Currently set to Index
Currently set to Follow

Hai Para Abdi Negara, Simak 5 Jenis Investasi yang Cocok bagi Kantong PNS!

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang dikenal punya masa depan terjamin. Makanya, tak heran jika banyak orang tua yang selalu menyuruh anaknya untuk mendaftar CPNS, seperti yang sedang terjadi saat ini.

Namun, meski hidup terjamin, PNS juga perlu investasi, lho. Sebab, siapa sih yang tak mau mengakumulasikan hartanya dan tetap bisa hidup di atas standar kala masa senja nanti?

Tapi sebenarnya, jenis investasi apa saja sih yang cocok digenggam oleh PNS? Nah, bagi Sobat Cuan yang berstatus PNS, atau mungkin berencana menjadi salah satu abdi negara, ada baiknya kamu baca artikel ini sampai habis, ya!

Gaji Pegawai Negeri Sipil

Namun, sebelum melangkah ke produk investasi yang bisa dipilih oleh PNS, ada baiknya kamu mengetahui gaji para abdi negara dulu. Tujuannya, tentu saja agar kamu bisa mengetahui pentingnya investasi bagi PNS.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, gaji PNS untuk lulusan SMA dan D3 berkisar antara Rp2.022.200 hingga Rp3.820.000. Sementara untuk lulusan S1 hingga S3 gajinya berkisar Rp2.579.400 hingga Rp4.797.000. Kamu bisa membaca selengkapnya mengenai gaji PNS di sini ya, Sobat Cuan.

Angka ini tentu masih ditambah dengan berbagai tunjangan seperti tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Selain itu, kamu juga akan mendapat berbagai fasilitas seperti jaminan pensiun, fasilitas untuk mengambil kredit rumah dan BPJS kesehatan.

Pantas saja profesi ini jadi idaman orangtua, kan, Sobat Cuan? Tapi masalahnya, penghasilan sebanyak itu mungkin akan percuma kalau kamu juga tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Nah, salah satu cara mengelola penghasilan abdi negaramu adalah dengan investasi!

Hai Para Abdi Negara, Simak 5 Jenis Investasi yang Cocok bagi Kantong PNS!, Pluang

Produk Investasi Bagi PNS

Tidak harus mengorbankan integritas dan idealisme kamu lho untuk bisa jadi PNS sultan. Dengan pengelolaan uang yang baik, kamu dan keluargamu akan hidup tercukupi.

Kamu bisa memilih instrumen investasi yang aman dan minim resiko, agar tetap bisa fokus mengabdi kepada negara sambil cuan. Nah, berikut ini adalah instrumen investasi bagi PNS yang direkomendasikan.

Baca juga: Uang Pensiun PNS Rp1 M? Ini Apa Kata MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo

1. Investasi Emas bagi PNS

Sebagai produk investasi lintas zaman, emas terbilang minim risiko. Sejak dulu investasi emas merupakan pilihan orangtua dan nenek buyut kita untuk menyimpan uang agar dapat membangun rumah, membeli kendaraan bermotor atau menghelat hajatan besar.

Investasi ini sangat cocok untuk jangka panjang. Jika kamu menyimpan emas untuk jangka pendek kemungkinan besar kamu akan rugi. Kecuali tiba-tiba terjadi bencana besar seperti pandemi yang menyebabkan harga emas meroket tinggi.

Risiko yang tak kalah pentingnya untuk kamu mitigasi adalah kehilangan. Emas fisik sering kali terselip dan hilang. Untuk mensiasatinya, kamu bisa membeli emas digital.

Baca juga: Mau Investasi Jangka Pendek Saat Pandemi? Simak Pilihan Aset Berikut!

2. Investasi Reksadana bagi PNS

Instrumen ini sangat membantu kamu yang berinvestasi sambil bekerja mengumpulkan pundi-pundi. Agar kamu bisa fokus bekerja dan portofolio kamu juga fokus bekerja untuk masa depanmu, reksadana adalah salah satu produk investasi bagi PNS.

Reksadana akan memberi kamu keleluasaan untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih apa saja instrumen saham, surat utang dan pasar uang dalam portofolio investasimu, lalu Manajer Investasi (MI) akan mengelolanya untukmu.

Caranya, kamu tinggal memilih MI dan produknya, lalu membaca prospektusnya. Pastikan dulu prospek produk dan kesesuaiannya dengan tujuan investasi kamu, ya. Kamu juga bisa memilih metode lumpsum atau menyicil saat akan membentuk kapital reksadana kamu. Menarik, bukan?

3. Investasi Deposito bagi PNS

Memiliki dana nganggur di rekening payroll? Mengapa tidak coba menghubungi bank kamu untuk dibuatkan deposito?

Deposito akan memberi kamu margin bunga lebih besar ketimbang tabungan bank, loh, Sobat Cuan. Pilih saja tenor yang sesuai dengan kebutuhanmu. Deposito sangat sederhana dan mudah dibuat, cocok untuk kamu yang sibuk bekerja mengabdikan diri pada negara.

Baca juga: Sobat Cuan, Yuk Simak 5 Tips Memilih Deposito Anti Kecewa Berikut!

4. Investasi Saham

Kalau kamu punya waktu lebih luang untuk belajar teknik-teknik dasar menganalisis pasar, instrumen ini bisa kamu coba. Fluktuasi harga saham di pasar modal saat pandemi seperti sekarang ini akan memberi kamu margin besar, asal kamu tau momentum yang tepat untuk keluar dan masuk pasar.

Tapi, jangan berjudi dengan keberuntunganmu ya, Sobat Cuan. Kumpulkan perbekalan yang cukup untuk berinvestasi saham agar kinerja kamu tidak terganggu.

5. Investasi Properti bagi PNS

Membeli rumah atau ruko saat ini masih menjadi opsi favorit para investor. Kamu yang berprofesi sebagai PNS juga bisa memilih opsi ini.

Manfaatkan fasilitas KPR kantormu untuk membeli aset tak bergerak sebagai investasi. Selain akan memberimu pemasukan pasif, bisa buat tabungan untuk anak cucu di masa depan juga, kan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Suara, QM Financial

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img