Currently set to Index
Currently set to Follow

Simak Cara Panen Cuan dari Mahar dan Hadiah Pernikahan di Sini!

Menikah dengan mahar sejumlah lot saham sudah jadi tren di kalangan milenial melek investasi. Selain mahar, hadiah pernikahan juga bisa kamu kelola bersama pasangan demi rumah tangga yang lebih tenteram lho, Sobat Cuan.

Salah satu contohnya ditunjukkan Beauty vlogger Nanda Arsyinta.

Baru-baru ini, ia mendadak jadi buah bibir lantaran dipinang dengan mas kawin berupa 305 lot saham MDKA dan 21 gram emas. Nadya yang menikah dengan founder kelas saham Rise Arrow, Ardya Tridwantoro itu pun jadi viral karena mas kawinnya yang unik.

“Awalnya aku mau nyesuaiin mahar aku dengan tanggal pernikahanku, kebetulan karena suami aku adalah investor dan pemilik kelas saham Rise Arrow, jadi aku memilih saham dan logam mulia untuk investasi jangka panjang. Kalau untuk nominalnya sih sesuaiin dengan tanggal 305 lot saham MDKA dan 21 gram logam mulia, jadi pas 30/5/21,” ujar Nanda dikutip dari CNBC.

Nanda dan Ardya bukanlah pasangan pertama yang menikah dengan mahar saham.

Di tahun 2019 Erwin Febriansyah yang bekerja sebagai Direktur Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu menikahi istrinya Nekky Sulastri dengan mas kawin 21 lot saham telkom.

Selain itu, ada pasangan Agus Priyono dan Asmita Hadriani dengan mahar 5 gr Emas Antam dan Saham PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK). Serta Rikki Fendy yang meminang kekasihnya dengan mahar 5000 Lembar saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO).

Simak Cara Panen Cuan dari Mahar dan Hadiah Pernikahan di Sini!, Pluang

Apakah Mahar Investasi Sah Menurut MUI?

Meski baru mulai menjadi tren sejak tahun 2019, Majelis Ulama Indonesia (MUI) ternyata sudah mengkaji mahar saham.

Jaih Mubarok, Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), mengatakan mahar yang diberikan suami kepada istri boleh saja berupa uang, jasa, benda dan turunannya. Paling penting, mahar ini nantinya bisa dipindahkan kepemilikannya.

“Jadi bentuknya bisa manfaat. Makanya saham boleh karena turunan dari barang dan uang, jadi saham boleh,” sebut Jaih.

Mahar saham memang memiliki resiko fluktuasi harga seiring dengan volatilitas pasar modal. Namun pada prinsipnya, saham memiliki nilai dan bisa dipindahtangankan sehingga memenuhi prasayarat sebagai mahar yang bermanfaat.

“Jadi harus memiliki nilai dan bisa dipindahtangankan. Karakternya sama (dengan jenis barang lain). Tidak boleh diminta lagi oleh si suami dan yang penting istri sadar akan risikonya,” tambah dia.

Pasangan Baru Masih Bisa Cuan Meski Tak Dapat Mahar Investasi!

Fenomena mahar investasi mungkin hanya dilakukan oleh segelintir sejoli saja. Sementara itu, sebagian besar pasangan mungkin masih menggunakan mahar biasa dalam melangsungkan pernikahan.

Kalau kamu adalah salah satunya, kamu tak perlu khawatir tidak bisa mendulang cuan dari mahar pernikahan! Sebab, kamu bisa mengelola hadiah pernikahan untuk mengarungi bahtera rumah tangga (serta kesehatan finansial) agar lebih mumpuni.

Sobat Cuan pasti paham betul bahwa pengantin baru biasanya kebanjiran ‘salam tempel’ dari para tamu undangan resepsimu. Nominalnya bisa beragam memang, namun yang terpenting adalah kamu harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya sebagai modal berumah tangga.

Lantas, bagaimana mengelola hadiah pernikahan dengan tepat? Berikut caranya!

Baca juga: Apa itu Analisis Fundamental Saham?

1. Simpan Untuk Dana Darurat

Penting sekali untuk mulai memiliki dana darurat setelah menikah. Kamu pasti membutuhkannya di waktu yang tidak terduga seperti saat mobilmu tiba-tiba mogok atau harus ke dokter.

Dana darurat harus berupa uang likuid yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat teresak. Idealnya, dana darurat yang harus kamu cadangkan adalah senilai tiga hingga enam bulan pengeluaran rutinmu dengan pasangan.

Kamu harus memisahkan dana darurat dalam akun terpisah dan digunakan hanya saat darurat saja. Jika tidak, kamu mungkin akan membebani tagihan kartu kredit saat situasi darurat tiba-tiba datang. Jadi, pastikah hadiah pernikahanmu diprioritaskan sebagai dana darurat, ya!

