredit HP baru menggunakan cuan yang kamu peroleh lewat ponselmu. Nah lho, bagaimana caranya?

Di zaman sekarang, mencari cuan lewat handphone sudah sangat mudah. Ini lantaran terdapat beberapa aplikasi investasi yang bisa membantu kamu mendulang untung secara praktis dan terjangkau. Nah, salah satunya adalah aplikasi Pluang. Cuan yang kamu peroleh dari Pluang bisa banget kamu gunakan untuk membayar cicilan HP kamu.

Nah, jadi bagaimana, Sobat Cuan? Kamu tim apa, nih? Tim beli HP cash atau kredit?

Baca juga: Mau Raih Keuntungan Investasi Emas? Begini Caranya!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img