Currently set to Index
Currently set to Follow

5 Cara Menabung yang Tepat demi Wujudkan Resolusi Keuangan 2020

Liburan akhir tahun sebentar lagi. Yuk, kerahkan ilmu cara berhemat dan menabungmu yang paling andal demi bisa berpesta sambut tahun baru. Di artikel ini, kamu juga bisa simak cara menghemat uang bulanan yang bisa kamu selaraskan dengan kebiasaan menabungmu.

Bahkan, kamu bisa menjadikannya resolusi positif sambut tahun yang baru. Dengan semangat baru, buka tabungan baru.

Kita tahu, yang paling sulit dari menabung adalah godaan gaya hidup. Jadi, sebenarnya upaya menabung dan berhemat yang paling optimal hanya bisa dicapai bila kamu bisa teguh berniat untuk menahan diri dari godaan.

cara menghemat uang bulanan

Yuk, kita pikirkan strategi cara menghemat uang bulanan untuk persiapan liburan akhir tahun, juga cara berhemat dan menabung untuk rayakan tahun baru.

Berikut ini tahap demi tahap strategi yang bisa kamu tempuh untuk menjadikan hidup hemat sebagai resolusi yang membuat hidupmu makin positif di tahun mendatang.

Baca juga: Biar Gaji Kecil, Kamu Tetap Harus Bisa Hemat dengan 7 Cara Ini!

Cara menghemat uang bulanan supaya jadi kebiasaan positifmu

Fondasi berhemat dan menabung adalah niat dan disiplin diri yang kuat. Latihlah dirimu dalam mengatur dan merencanakan kondisi keuangan agar tidak hanya untuk sambut akhir tahun, pada tahun mendatang pun kamu akan lebih pandai lagi mengatur keuangan.

Sebelum kamu mulai menabung dan berhemat, pastikan kamu sudah melunasi utang-utangmu, ya! Lunasi tagihanmu dari yang bunganya paling tinggi supaya kamu tidak sampai tercekik utang yang menggunung.

Selain itu, kamu mesti pastikan juga sudah siapkan dana darurat, untuk yang belum berpasangan butuh dana darurat 6 kali lipat dari pengeluaran bulanan dan untuk yang sudah menikah butuh dana darurat hingga 12 kali lipat dari pengeluaran bulanan.

Baru setelah kamu merasa sudah cukup “modal” untuk mulai menabung, yuk simak strategi-strategi ini:

#1 Mulailah dari hal kecil, dan mulailah sekarang

Untuk segala hal yang baik untukmu, kamu harus memastikan bahwa kamu memulainya selekas mungkin, dari hal kecil saja dulu. Jadi, kalau kamu ingin menabung dan berhemat, dan niat itu muncul sekarang, maka lakukanlah, jangan menunda.

#2 Evaluasi keuanganmu dari waktu ke waktu, targetkan tujuan-tujuanmu

Apakah kamu pernah menjadi tipe orang yang hanya mengumpulkan struk belanja? Lalu ketika struk belanjanya menumpuk di nakas, kamu justru merasa overwhelmed dan memilih membuangnya saja tanpa mencatatnya?

Hilangkan kebiasaan itu. Jadilah lebih mindful atas hidupmu. Lakukan evaluasi dan koreksi waktu ke waktu tentang caramu menggunakan uang. Jangan sampai overspending hanya ketika kamu merasa impulsif ingin belanja atau kebetulan ada diskon.

Untuk resolusi tahun barumu, pastikan evaluasi keuangan jadi prioritas. Tentukan target dan tujuanmu menabung penghasilan.

Apa yang kamu ingin capai pada akhir tahun 2020 nanti dan rencana-rencana apa yang akan kamu laksanakan sepanjang tahun ini?

Pikirkan strategi untuk mencapai tujuan itu dengan berhemat dan menabung. Evaluasi keuangan akan membantumu mengerti pola keuanganmu selama tahun 2019 sehingga kamu dapat memperbaikinya pada 2020 nanti.

Baca juga: Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

#3 Manfaatkan tabungan tanpa kartu ATM

Karena kamu mesti tegas dengan pola keuanganmu, tegas dan disiplinlah mengatur keuanganmu. Bikin rekening tabungan tersendiri dengan tanpa akses ke kartu ATM. Pastikan dana yang tersimpan di tabungan itu tidak dapat kamu ambil ketika kamu sedang merasa impulsif. Jadi, uangmu akan aman dan tidak “tersentuh”.

Teruslah simpan uangmu ke nomor rekening tabungan tersendiri secara rutin. Kamu perlu menyisihkan dana ini demi keperluan di masa depan.

Kamu bahkan bisa menjadwalkan menabung dalam angka tertentu setiap bulannya dengan pendebetan otomatis dari penghasilan bulananmu demi menghindari lupa.

#4 Lakukan investasi, karena bunga tabungan tidak sebesar nilai investasi

Untuk mencegah boros dan sekaligus untuk meningkatkan nilai bunga dari uang yang kamu simpan, kamu perlu memikirkan skema investasi. Pilihlah jenis investasi yang paling cocok denganmu.

Ada banyak produk investasi yang bisa kamu pelajari satu per satu, dari investasi emas, saham, reksadana, p2p lending, hingga properti.

Tentu, pilihan investasimu harus disesuaikan dengan berapa lama jangka waktu penyimpanan uangmu dan sebesar apa nilai bunga yang kamu inginkan.

#5 Karena masih newbie, kamu bisa pertimbangkan pilih jasa perencana keuangan

Masih bingung mau memulai investasi dari mana? Ada beberapa konsultan keuangan yang bisa kamu mintai tolong untuk menjelaskan skema investasi.

Mereka bisa memastikan kamu punya rencana finansial yang terarah. Termasuk juga menentukan langkah dan fokus pengeluaran, hingga membikin penjadwalan pemasukan dan pengeluaran yang signifikan mengubah kebiasaan “buruk”-mu overspending selama ini.

Kamu bisa diskusikan strategi yang paling cocok bagimu untuk melakukan investasi dan disesuaikan dengan kondisi keuangan bulananmu.

Ingat, mengubah kebiasaan buruk memang bukan hal yang mudah. Jangan tergesa-gesa, pikirkanlah bahwa kamu memilih resolusi positif #menabung dan #berhemat demi masa depan yang lebih baik, maka kamu akan punya disiplin kuat untuk mewujudkan resolusi itu.

Fokuslah pada tujuan menabung dan berhemat dan lebih bijaksana mengatur keperluan-keperluan hidup.

Sumber: Kredivo, Kompas

Simak juga:

Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img