2. Bayar Utang

Pengeluaran untuk melangsungkan pernikahan seringkali membengkak. Kamu mungkin memiliki beberapa utang pada kerabat atau bank. Selain itu, kamu pun disarankan untuk melunasi tagihan kartu kredit dan cicilan jika masih ada.

Melunasi utang harus jadi prioritas kamu agar cashflow rumah tanggamu di masa depan tidak terbebani. Nah, untungnya, kamu bisa membayarnya dengan hadiah pernikahanmu.

Memasuki kehidupan baru bebas utang pasti terasa seperti membuka lembaran baru yang segar. Sehingga kamu bisa memulai tata kelola keuangan yang lebih sehat dengan pasanganmu.

Baca juga: Mau Tekan Nafsu Belanja? Yuk, Coba Tantangan Nabung 30 Days Challenge!

3. Sisihkan untuk Rumah Tinggalmu

Rumah umumnya jadi salah satu prioritas setelah menikah. Jika kamu belum memiliki rumah, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mencicilnya dan menggunakan hadiah pernikahanmu sebagai uang muka.

Biaya sewa yang terus naik tiap tahun ditambah dengan harga tanah yang semakin tinggi tentu harus jadi pertimbanganmu. Memiliki rumah bisa jadi keputusan yang tepat jika kamu sudah memikirkannya masak-masak segala konsekuensinya.

Jika belum, kamu bisa mulai menabung dengan uang pernikahanmu, siapa tau rumah impianmu nanti bisa terbeli. Instrumen investasi seperti saham dan reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mahar saham adalah langkah awal yang baik untuk mulai menabung guna keperluan berumah tangga seperti membeli rumah dan mobil. Jika kamu sudah punya rumah saat menikah, tidak ada salahnya menggunakan uang pernikahanmu untuk membeli perabotan. Suasana baru di rumahmu tentu akan menambah kebahagiaan pengantin baru.

Baca juga: Mau Cuan Saham Bermodal Analisis Fundamental? Simak 6 Strateginya di Sini!

4. Simpanan Masa Depan

Menikah identik dengan awal yang baru untuk semua hal. Kamu pasti memiliki rencana jangka pendek maupun jangka panjang.

Kamu dan pasangan juga harus mendiskusikan tentang anak. Jika kalian berencana untuk punya anak, kamu bisa memulai tabungan pendidikannya kelak sedini mungkin.

Manfaatkan hadiah pernikahanmu untuk menopang masa depanmu dengan pasangan. Konservasi tabungan yang kalian miliki agar perencanaan keuangan kalian matang. Dalam hal ini, kamu bisa menempatkannya di deposito atau tabungan dengan tujuan khusus, seperti tabungan pendidikan anak dan lain-lain.

Selain itu, tidak ada salahnya mulai memikirkan hari tua. Kamu dan pasanganmu bisa menggunakan hadiah pernikahan untuk menabung agar di masa tua kalian bisa tetap hidup tercukupi. Atau, untuk bersiap memayungi diri sendiri di kala “cuaca buruk” dengan cara menempatkannya di asuransi jiwa.

6. Bersenang-senang

Bagaimanapun, uang pernikahan adalah hadiah untukmu dan pasanganmu yang sudah berani mengambil komitmen sehidup semati. Menghabiskan sejumlah uang hadiah pernikahanmu untuk berbulan madu di akhir minggu adalah ide yang bagus.

Sisihkan saja sebagian untuk kamu nikmati agar semakin mengenal dengan teman hidupmu. Dengan begitu, langkah barumu dalam berumah tangga semakin penuh dengan kebahagiaan.

7. Investasi yang Terdiversifikasi

Setiap pasangan yang baru menikah tentu punya tujuan finansialnya masing-masing. Nah, cara yang tepat untuk mencapai tujuan finansialmu adalah dengan investasi! Manfaat investasi bisa kamu baca di artikel ini ya, Sobat Cuan!

Apalagi, dewasa ini investasi pun kian mudah. Kamu juga tak perlu modal besar untuk memulainya. Hanya saja, kadang kamu atau pasanganmu punya profil risiko yang berbeda. Mungkin, kamu adalah tipe investor agresif sementara pasanganmu adalah tipikal investor yang konservatif. Bagaimana cara menyeimbangkannya?

Yang bisa kamu dan pasanganmu lakukan tentu adalah melakukan diversifikasi investasi.

Sebab, dengan diversifikasi, maka kamu bisa mendulang cuan dari aset investasi yang lagi tokcer banget, namun tidak akan mendera kerugian besar jika salah satu asetmu berkinerja amburadul. Manfaat diversifikasi aset lainnya bisa kamu temukan di artikel berikut, ya!

Untungnya, saat ini diversifikasi aset kian mudah, apalagi di aplikasi Pluang!

Di Pluang, kamu bisa berinvestasi emas, indeks S&P 500, aset kripto, hingga reksa dana hanya dalam tiga ketuk saja dan mulai dari Rp10.000. Yuk, segera investasi di Pluang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CNBC, Forbes, Key

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img