Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Membuat Budget Sistem Amplop, Bagaimana Memulainya?

Ketika kamu membuat anggaran untuk diri sendiri, ada baiknya untuk membuat beberapa pembatas untuk membantumu agar tetap disiplin. Dengan metode budgeting sistem amplop, pembatas ini bersifat fisik. Jadi, metode ini memungkinkan kamu untuk membelanjakan hanya sejumlah uang tunai untuk kategori tertentu di dalam satu bulan.

Metode ini membuat pengeluaran uang lebih nyata karena kamu benar-benar harus melihat uang tunai keluar dari dompet, dan begitu uang dalam satu kategori hilang, kamu terpaksa harus berhenti berbelanja.

Cara Membuat Budget Sistem Amplop 

Ada banyak metode untuk yang dapat digunakan untuk menyusun anggaran. Sistem amplop ini digunakan untuk membantu kamu melacak pengeluaran karena transaksi tunai dibatasi.Dengan cara ini, konsep yang cukup abstrak — pengeluaran kamu — diubah menjadi sesuatu yang harus dipegang. Nah, di bawah ini merupakan cara kerjanya…

  1. Menentukan Pendapatan Diskresioner

    Metode amplop biasanya paling bermanfaat jika kamu menggunakannya untuk menganggarkan pengeluaran diskresioner. Pengeluaran diskresioner adalah uang yang kamu belanjakan untuk hal-hal yang mungkin tidak benar-benar dibutuhkan, seperti hiburan.

    Untuk menentukan pendapatan diskresioner, ambil pendapatan bulanan kamu dan kurangi pengeluaran yang diperlukan, termasuk hal-hal seperti biaya rumah, utilitas, dan pembayaran asuransi.

    Kamu mungkin ingin memasukkan pembayaran hutang dan tujuan tabungan dalam kategori ini juga. Apa pun yang tersisa adalah penghasilan tambahan kamu.

    Aturan praktis penganggaran, seperti aturan 50/30/20, juga dapat membantumu untuk menentukan pengeluaran diskresioner.

  2. Menentukan Kategori Anggaran

    Setelah kamu memiliki total pendapatan tambahan, kamu dapat mulai membaginya berdasarkan kategori. Kategori pengeluaran yang kamu pilih akan bergantung pada kebiasaan diri sendiri. Mungkin, kamu ingin memberi perhatian khusus pada area di mana kamu sudah mengalami masalah dengan pengeluaran berlebihan. Apakah itu ngemil terlalu banyak?

    Anggaplah ini sebagai kesempatan untuk membatasi pengeluaran itu. Area umum lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk bahan makanan, hiburan, pakaian, dan uang bensin.

    Tetapkan jumlah uang untuk setiap kategori. Pertimbangkan juga untuk mengecek laporan bank atau kartu kredit sebelumnya untuk membantumu melihat apa yang sering dibelanjakan. Jika kamu mencoba untuk mengurangi, tetapkan jumlah dolar yang lebih rendah di kategori yang kamu mampu.

  3. Menarik Uang Tunai dan Menyimpannya di Amplop

    Siapkan satu amplop untuk setiap kategori. Tuliskan nama kategori pada amplop dan jumlah uang yang telah kamu tetapkan. Di awal bulan, tarik uang tunai yang cukup untuk diisi pada setiap amplop.

    Bergantung pada situasi kamu, mungkin lebih baik jika kamu untuk membagi penarikan agar selaras dengan gaji. Jika ini masalahnya, maka kamu dapat mengambil setengah dari uang itu di awal bulan dan setengah sisanya ketika kamu menerima gaji berikutnya.

    Saat pergi ke bank, ambillah sejumlah dana persis dengan yang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu sudah menetapkan Rp.500.000 untuk anggaran hiburan, pastikan kamu hanya mengambil Rp.500.000.

