Currently set to Index
Currently set to Follow

Ingin Mendapatkan Rp100 Juta Pertamamu? Simak Caranya di Sini!

Semua orang tentu ingin mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya. Dan kadang, mendapatkan Rp100 juta merupakan target pengumpulan kekayaan yang ingin dituju terlebih dulu lantaran sifatnya yang cukup realistis.

Hanya saja, latar belakang setiap orang terbilang berbeda-beda. Ada yang mampun mendapatkan Rp100 juta pertama dengan mudah, namun ada juga yang kewalahan. Mungkin, salah satunya adalah kamu.

Bisa jadi, banyak orang yang meremehkan impianmu dengan mengatakan bahwa “uang tak bisa memberimu kebahagian”.

Hal itu bisa jadi ada benarnya. Namun, tujuan mengumpulkan kekayaan bukanlah sekedar demi mendapatkan status “anak sultan” atau mencari kebahagian, melainkan untuk memberimu stabilitas dan keamanan finansial di masa depan. Kamu pasti menginginkan hidup hanya “ongkang-ongkang kaki” dan menghabiskan pensiun dengan tenang, bukan?

Untuk menggapainya, kamu tentu perlu melakukan upaya yang miumpuni. Nah, salah satu upaya yang bisa Sobat Cuan lakukan untuk mendapatkan Rp100 juta pertama adalah dengan menabung sejak usia dini. Hanya saja, kamu pun perlu tahu cara menabung yang tepat agar tujuan tersebut tercapai.

Lantas, seperti apa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara mendapatkan Rp100 juta pertamamu?

Baca juga: Mau Raih Keuntungan Investasi Emas? Begini Caranya!

Ingin Mendapatkan Rp100 Juta Pertamamu? Simak Caranya di Sini!, Pluang

Cara Mendapatkan Rp100 Juta Pertamamu

1. Memiliki Pola Pikir yang Kuat

Bagi beberapa orang, menabung untuk mencapai Rp100 juta pertama bukanlah target jangka pendek, melainkan jangka panjang. Sehingga, kamu perlu membekali diri dengan pola pikir yang kuat serta komitmen yang kokoh untuk menabung.

Komitmen yang teguh muncul dari tujuan menabung yang juga kuat. Tujuan menabung pun bisa membantu kamu menentukan strategi dan juga jangka waktu menabung yang juga tepat. Nah, kedua hal itu nantinya juga dapat membantu kamu menyusun penganggaran yang juga jitu.

Misalkan, penghasilan kamu hanya berkisar Rp5 juta per bulan, namun kamu ingin menuju Rp100 juta dalam lima tahun. Sehingga, kamu harus bisa mengetatkan belanja dengan menabung Rp2 juta per bulan. Memang, menabung adalah sesuatu yang berat, tapi kamu perlu menyadari bahwa usaha kamu pun nantinya akan berbuah manis.

2. Cermat Melihat Potensi Penghematan

Cara kedua untuk mendapat Rp100 juta pertama cukup mudah, namun perlu konsisten. Yakni, dengan melihat kesempatan penghematan di segala sisi.

Misalnya, kamu yang selama ini sering memesan makanan secara daring mungkin ada baiknya mulai mencoba memasak makanan sendiri. Atau, kamu yang biasa berbelanja baju mungkin bisa mencari strategi dalam berburu diskon.

3. Kurangi Beban Bungamu

Kadang, kita senang berbelanja dengan sistem kredit atau cicilan dengan berpikir bahwa barang-barang ini “bisa kamu bayar nanti”. Tapi, jangan terkecoh, Sobat Cuan! Sebab, hal itu bisa jadi malah membuat kamu buntung lantaran kamu perlu bayar beban bunga yang besar tiap bulannya.

Tak jarang kita membaca pengalaman orang-orang yang sebagian besar gajinya habis untuk melunasi utang. Hal ini pun tentu akan mendisrupsi penganggaran dan perencanaan menabungmu. Makanya, selagi ada waktu, kamu perlu segera menyelesaikan utang-utang agar tak terpapar bunga-bunga yang mencekik.

Ingin mencari inspirasi cara membayar utang dengan jitu? Yuk, simak artikel ini.

Baca juga: Portofolio Aset Kripto Ambyar? Simak 10 Strategi Sikapi Anjloknya Kripto!

4. Cari Pekerjaan Sampingan

Kamu mungkin merasa gajimu saat ini sulit untuk dipakai menabung. Jangankan menabung, memenuhi kebutuhan sehari-hari saja mungkin susah.

Namun, jangan batasi diri, Sobat Cuan! Masih ada potensi pendapatan lain di luar sana yang mungkin masih luput dari pandanganmu.

Di era internet seperti sekarang, mencari pemasukan bisa dibilang lebih mudah dibanding 20 tahun lalu. Kamu bisa mencari pekerjaan lepas seperti menulis, mendesain grafis, dan lainnya atau usaha sampingan yang bisa kamu kerjakan di rumah. Butuh inspirasi kerja sampingan? Simak saja artikel ini, ya!

Selain sebagai cara bagimu mempercepat mendapatakan Rp100 juta pertama, memiliki usaha sampingan mungkin juga mampu membantumu mengasah bakat terpendam. Jangan biarkan bakatmu menganggur ya, Sobat Cuan!

5. Berinvestasi dengan Cermat

Menabung dengan rutin memang bisa menjadi cara mendapat Rp100 juta pertama dengan jitu. Namun, menabung mungkin membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun.

Selain itu, nilai guna Rp100 juta di masa depan juga berbeda saat ini lantaran terdapat efek inflasi. Contoh yang nyata mungkin terlihat saat kamu membeli permen. 10 tahun lalu, permen dihargai Rp100 per bungkus, namun kini kamu perlu merogoh Rp500 untuk beli satu permen

Makanya, yang bisa kamu lakukan selain menabung adalah “mengembak biakkan” uangmu dengan cara investasi. Alasannya, investasi memiliki sebuah efek yang disebut dengan bunga majemuk (compound interest), di mana imbal hasil yang kamu dapatkan dari investasi juga bisa menghasilkan imbal hasil tambahan lagi. Penjelasan mengenai konsep bunga majemuk dapat kamu baca di sini.

Hanya saja, kamu juga perlu berinvestasi dengan cermat. Dengan kata lain, kamu perlu mengelola ekspektasimu dalam berinvestasi dengan mempertimbangkan tujuan, profil risiko, serta strategi investasimu. Penasaran mengenai strategi saat memulai investasi? Yuk, baca penjelasannya di artikel ini.

Di samping itu, kamu juga perlu mengetahui konsep present value (PV) dan future value (FV) dalam berinvestasi, seperti yang dijelaskan pada artikel berikut.

Jadi, bagaimana Sobat Cuan? Sudah siap menempuh cara mendapatkan Rp100 juta pertamamu?

Baca juga: Selain Banyak Membaca, Ini 5 Hal yang Akan Membuatmu Jadi Orang Sukses

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang.

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img