Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Cepet Kaya dan Pensiun Dini? Nih, Simak Rahasianya di Sini!

Banyak orang bilang, ini memang zamannya millennial dan gen Z. Karena itu, tentu cara menjadi kaya kalangan ini juga berbeda, dong, dibandingkan generasi terdahulu?

Yep, seorang pakar keuangan pribadi, Michelle Schroeder-Gardner kini sedang berada di jalurnya untuk menjadi kelompok dari 3,7% orang Amerika Serikat di bawah usia 55 tahun yang mempersiapkan diri untuk pensiun dini.

Dia adalah seorang digital nomad alias pengembara digital, sebuah pekerjaan yang kini menjadi tren di generasinya. Di usianya yang saat ini 31 tahun, dia telah menemukan formula untuk menabung 90% dari penghasilannya sehingga dia dapat persis berhenti bekerja pada tahun ini.

Kalau kamu saat ini justru merasa tertekan dan stres karena membandingkan dirimu dengannya, tenang saja. Saat ini, setengah dari orang seusia Michelle di negaranya juga belum menabung apa pun untuk masa pensiun. Jadi, walau sekarang ini kamu baru merasa: kok gue baru terpikir, ya, buat nabung dan investasi… Tenang saja, sebab kamu belum terlambat!

Namun, inilah waktunya untuk membalikkan keadaan. Dari orang yang bercita-cita mati muda di usia 27  tahun, menjadi orang yang bercita-cita untuk pensiun di usia 31 tahun. Setidaknya, kamu bisa tiru tips cara menjadi kaya yang diberikan oleh Michelle berikut ini.

Baca juga: Selain Dana Pensiun, Ini 5 Pertanda Kamu Siap untuk Pensiun Lebih Awal

Mau Cepet Kaya dan Pensiun Dini? Nih, Simak Rahasianya di Sini!, Pluang

Cara Menjadi Kaya demi Bisa Pensiun Dini

Dalam blognya, Making Sense of Cents, yang kini rutin dibaca oleh 300.000 pembaca per bulannya, Michelle mengungkap tips cara menjadi kaya. Persisnya, tentang bagaimana dia dan suaminya membayar lunas US$38.000 dalam pinjaman mahasiswanya hanya dalam tujuh bulan. Lantas, tentang bagaimana mereka memaksimalkan pendapatan untuk bisa pensiun dini.

Jadi, apa saja saran Michelle supaya kita bisa bergabung di Garis Depan Milenial Pensiun Dini sepertinya? Ikuti saran-sarannya berikut ini:

1. Pahami dan Lunasi Utangmu

Ini artinya, kamu perlu tahu dengan tepat berapa banyak uang yang kamu pinjam dari pegadaian. Dan di waktu yang sama, berapa biaya cicilan rumah, cicilan motor, dan cicilan-cicilan lainnya… Berikut juga tingkat suku bunga yang menyertai semua pinjaman tersebut.

Salah seorang teman Michelle mengira dirinya berhutang US$34.000 dalam bentuk pinjaman. Padahal, kalau dihitung bersama dengan bunganya, jumlah utang si teman malah mencapai dua kali lipatnya.

Apa yang perlu dilakukan setelah kamu tahu persis jumlah utangmu? Terapkan strategi yang lebih keras untuk berusaha melunasinya. Tidak semua utang itu buruk. Selalu ada yang dinamakan dengan “utang produktif” ketika kamu menggunakan kembali utangmu untuk memutarnya menjadi uang yang lebih banyak.

Jadi, salah satu cara menjadi kaya di tahap ini: hindari utang konsumtif alias utang yang untuk menopang gaya hidup. Jika melakukan pinjaman utang produktif, pastikan kamu betul-betul yakin dengan risikonya dan profit yang akan kamu peroleh dengan memutar uang itu. Hitung juga utang-utang dalam pembiayaan kredit rumah maupun kendaraanmu. Dan satu hal yang pasti: ingat lunasi semuanya.