    Jika memiliki setumpuk amplop terasa terlalu ribet, coba pertimbangkan untuk menggunakan kupon. Ini akan terlihat seperti dompet kecil yang terbagi. Idenya di sini sama dengan sistem amplop, dan kamu harus memberi label pada setiap bagian dengan kategori dan jumlah dolar.

  4. Hanya Menghabiskan Uang Tunai

    Saat kamu perlu membeli sesuatu, ambillah uang dari amplop yang sesuai. Kamu mungkin tidak ingin membawa amplop ke mana-mana, mempertaruhkan pengeluaran lebih banyak dari yang Anda perlukan, atau berisiko kehilangannya. Jika kamu hanya membawa Rp.200.000 ke supermarket, pastikan total uang yang kamu bawa tidak melebihi Rp.200.000.

    Cobalah untuk menghindari godaan untuk berbelanja dengan kartu kredit juga. Mungkin kamu bisa mengeluarkan kartu kredit dari dompet saat sedang menggunakan metode amplop. Jika kamu memilih untuk melakukan ini, pertimbangkan untuk menyimpan kartu di tempat yang aman sehingga kamu tetap dapat mengaksesnya saat benar-benar dibutuhkan.

  5. Setelah Uang Tunai Habis… Selamat Tinggal!

    Di sinilah kedisiplinan diuji. Setelah kamu menggunakan uang tunai di dalam amplop tertentu, uang itu akan hilang.

    Ini berarti tidak ada lagi pembelanjaan dalam kategori khusus tersebut selama sisa bulan ini. Ingat, kamu sedang mencoba untuk mengontrol pengeluaran, jadi hindarilah meminjam dari kategori lain.

    Jika kamu menghabiskan anggaran hiburan, cobalah mencari alternatif gratis seperti menonton film di rumah. Jika kamu kehabisan uang untuk membeli bahan makanan, berkreasilah dengan sisa makanan dan coba gunakan makanan apa pun yang tersisa di kulkas.

Apa Keuntungan dari Sistem Amplop?

Salah satu kelebihan utama cara membuat budget sistem amplop adalah metode ini membuat pengeluaran menjadi nyata. Cara kamu membayar hal-hal dapat berdampak besar pada seberapa banyak dana untuk belanja.

Ketika menggunakan kartu kredit atau debit, konsumen tidak melihat uang tersebut keluar dari rekening bank mereka. Tetapi, ketika membelanjakan uang tunai mereka terpaksa mempertimbangkan pengeluaran mereka dan mungkin akan mengurangi pembelanjaan.

Tetap berpegang pada metode amplop juga membuat konsumen tidak mungkin untuk mengeluarkan uang berlebihan. Ini karena kamu memiliki anggaran yang keras dan cepat yang dibatasi oleh uang tunai di amplop kamu.

Jadi, ketika menggunakan metode ini, kamu kemungkinan besar dapat menghindari kekhawatiran tentang masalah seperti penarikan rekening bank yang berlebihan atau tagihan kartu kredit yang tinggi.

Tips Budgeting Sistem Amplop

  • Mengevaluasi ulang secara teratur: Anggaran kamu tidak statis. Saat kamu menggunakan metode amplop selama beberapa bulan, mungkin akan ada perubahan pengeluaran dalam kategori tertentu.
  • Membuat sub-amplop: Dalam kategori tertentu, kamu dapat membuat sub-amplop untuk membantumu memastikan tidak akan kehabisan uang di awal bulan. Misalnya, kamu dapat membagi anggaran makan bulanan menjadi empat.
  • Membuat daftar: Saat pergi berbelanja, pertimbangkan untuk membuat daftar apa yang dibutuhkan. Dengan daftar di tangan, kamu dapat memperkirakan biaya bahkan sebelum pergi ke toko.

Semoga cara membuat budget sistem amplop ini membantu ya!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Online Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Mudah dan Efisien Siapkan Anggaran Bulanan dengan 3 Cara Ini!

Cara Membuat Anggaran untuk Melunasi Utang

Apa Saja Sih 4 Anggaran Utama yang Pas untuk Milenial?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img