Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Blog

5 Cara Aman Belanja di e-Commerce

5 Cara Aman Belanja di e-Commerce

10 Nov 2020, 7:00 AM·Waktu baca: 4 menit
Kategori
5 Cara Aman Belanja di e-Commerce

Kemudahan dan kenyamanan dari belanja online menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta belanja, cara aman belanja juga membuat daya tarik, terutama mereka yang hanya memiliki waktu terbatas untuk memenuhi hobi ini.

Selain itu dengan belanja di online shop baik dari instagram, facebook atau situs belanja online (e-commerce), harga yang ditawarkan juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga di toko konvensional.

Namun di luar semua hal menyenangkan tersebut, belanja online tetap memiliki risiko tersendiri, yaitu rentan terhadap tindak penipuan yang dilakukan para online shop. Hingga sekarang ini pasti sudah cukup banyak dialami oleh para pecinta belanja online.

Tips Agar Tidak Tertipu Belanja Online

Kerugian yang ditimbulkan bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari produk yang tidak sesuai dengan gambar, barang tidak sampai kemudian uangnya tidak dikembalikan, harga yang terlalu mahal, pengembalian barang yang sulit, dan masih banyak lainnya.

Apapun bentuk penipuan yang terjadi, hal tersebut tentu menimbulkan kerugian bagi konsumen. Penting untukmu selalu jeli dan cerdas ketika berbelanja online, apalagi ketika belanja dalam nominal yang cukup besar.

Berikut ini ada beberapa cara cerdas yang dapat dilakukan untuk menghindari penipuan online shop, sehingga belanja online menjadi lebih aman. Simak ya!

Baca juga: Hemat Uang Belanja Demi Menabung, Begini 9 Cara Mudahnya

1. Cek Foto dan Deskripsi Produk 

Belanja online memang mudah dan praktis, namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Berbeda dengan ketika belanja di toko konvensional, kamu akan menemukan beragam produk dengan lebih mudah dan cepat.

Ketika belanja online, akan memiliki tantangan tersendiri, yaitu konsumen harus jeli dalam melihat detail produk.

Sebelum membeli pastikan kamu melakukan pengecekan foto dengan cermat. Selain itu lihat juga deskripsi produk secara detail, seperti: pilihan warna, desain, jenis bahan, ukuran, dan yang lainnya.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa produk yang akan dibeli tersebut sudah benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

2. Cermat dalam Melihat Testimoni

Kumpulan testimoni pelanggan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk mengambil keputusan. Namun sekarang ini calon pembeli harus berhati-hati saat membaca testimoni karena banyak online shop yang melakukan kecurangan yaitu dengan membuat testimoni palsu.

Hal ini bisa dilihat, testimoni tampak kaku dan seolah dipaksakan, sehingga bisa membuat yakin para calon pembeli.

Alangkah baiknya, lihatlah testimoni yang juga menyertai foto barang yang telah diterima atau juga saat barang tersebut dipakai.

Baca juga: Biar Gaji Kecil, Kamu Tetap Harus Bisa Hemat dengan 7 Cara Ini!

3. Cek Harga dan Lakukan Perbandingan

Diskon besar dengan berbagai penawaran menarik lainnya menjadi sesuatu yang begitu mudah ditemukan ketika belanja online. Semua ini tentu tampak menarik dan terlihat menguntungkan,tapi jangan percaya sepenuhnya.

Penting bagimu untuk mengecek harga dan melakukan perbandingan antara e-commerce, sehingga kamu mendapatkan harga terbaik untuk produk yang akan dibeli.

4. Gunakan Jasa Kurir Terbaik

Setiap online shop melalui media sosial dan e-commerce menawarkan beberapa layanan pengiriman yang berbeda-beda.

Pelanggan bisa bebas memilih salah satu di antaranya. Pastikan kamu memilih jasa kurir terbaik dan terpercaya untuk setiap pembelanjaan yang dilakukan.

Sehingga setiap barang yang dibeli bisa tiba dengan aman dan tepat waktu.

Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa mempertimbangkan beberapa poin penting ini: estimasi pengiriman, layanan garansi, kemudahan tracking, dan yang lainnya. Semakin baik layanan kurir maka akan semakin nyaman juga kamu ketika belanja online.

Baca juga: Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Suka Boros!

5. Pilih E-Commerce Terpercaya

Jangan lupa untuk selalu memilih e-commerce terpercaya, yang menjual berbagai produk terbaik dan melakukan aktivitas belanja dengan mudah dan aman. Situs belanja seperti ini akan membuat aktivitas belanja online menjadi hal yang menyenangkan.

Jadilah Konsumen yang Cerdas

Belanja online bisa memberikan banyak kemudahan bagimu. Tapi janganlah jadi konsumen yang lapar mata. Barang terlihat bagus langsung dibeli tanpa melakukan banyak pertimbangan. Pastikan kamu menjadi konsumen yang cerdas dengan tetap jeli dan cermat saat belanja online, sehingga kamu bisa bebas dari berbagai masalah penipuan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait

Artikel Terkait

Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar