Currently set to Index
Currently set to Follow

Trik Jitu Cara Menambah Penghasilan Bertahap Tiap Minggu

Jika kamu lelah mengalami tekanan finansial, berikut tips cara menambah penghasilan yang dapat kamu terapkan. Kamu mungkin mengalami kelelahan finansial, atau berharap kamu memiliki peta jalan untuk membantumu merencanakan bagaimana mengatur diri secara finansial.

Cara menambah penghasilan ini dapat kamu terapkan selama 8 minggu. Dan akan membantumu keluar dari problematika keuanganmu.

Tips cara menambah penghasilan ini cocok terutama untuk kamu yang masih muda dan belum berpengalaman dalam hal mengelola keuangan. Yuk, simak tips cara menambah penghasilan dalam langkah selama 8 minggu berikut ini.

Baca juga: Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Mengambil Utang Produktif

Cara menambah penghasilan, minggu pertama hingga minggu keempat

Di minggu pertama dalam cara menambah penghasilan ini, kamu harus memulai dengan melakukan detoks keuangan 30 hari. Ini berarti menghilangkan pengeluaran diskresioner atau pengeluaran tidak penting selama 30 hari. Sepatu baru misalnya, bukanlah pengeluaran penting.

Detoksifikasi akan membantumu mendeteksi pola uang yang tidak disadari dan membantumu kembali menjadi konsumen yang sadar. Kemudian lanjut di minggu kedua, ini adalah tentang menemukan siapa kamu, setidaknya secara finansial.

Ini karena terlalu sering dalam hal uang, makanan, kebugaran, hubungan atau apapun yang melibatkan emosi, kita terjun langsung ke dalam perbaikan dan mengabaikan mengapa kita berperilaku seperti itu sejak awal.

Bagaimana kita menghentikan siklus sabotase adalah dengan melakukan detoks keuangan dan beberapa latihan kesadaran tentang keuangan, termasuk cara menambah penghasilan.

Misalnya, kita mungkin mengidentifikasi kisah uang kita. Itu karena kisah uang yang kita tinggali  mungkin melayani kita atau menyabotase kita tanpa kita sadari. Dan itu juga mengidentifikasi yang akan membantu kita memperkuat atau meminimalkan pengaruhnya.

Berlatih maksimal untuk menambah penghasilan

Latihan lain mungkin membagi satu halaman menjadi tiga bagian dengan tanda “baik”, “buruk”, dan “OK” di atasnya. Kemudian tuliskan untuk masing-masing bagian ketika kamu berpikir uang itu baik, buruk, atau OK.

Pada minggu ketiga dan keempat dari cara menambah penghasilan, kamu harus memikirkan dan mengetahui di mana kamu sekarang, dan di mana kamu ingin berada. Terlalu banyak orang bertanya berapa persen dari pendapatan mereka yang harus mereka tabung.

Namun, itu sebenarnya adalah pertanyaan yang salah. Sebaliknya, kamu harus mengambil waktu di minggu ketiga dan keempat ini untuk menjawab pertanyaan: kehidupan seperti apa yang ingin aku rancang?

Apa yang aku inginkan dalam hidupku di kurun waktu 5 tahun, 3 tahun dan 12 bulan? Kamu perlu memasukkan keuangan kamu sebagai bagian dari latihan itu.

Setelah kamu meluangkan waktu untuk menyelesaikan latihan tujuan kamu, langkah berikutnya adalah mencari seberapa jauh kamu dari tempat yang kamu inginkan, dan cara menambah penghasilan seperti apa yang bisa diterapkan untuk mencapai tujuan itu.

Untuk melakukan itu, kamu perlu mencari tahu berapa banyak uang yang kamu masuki sekarang, berapa banyak yang keluar dan apa perbedaannya. Kamu juga perlu mencari tahu berapa banyak utang kamu dan berapa banyak yang kamu miliki.

Kesenjangan adalah perbedaan antara di mana kamu sekarang dan di mana kamu ingin secara finansial selama waktu 12 bulan.

Baca juga: Harga Emas Anjlok di Bawah Rp 910.000/gram, Apakah Tren Ini Akan Berlanjut?

Dari minggu kelima hingga minggu kedelapan

Di minggu kelima dan keenam dari cara menambah penghasilan, kamu harus bisa menutup gap atau celah. Setelah kamu menemukan celahnya ini cara untuk menutupnya.

Misalnya, apakah kamu perlu memotong dan melunasi tagihan kartu kredit kamu dalam 12 bulan? Apakah kamu perlu menghemat sekian nominal uang? Apakah kamu perlu mencari tambahan pemasukan sekian rupiah per minggu?

Setiap jawaban akan unik untukmu. Jika kamu tidak memiliki cukup sisa uang setiap minggu untuk memenuhi kesenjangan itu, maka ini tentang menukar, menjeda dan membatalkan pengeluaran.

Kemudian kamu harus menemukan lebih banyak pendapatan atau mengevaluasi kembali tujuan kamu. Di minggu ketujuh dan kedelapan dari cara menambah penghasilan, kamu harus memilah dan mengatur kebiasaan yang baik.

Dua minggu terakhir adalah tentang mengatur kebiasaan keuangan yang baik sehingga perubahan yang ingin kamu lakukan akan membantumu untuk jangka panjang. Minimal, kebiasaan keuangan harus mencakup pengaturan beberapa rekening bank (minimal rekening tagihan, rekening tabungan, dan rekening harian).

Kemudian mengotomatiskan uang reguler apapun ke tujuan yang kamu uraikan dalam minggu ketiga hingga keenam. Atau kamu mungkin ingin mengadopsi kebiasaan keuangan bagimu.

Terakhir dari cara menambah penghasilan, ini tentang pembersihan finansial. Jika kamu memiliki kartu kredit yang tidak lunas setiap bulan, potong dan hentikan penggunaannya.

Di akhir delapan minggu, tetapkan dirimu tantangan rutin setiap bulan untuk melihat aspek lain dari keuanganmu. Cara menambah penghasilan ini mungkin dengan berinvestasi saham, memahami cara menjalankan bisnis sampingan, membandingkan asuransi kesehatanmu dan banyak lagi.

Dengan menetapkan janji temu keuangan bulanan rutin dengan dirimu sendiri, kamu akan terus membangun momentum keuangan dan mencapai kedewasaan finansial dalam waktu singkat.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img