Currently set to Index
Currently set to Follow

Biar Gaji Kecil, Kamu Tetap Harus Bisa Hemat dengan 7 Cara Ini!

Saat kamu mesti memperketat anggaran, atau lagi coba menabung, kamu mungkin perlu tips tambahan untuk menghemat uang, atau kamu mungkin ingin mulai menabung kalau kamu enggak punya tabungan. Kamu mesti belajar cara menghemat uang belanja, dan itu artinya juga, kamu perlu juga tahu cara menghemat uang gaji.

Mungkin saja memang rejekimu sedang banyak, tapi jangan sampai itu membuatmu memfoya-foyakan penghasilan. Pastikan pengeluaranmu tetap terkontrol dan kamu menyiapkan tabungan untuk penghasilanmu.

Kamu perlu tahu cara menghemat uang gaji dan cara menghemat uang belanja demi “ketahanan finansial”.

Berikut ini tips dan triknya, nih. Yuk, simak satu-satu:

#1 Cara menghemat uang gaji, buat rencana bulanan

Segera setelah duit ada di tanganmu, pastikan kamu sudah bikin rencana bulanan lebih baik. Jangan sampai tergiur boros. Cara terbaik untuk bikin rencana adalah berkaca dari belanja bulananmu di bulan-bulan sebelumnya.

Setelah kamu cek apa saja yang kamu butuhkan, bikinlah anggaran tertulis untuk kebutuhanmu di bulan ini.

Selanjutnya, ketika kamu belanja, kamu mesti catat belanjaanmu dan simpan nota belanja. Evaluasi bisa kamu lakukan di akhir pekan atau sekalian di akhir minggu.

#2 Buat tabungan berencana

Prioritaskan menabung. Untuk paham arus kas keluar-masuk, kamu perlu bikin tabungan berencana. Sisihkan sejumlah uang dari penghasilanmu untuk bisa didebet otomatis ke tabungan berencana.

Mau enggak mau, dengan mewajibkan dirimu untuk menabung, tiap bulan kamu akan memastikan ada dana yang bisa didebet ke tabunganmu. Kamu harus berani mengambil langkah ini kalau mau keuanganmu aman dalam jangka panjang.

cara menghemat belanja
Female friends out shopping together

#3 Amplopkan anggaran bulananmu

Metode ini unik, lho. Kamu bisa pecah pendapatanmu ke dalam 31 amplop, sesuai jumlah tanggal di bulan itu. Semua uang yang sudah kamu anggarkan mulai dari bayar cicilan rumah atau uang kontrakan, sampai beli beras bulanan, tagihan listrik, air, telepon, uang bensin, bisa kamu masukkan ke dalam amplop.

Ingat, catat rencana belanja dan simpan nota pembelianmu.

Baca juga: Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

#4 Cara menghemat uang belanja, pangkas yang enggak kamu perlukan

Kamu bisa mulai pangkas pengeluaranmu dari aktivitas kecil dulu, seperti dari bawa bekal sendiri ke kantor kalau semisal tidak perlu keluar makan dengan teman.

Kalau kamu tidak terlalu merasa perlu berlangganan TV kabel, kapan pun kamu dapat menghentikan langganan. Ini juga berlaku untuk hal-hal lain yang perlu kamu declutter dari kebiasaanmu.

#5 Belanja yang dibutuhkan saja

Lihat dan bandingkan sebelum membeli. Jangan sampai kamu fokus hanya pada mereknya saja dan jangan juga tergoda hanya karena ada promo menggiurkan dari merek terkenal.

Belilah barang yang hanya kamu incar saja. Saat waktunya belanja, kamu sudah mesti tahu apa yang kamu butuhkan. Jangan berlebihan dalam menggunakan yang telah kamu alokasikan.

#6 Buat daftar menu makanan mingguan

Bikin menu makanan mingguan seru, lho. Selain memperketat anggaranmu, bikin rencana begini juga bakal menjaga tubuhmu tetap bugar karena kamu sudah mempertimbangkan kalori dari asupanmu.

Kontrol apa yang kamu beli untuk dimasak demi menghindari mubazir belanja. Kalau kamu tidak terbiasa memasak, bisa juga kamu bikin stok buah-buahan atau panganan yang mudah untuk kamu makan tanpa perlu diolah.

#7 Cara menghemat uang gaji, cari penghasilan tambahan

Terkadang, penghasilanmu tidak akan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan. Ketika ini terjadi, pertimbangkanlah untuk memperoleh penghasilan tambahan. Kalau kamu masih punya waktu luang, pertimbangkanlah untuk cari pekerjaan sampingan.

Manfaatkan sebanyak-banyaknya waktu yang kamu punya. Kamu bisa jadi penulis lepas, jualan di medsos, atau jadi driver asalkan itu tidak mengganggu pekerjaan utamamu.

Sumber: The Balance, Cermati

Simak juga:

Ini 7 Kostum Halloween Termahal di Dunia, Supreme Edition Iron Man Salah Satu Peringkat Teratas!

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patungan Rp10.000 Aja, Mau?

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img