2. Perolehan dari Kerja Sambilan

Lakukan usaha sampingan di luar pekerjaan kantormu. Jika kamu bilang kamu tidak punya waktu, yah, sebagian besar dari kita justru menghabiskan waktu untuk menonton semalam suntuk alias binge-watch miniseri hingga 28 jam dalam seminggu.

Bayangkan saja kalau kamu menggunakan setengah dari waktu itu untuk menemukan cara menghasilkan uang tambahan. Ini tentu bakal membantumu untuk memasukkan lebih banyak uang ke dalam rencana pensiunmu dan menempatkan porsi yang pas di portofolio investasimu.

3. Cara Menjadi Kaya dengan Mudah? Pangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Punya subscription majalah hiburan yang tidak pernah dibaca? Langganan aplikasi berbayar tahunan yang tidak pernah digunakan? Membayar asuransi untuk barang milikmu yang kamu tidak pernah gunakan?

Hitung baik-baik ke mana saja selama ini kamu “membuang” uangmu. Deretkan dalam daftar, sepanjang-panjangnya, pengeluaran yang tidak benar-benar penting bagimu selama setahun terakhir ini.

Lantas, pangkaslah semua pengeluaran yang tidak penting bagimu. Dan kamu akan lihat mengapa ini boleh jadi adalah cara menjadi kaya yang membuatmu nyaman.

Bukan hanya soal tagihan atau pengeluaran yang sembarangan, kamu juga bisa melihat barang-barang tidak terpakai, atau ruang-ruang kosong di rumahmu yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, kamu bisa menyewakan ruang kosong di rumahmu itu, menjual barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi.

Baca juga: Tips Investasi Dini Sebelum Mencapai Usia 30 Tahun

4. Miliki Dana Darurat

Bukan hanya saat pandemi saja kamu akan membutuhkan dana darurat. Bayangkanlah bahwa kamu tidak dapat menebak apa kebutuhan mendadak yang akan datang padamu dalam beberapa bulan atau tahun ke depan.

Memiliki dana darurat sangat penting bahkan meski kamu sudah memiliki jaminan asuransi kesehatan atau asuransi untuk berbagai hal dalam hidupmu. Kamu mungkin bisa menyimpan dana darurat tersebut dalam bentuk emas digital di Pluang. Mengapa? Karena di waktu yang sama, ia akan menjadi investasi bagimu. Dan seperti halnya dana darurat pada umumnya, kamu dapat mencairkannya menjadi uang tunai kapan saja.

Lagipula, ketika dana darurat tersebut tidak terpakai, maka dana ini akan bisa kamu masukkan ke dalam pos dana pensiun. Menyisihkan uang untuk dana darurat sebanyak 3-6 bulan pengeluaran bisa kamu mulai sejak saat ini demi mencapai pensiun dini sesuai harapan.

5. Pikirkan Angka Dana Pensiun yang Realistis

Visi pensiun dini atau “menjadi mandiri secara finansial” versimu tentu akan berbeda dengan versi Michelle atau orang-orang lainnya. Jadi, pastikan kamu tahu berapa dana pensiun yang realistis yang akan kamu butuhkan kelak. Lantas, berusahalah untuk mewujudkan angka itu.

Michelle memperoleh bantuan dari dua buku favoritnya untuk membantunya mengetahui berapa dana pensiun yang ia butuhkan dan cara menjadi kaya demi mencapai tujuan itu. Buku tersebut berjudul Work Optional oleh Tanja Hester dan Quit Like A Millionaire oleh Kristy Shen dan Bryce Leung.

Inti dari kelima tips di atas adalah: Yep. Siapa pun bisa mencapai kebebasan finansial dan pensiun lebih awal. Namun, kita tetap harus menyusun rencana, bersedia untuk bekerja sampingan, dan menabung sebagian besar pendapatan untuk mencapai tujuan itu.

Kamu akan menyadari betapa besarnya manfaat berhemat-hemat saat ini saat kamu telah berhasil pensiun dini suatu hari nanti. Jadi, tetap semangat! Dan agar kamu bisa mencapai tujuan finansialmu, ada baiknya kamu juga berinvestasi. Apalagi, berinvestasi di Pluang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Baca juga: Forbes

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img