Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Membuat Anggaran untuk Melunasi Utang

Anggaran memang sangat penting untuk dimiliki tak hanya untuk mereka yang berpenghasilan besar, namun juga mereka yang sedang ingin melunasi utangnya. Lalu bagaimana sih cara membuat anggaran keuangan pribadi jika masih memiliki utang? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Di Serial #CerdasCuan ini, topik yang akan kamu pelajari adalah:

  • Cara membuat anggaran keuangan pribadi untuk melunasi utang
  • Strategi membuat anggaran ketika memiliki hutang
    • Zero-cost budgeting
  • Alah bisa karena terbiasa

Cara Membuat Anggaran Keuangan Pribadi untuk Melunasi Utang

Tahukah kamu, ketika kamu tidak memiliki anggaran, maka sangatlah mudah untuk terlibat utang. Dalam membuat anggaran, utang seharusnya disamakan seperti tagihan lainnya. Jenis-jenis utama dari utang pribadi adalah utang kartu kredit, utang untuk konsumsi pribadi, cicilan mobil dan lainnya. Ada beberapa cara membuat anggaran keuangan pribadi ketika memiliki utang dan kita akan membahasnya di tutorial ini.

Melunasi utang 101

Salah satu cara untuk mengurangi utang adalah dengan membuat strategi pembayaran utang. Pertama, kamu bisa mulai mencatat utangmu mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Lalu, mulailah membayar utangmu mulai dari yang terkecil hingga terbesar.

Dengan cara ini, kamu akan termotivasi untuk melunasi utang selanjutnya karena secara psikologis kamu telah menggapai “kemenangan kecil” dengan melunasi utang terkecil lebih dahulu.

Membayar utang dengan zero-sum budgeting

Zero-sum budgeting mengharuskan kamu mendasarkan anggaran setiap bulan pada pendapatan dan pengeluaran bulan lalu. Dengan demikian penganggaran tidak akan didasarkan pada proyeksi.

Mulailah dengan membuat rencana untuk setiap Rupiah yang kamu hasilkan – setiap bulan.

Dengan memiliki anggaran, artinya kamu memiliki rencana keuangan yang lebih matang, mengurangi sifat boros, dan memaksimalkan uang yang sudah dihasilkan dengan susah payah.

Tujuan zero-sum budgeting adalah untuk mengakhiri bulan dengan nol, dengan kata lain, akhiri setiap bulan tanpa apa-apa (atau sedikit penyangga).

Contoh Zero-sum budgeting

cara membuat anggaran keuangan pribadi

Seperti yang dapat kita lihat dari tabel di atas, dengan melihat data bulan lalu (Juni 2019), kita dapat membuat anggaran bulan ini (Juli 2019) dengan mengalokasikan lebih banyak uang untuk pembayaran utang (kartu kredit). Yaitu, dari Rp1.000.000 menjadi Rp2.500.000. Alokasi untuk pengeluaran diskresioner lainnya seperti biaya bulanan dan hiburan harus dikurangi tetapi utang akan dilunasi lebih cepat.

Zero-sum budgeting sangat membantu dalam mengatur prioritas kamu dengan melacak pengeluaran dan membuat utang jadi cepat dilunasi. Ingatlah untuk mengikuti tujuan jika kamu ingin anggaran tersebut berhasil.

Cara membuat anggaran keuangan pribadi – Alah bisa karena terbiasa

Untuk melunasi utang kamu atau keluar dari lilitan utang, ada baiknya jika dimulai dengan membuat kebiasaan kecil. Selain itu, berikut adalah beberapa tips:

  • Jangan menyamarkan keinginan kamu sebagai kebutuhan
  • Jangan berasumsi bahwa kamu akan menghasilkan uang nanti
  • Buatlah anggaran
  • Atur tagihan sedemikian mungkin
  • Hiduplah sesuai kemampuan (atau di bawah kemampuan, live below your means)
  • Berhentilah mengambil utang baru

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Prinsip dan Cara Membuat Anggaran

Aturan Anggaran 50/30/20, Cara Efektif Rem Jumlah Pengeluaran

Jangan Ditunda Lagi! Begini 7 Cara Kilat Terbebas dari Utang

Amit-amit! Ini 5 Pertanda Kamu Ketemu Jalan Buntu untuk Bayar Utang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img