Currently set to Index
Currently set to Follow

Mudah dan Efisien Siapkan Anggaran Bulanan dengan 3 Cara Ini!

Jika kamu sedang mencari cara untuk menghemat pengeluaran bulanan, budgeting adalah jawabannya. Ketahui definisi anggaran dan berbagai pernak-pernik seputar menyiapkan budgeting bulanan lewat artikel ini.

Supaya tidak terus menghabiskan anggaran tiap bulan, ada baiknya bagimu untuk menyelidiki bagaimana kamu membelanjakan uangmu. Setiap bulannya, kamu bisa pantau, hal apa yang menyebabkanmu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Penting untuk menjadi lebih sadar akan pengeluaranmu dan memahami definisi anggaran yang kamu perlukan setiap bulannya. Budgeting adalah kunci untuk membuatmu lebih peka terhadap pengeluaran bulanan.

Kamu perlu memastikan prioritasmu dalam mengatur pengeluaran. Berapa pengeluaran yang akan sesuai dengan tiap prioritasmu itu, dan berapa banyak yang kamu belanjakan selama setahun. Ini akan membantumu menentukan seberapa banyak yang benar-benar kamu perlukan untuk belanjakan.

Inilah salah satu alasan penganggaran pribadi penting untuk dilakukan. Jika kamu perlu bantuan sejumlah aplikasi keuangan, kamu juga bisa menggunakan untuk membantumu.

Aplikasi keuangan ini mempermudahmu untuk melacak pengeluaran dan memberi gambaran besar pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Melihat jumlah uang yang kamu belanjakan setiap bulan dapat memotivasi untuk meningkatkan kemampuan mengelola uang.

Baca juga: Cara Membuat Anggaran untuk Melunasi Utang

Kelola anggaranmu dan mengapa budgeting adalah kunci pentingnya

definisi anggaran

Pengeluaran kecil dapat terjadi setiap saat. Banyak hal yang kamu lakukan setiap harinya mendorongmu untuk melakukan pengeluaran-pengeluaran kecil ini. Ini berkisar dari beli kopi di kafe langganan, sampai berlangganan digital subscription setiap bulannya.

Mungkin kamu menghabiskan beberapa recehmu untuk membeli hal-hal yang berkaitan dengan hobimu. Buku dari penulis favoritmu, langganan TV streaming atau channel musik, membeli perawatan skincare, hingga kebutuhan untuk berkebun, atau sepeda baru?

Beberapa orang mungkin melakukan beberapa pembelian untuk keluarganya juga atau orang-orang terdekatnya. Dan terkadang, semua pengeluaran kecil ini tak terhitung, lesap begitu saja bak angin lalu.

Karena jumlahnya yang tak terlampau signifikan, pengeluaran-pengeluaran kecil ini barangkali tidak kamu masukkan ke dalam budgeting. Pada poin inilah, mengapa budgeting adalah pengetahuan penting yang kamu perlu terapkan dalam keseharianmu.

Lantas, apa hal yang dapat kamu lakukan?

#1 Tuliskan semua pengeluaranmu berdasarkan kategori tertentu selama sebulan penuh

Penting untuk mengetahui berapa banyak yang sebenarnya kamu belanjakan untuk kategori pengeluaran kecil ini. Tulis atau rekam hal-hal yang kamu beli di ponsel sehingga kamu lebih menyadari mengapa kamu membelanjakan uangmu.

#2 Budgeting adalah hal yang perlu dibiasakan, gunakan aplikasi penganggaran

Beberapa aplikasi penganggaran dapat kamu pasang di ponsel. Berikut ini beberapa nama aplikasi pengelola keuangan yang dapat kamu gunakan: Money Lover, Monefy, Realbyte Money Manager Expense & Budget, Wallet, 1Money. Atau bahkan, kamu bisa mendayagunakan microsoft excel dan google sheets untuk mencatat pengeluaranmu.

#3 Pangkas pengeluaran yang bukan prioritas

Berapa banyak yang kita belanjakan tentu berbeda satu sama lain. Faktor pendapatan dan faktor kebutuhan yang berbeda menjadikan pengeluaran pun variatif.

Tapi, paling tidak, jika ingin berhemat, setiap orang dapat menerapkan satu hal yang serupa: memangkas pengeluaran yang bukan prioritas. Berhemat dengan memotong pengeluaran jajan kopi bulanan atau digital subscription yang tidak perlu bisa membantumu lebih bijak menentukan definisi anggaran.

#4 Tentukan pengganti dari pengeluaran yang dipangkas

Jika kamu terbiasa makan siang di luar dan hal ini menjadikan pengeluaranmu tinggi, mengapa tidak menyiapkan bekal makan siang sendiri? Begitu juga untuk perjalananmu ke kantor, jika menggunakan transportasi pribadi terlalu mahal, mengapa tidak beralih ke penggunaan sepeda atau transport publik?

Baca juga: Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

Karena budgeting adalah kunci, siapkan anggaran bulananmu sekarang!

Langkah sederhana membuat budgeting adalah jalan yang bisa kamu tempuh

Setelah kamu fokus untuk melakukan hal-hal di atas, kamu bisa mulai menyiapkan cara-cara ini untuk menyusun anggaran bulanan:

#1 Persiapkan beberapa kategori pengeluaran yang sesuai

Kamu bisa membagi kategori pengeluaran bulanan sesuai dengan prioritasnya. Misalnya, pengeluaran untuk makan dan minum, pengeluaran untuk transportasi, pengeluaran untuk tempat tinggal (cicilan rumah, apartemen, atau kos), pengeluaran hiburan, dan pengeluaran tidak terduga.

#2 Tentukan mana pengeluaran yang paling penting (esensial)

Pengeluaran esensial adalah pengeluaran yang wajib kamu lakukan karena merupakan dasar kebutuhan hidupmu sehari-hari. Coba perkirakan besaran pengeluaran ini dan budgeting adalah kunci dalam melakukan ini.

#3 Perkirakan pemasukanmu per bulan

Bikin detail semua pemasukanmu setiap bulannya, lalu hitung berapa sisa penghasilan per bulan. Jika masih ada sisa, kamu bisa tabung atau investasikan.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: The Balance

Simak juga:

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lainnya dari Seluruh Dunia!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img