Currently set to Index
Currently set to Follow

Rekomendasi 9 TK Internasional di Jakarta Lengkap dengan Biayanya

Sebagai orang tua yang peduli pada pendidikan anaknya, tentu menghitung biaya sekolah di Jakarta mutlak dipikirkan jauh-jauh hari. Dari biaya masuk TK sampai perguruan tinggi, mesti ada perhitungan matang dan menabung atau investasi untuk memenuhinya.

Badan Pusat Statistik menyebutkan kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10% per tahun. Tentu, biaya sekolah makin mahal. Dan bagi orang tua baru untuk memenuhinya akan cukup sulit. Kenaikan upah minimum provinsi saja hanya 8-9% setiap tahun.

biaya masuk tk

Orang tua yang bijak tentu akan mulai berinvestasi untuk menghadapi biaya sekolah di Jakarta bagi anaknya. Baik itu dari biaya masuk TK hingga universitas.

Kini, sekolah internasional menjamur. Biayanya hingga ratusan juta rupiah demi menghadapi era revolusi industri 4.0. Para orang tua hari ini tentu tidak keberatan lagi untuk menggelontorkan banyak biaya bagi anak mereka.

Apalagi, pendidikan dasar adalah bekal seumur hidup bagi si anak. Sekolah internasional yang tawarkan kurikulum internasional tentu jadi tawaran sangat menarik demi anak dapat menghadapi persaingan global.

Baca juga: Empat Cara Tepat Menyiapkan Pendidikan Anak

Siapkan biaya sekolah di Jakarta untuk anak

Agar aman dalam mempersiapkannya, buatlah tabel perkiraan biaya pendidikan anak. Ini termasuk menghitung uang buku pelajaran, keperluan sekolah dan urusan tugas sekolah, serta dana darurat lainnya terkait pendidikan si anak.

Setelah bikin rincian dalam tabel, lalu tentukanlah tabungan pendidikan anak yang paling tepat.

Sembari menghitung biaya pendidikan anak hingga universitas, mari persiapkan yang terdekat. Berikut ini daftar biaya masuk TK di Jakarta untuk kamu jadikan pertimbangan dalam jangka waktu dekat ini.

#1 Biaya masuk TK Lazuardi Cordova

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Bakhtera Lazuardi Cordova, salah satu cabang Sekolah Lazuardi GIS Cinere Depok. Sekolah ini menawarkan wawasan global dan penerapan kurikulum internasional dari University of Cambridge International Examinations serta berpandangan Islam progresif.

Lazuardi Cordova menekankan pemahaman mengenai perbedaan dan toleransi, termasuk menerapkan sistem inklusi yang beri kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus. Adapun biaya masuk TK ini adalah:

Uang pangkal: Rp15.488.000

SPP bulanan: Rp1.180.000

Uang tahunan: Rp825.000

#2 Al Azhar Blok M

TK ini mengedepankan pendidikan berwawasan islami dan mengajak murid untuk membiasakan diri beribadah sejak dini. Nilai-nilai yang hendak dipupuk ialah kepedulian kepada sesama, keinginan untuk bermain dan bergembira dan semangat anak untuk dapat kreatif serta proaktif. Dalam pengembangan pembelajarannya, murid diharapkan dapat hormat kepada guru dan orang tua. Adapun biaya sekolah di Jakarta wilayah Blok M adalah:

Uang pangkal: Rp22.000.000

SPP bulanan: Rp1.250.000

#3 Sekolah Kristen IPEKA

Sekolah ini berada di bawah Yayasan IPEKA yang dibentuk oleh Sinode Gereja Kristus Yesus sebagai organisasi nirlaba melayani bidang pendidikan. Pendidikan ditujukan untuk mempersiapkan generasi bermutu melalui pendidikan Kristen yang berkualitas.

Uang pangkal: Rp15.000.000

SPP bulanan: Rp1.950.000

Uang tahunan: Rp600.000

#4 Biaya masuk TK Kinderfield Duren Sawit

Kinderfield percaya bahwa pendidikan dasar adalah hal yang wajib bagi anak-anak karena membantu mereka menumbuhkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang dapat bertahan sepanjang hidup.

Uang pangkal: Rp17.000.000

SPP bulanan: Rp2.200.000

Baca juga: Menyiapkan Pendidikan Anak? Cek 3 Tabungan Pendidikan Terbaik Ini

#5 Cikal Cilandak

Cikal dikenal sebagai sekolah dengan guru dan tim kerja yang fleksibel dan bertanggung jawab.

Sekolah ini menerapkan berbagai kegiatan rutinitas harian, program bakat, keterampilan sosial, kunjungan lapangan, acara, dan kegiatan ekstrakurikuler yang dorong siswa untuk juga mengasah kemampuan di luar bidang akademik. Biaya masuk TK ini adalah:

Uang pangkal: Rp41.800.000

SPP bulanan: Rp4.000.000

#6 Al-Falah Jakarta Timur

Sekolah ini didirikan di Ciracas, Jakarta Timur setelah studi banding ke beberapa TK di Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Kurikulum pendidikan mengadopsi metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) yang kemudian dikenal dengan “Metode Sentra” yang berfokus pada play-based learning.

Metode ini mengajak anak untuk sejak dini menjalankan berbagai nilai yang mulia dalam semua agama, seperti nilai hormat, jujur, tanggung jawab, disiplin, dll. Biaya sekolah di Jakarta Timur ini ialah:

Uang pangkal: Rp68.000.000

SPP bulanan: Rp5.200.000

#7 Biaya masuk TK Mentari International School

MIS adalah lembaga pendidikan internasional yang menerapkan kurikulum Cambridge. Dengan tiga cabang yang tersebar di Jakarta, Bintaro, dan Grand Surya, program dan fasilitas pendidikan yang ditawarkan cukup lengkap. Fasilitas di antaranya laboratorium, perpustakaan, kelas dan tempat bermain, area fitness, hingga kolam renang.

Kegiatan ekstrakurikulernya juga bisa diikuti siswa untuk meningkatkan keterampilannya. Biaya masuk TK ini adalah:

Uang pangkal: Rp20.500.000

SPP bulanan: Rp7.500.000

#8 Australia Independent School

Sekolah ini cocok bagi mereka yang berminat ambil kurikulum internasional seperti International Baccalaureate (IB). Didirikan pada 1996 dengan tujuan utama menyediakan pendidikan internasional inklusif untuk anak dengan pendidikan global berbasis kurikulum Australia.

Uang administrasi: Rp9.450.000

SPP tahunan: Rp169.000.000

#9 Biaya sekolah di Jakarta International School

Sekolah ini berkomitmen untuk membentuk individu yang berwawasan luas, mandiri, dan berperspektif global.

Uang pangkal: Rp22.000.000

SPP tahunan: Rp343.000.000

Sumber: Jouska.id, berbagai situs web sekolah

Simak juga:

Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

spot_img

Artikel Terbaru

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0

Head Of Human Resources

0
spot_img