Currently set to Index
Currently set to Follow

Masa Tua Cuma Rebahan! Simak Rencana Menabung Dana Pensiun Berikut Ini!

Siapa sih yang tak ingin masa tuanya cuma tinggal ongkang-ongkang kaki saja dan tak perlu bekerja? Kamu pun mungkin adalah salah satunya. Nah, agar mimpi kamu tercapai, ada baiknya kamu mulai merencanakan dana jaminan pensiun mulai dari sekarang.

Mempersiapkan dana pensiun memang terbilang penting agar kamu bisa tetap hidup enak di masa tua. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot meminta anak cucu kamu menanggung biaya hidupmu kelak di hari tua nanti. Sobat-sobat sandwich generation pasti paham kan rasanya berada di posisi ini?

Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan jaminan pensiun masih rendah. Data Kementerian Keuangan pada 2020 menemukan bahwa hanya 16% dari total tenaga kerja sebesar 124 juta jiwa yang sudah mempersiapkan dana tersebut.

Mereka yang belum mendaftar program dana jaminan pensiun mungkin belum paham pentingnya hal tersebut. Atau, bisa jadi mereka memang sudah sadar, namun masih bingung bagaimana merencanakannya.

Namun, bukan berarti mereka yang sudah mendaftar jaminan pensiun benar-benar sadar akan pentingnya hal tersebut. Bsia jadi, mereka secara “tak sadar” sudah menjadi peserta program dana pensiun karena perusahaan tempat mereka bekerja sudah mendaftarkannya ke program Jaminan Hari Tua (JHT) dan jaminan pensiun milik BPJS Ketenagakerjaan atau dana pensiun perusahaan.

Hanya saja, tabungan tersebut juga tidak bisa menopang hidup kamu seutuhnya di masa tua. Perencana Keuangan Mohammad Andoko mengatakan bahwa jaminan pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan rata-rata bernilai 32,2 kali lebih besar dari gaji terakhir mereka.

Artinya, dana pensiun tersebut hanya bisa menghidupi mereka selama 2,5 tahun saja. Sehingga, tetap saja dibutuhkan perencanaan pensiun yang apik agar tenang di hari tua.

Nah, berikut ini, ada tips yang bisa kamu gunakan dalam merencanakan pensiun per 10 tahunnya!

Baca juga: Selain Dana Pensiun, Ini 5 Pertanda Kamu Siap untuk Pensiun Lebih Awal

Masa Tua Cuma Rebahan! Simak Rencana Menabung Dana Pensiun Berikut Ini!, Pluang

Tips Menyiapkan Dana Pensiun 10 Tahunan

Usia 20an: Menyimpan Dana Pensiun Senilai Gaji Kamu Selama Setahun

Memang sih, masa pensiun kamu masih 30 hingga 40 tahun lagi. Tapi, mempersiapkan dana jaminan pensiun di usia ini bukanlah ide buruk!

Agar tujuan kamu tercapai, biasakan untuk terbiasa dengan berinvestasi. Selain itu, kamu juga sudah harus pandai mengambil keputusan dalam menyiapkan dana pensiun di usia ini.

Misalnya, jika kamu nanti pindah pekerjaan, apakah nantinya kamu akan mempertahankan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan yang ada? Atau justru mencairkannya dan bikin keanggotaan baru lagi? Keputusan seperti ini juga bisa mengantarkan kamu menabung dana pensiun senilai satu tahun gaji di usia akhir 20-an.

Usia 30-an: Menabung Dana Pensiun Setara dengan Tiga Kali Gaji Tahunan

Nah, di titik ini biasanya ujian akan menerpa kamu. Sebab, semakin dewasa usia seseorang, maka kebutuhannya pun akan meningkat. Apalagi kalau kamu keluar kerja dan memulai usaha baru, biasanya tabungan pensiun yang dikumpulkan sejak usia 20-an langsung dicarikan dan dijadikan modal usaha.

Perlu diingat bahwa jaminan pensiun adalah penyangga hidup kamu di hari tua. Maka, jangan sekali-kali sentuh uang itu, ya! Kalau kamu sanggup, cobalah untuk memiliki dana jaminan pensiun setara tiga kali gaji tahunan ketika usiamu hampir mencapai 40 tahun.

Baca juga: Cuan Dari Angpao Kemarin? Simpan dan Tabung Dengan 5 Cara Ini!

Usia 40-an: Menabung Dana Pensiun dengan Tujuan Setara Empat Kali Gaji Tahunan

Biasanya, cobaan di usia ini adalah gaya hidup. Semakin berumur seseorang, maka ia akan lebih banyak membelanjakan uangnya atas alasan “self-reward” atau memberi apresiasi terhadap hasil kerjanya selama ini. Bisa saja dengan pelesiran ke luar negeri atau membeli mobil mentereng.

Hal itu sejatinya sah-sah saja, Sobat Cuan. Asal, jangan kelewatan. Tetap ingat bahwa kamu masih perlu hidup di usia tua. Sehingga, seiring kenaikan penghasilan kamu di usia ini, maka ada baiknya kamu juga bisa menabung dana pensiun setara empat kali gaji tahunan saat kamu akan menginjak usia 50-an.

Usia 50-an: Menabung Dana Pensiun dengan Tujuan Setara Delapan Kali Gaji Tahunan

Di usia ini, kamu seharusnya sudah mulai memikirkan estimasi pengeluaran tabungan pensiun kamu ketika kamu sudah memasuki masanya. Namun, kamu perlu menghitungnya dalam jangka panjang ya, misalkan pengeluaran kamu dalam setahun untuk 30 tahun ke depan.

Usia pensiun rata-rata ada di usia 55 tahun hingga 57 tahun. Usahakan di dekae tersebut, kamu sudah mengumpulkan tabungan pensiun setara delapan kali gaji tahunan kamu agar mudah mengaturnya. Contoh, berapa persen dari dana tersebut akan kamu masukkan ke investasi dan berapa persen akan masuk ke pembiayaan hidup.

Menyiapkan tabungan pensiun harus sedari dini, Sobat Cuan! Yuk, bisa yuk mengatur jaminan pensiun sejak sekarang!

Baca juga: Usia yang Dinilai “Berbahaya” untuk Pensiun

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CNBC, CNN Indonesia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img