Currently set to Index
Currently set to Follow

Baru Nabung? Yuk, Ramal Tabunganmu di Masa Depan dengan Kalkulator Ini!

Salah satu alasan orang sulit menabung di antaranya adalah tidak berhasil memantau pemasukan dan pengeluaran bulanan. Kesibukan bekerja dan mengumpulkan uang justru kerap jadi alasan sulitnya memantau tabungan. Jika itu juga menjadi alasanmu, maka berbagai aplikasi kalkulator tabungan adalah jawaban dari keresahanmu tersebut.

Menabung memang terlihat mudah. Tapi begitu tiba di realitas, rupanya impian itu langsung buyar semudah itu. Selalu saja ada keperluan mendadak yang membuatmu mesti merogoh kocek lebih dalam, dan membatalkan niat suci menabung.

Atau, ketika sudah ada dana yang cukup untuk menabung, kamu malah tidak tahu sebaiknya dana tersebut dialokasikan ke mana. Jangan pusing, kamu pun bisa jadi manajer investasi dan konsultan keuangan personal untuk dirimu sendiri lewat penggunaan kalkulator tabungan.

Baca juga: Perbedaan Investasi dan Tabungan

Baru Nabung? Yuk, Ramal Tabunganmu di Masa Depan dengan Kalkulator Ini!, Pluang

Ada begitu banyak aplikasi pengelola keuangan personal, berikut ini daftar aplikasi terbaik yang dapat membantumu mengelola keuangan lebih baik:

1. Digit

Biaya: gratis selama 30 hari pertama, lalu biaya bulanan sekitar Rp75.000

Tersedia di Apple iOS dan Android.

Saat kamu merasa kebingungan menentukan berapa banyak uang yang mampu kamu sisihkan setiap bulannya, bukalah aplikasi Digit.

Kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi ini dan mengkoneksikannya ke rekening bank. Lantas, tetapkan tujuan tabunganmu. Kalkulator tabungan Digit akan membantumu menghitung berapa yang dapat kamu sisihkan tiap bulannya untuk mencapai target tersebut.

Digit menggunakan algoritme cerdasnya untuk menganalisis pendapatan bulanan penggunanya. Dan tak berhenti di sana, ia juga mengukur kebiasaan pengeluaranmu untuk menentukan seberapa banyak kamu mampu menabung. Aplikasi ini memang bekerja paling baik untuk mereka yang kesulitan mencari tahu berapa banyak yang mampu mereka hemat dan ingin bersandar pada bantuan kalkulator tabungan otomatis.

2. Acorns

Biaya: sekitar Rp15.000 sebulan untuk saldo tabungan di bawah Rp15 miliar

Tersedia di Apple iOS dan Android.

Acorns adalah kalkulator tabungan yang seumpama celengan virtual dan mengumpulkan berbagai transaksi keuanganmu. Unduh aplikasinya, lalu hubungan rekening giro, kartu kredit dan/atau kartu debitmu, dan Acorns akan bantu mengelola portofolio investasi tersebut.

Aplikasi ini bahkan memberikan cashback bagi penggunanya. Misalnya, jika kamu ingin mendaftar ke Blue Apron, kamu bakal mendapat US$30 untuk diinvestasikan. Atau, saat kamu memesan Airbnb lewat aplikasimu, kamu akan mendapatkan 1,8% uang tunai dari transaksi tersebut.

3. Qapital

Biaya: gratis selama 30 hari pertama, lalu biaya bulanan sekitar Rp45.000

Tersedia di Apple iOS dan Android.

Sama seperti aplikasi kalkulator tabungan lainnya, Qapital akan terkoneksi ke rekening bankmu dan membantumu menetapkan sasaran tabungan yang dikehendaki.

Untuk tiap sasaran, kamu dan Qapital akan menentukan aturan-aturan yang diterapkan saat menabung. Misalnya, kamu dapat mengatur apa saja tujuan finansialmu, lalu menentukan target dana bulanan yang kamu dapat sisihkan untuk mencapai tujuan itu, juga berapa lama kamu akan menabung. Kamu juga dapat mengatur agar Qapital secara otomatis menabung sekian rupiah setiap kali kamu berbelanja bulanan.

Baca juga: Cara Jitu Memilih Tabungan Pendidikan Anak

4. Twine

Biaya: gratis

Tersedia di Apple iOS dan Android.

Aplikasi kalkulator tabungan ini ditujukan untuk penggunaan oleh pasangan. Jadi, kalau selama ini kamu mencari cara agar dapat menghemat demi tujuan bersama dengan pasanganmu, aplikasi ini adalah jawabannya.

Misalnya, jika kamu dan pacarmu pengin menabung untuk berlibur ke Bali. Atau, jika kamu dan pasanganmu ingin membeli rumah dalam lima atau sepuluh tahun ke depan, juga menyiapkan uang muka atau DP untuk itu. Twine adalah aplikasi yang berupaya membantu tujuan finansial para pasangan dapat dicapai semudah menjentikkan jari.

Untuk memulainya, kamu dan pasanganmu dapat membuat akun Twine. Lalu, koneksikan akun rekening bank kalian ke aplikasi ini. Selanjutnya, kalian dapat tentukan tujuan berdua dalam periode waktu tertentu. Misalnya, untuk liburan, DP/uang muka beli rumah, dana darurat, apa saja.

5. Stash

Biaya: Rp15.000 untuk pemilik akun dengan saldo tabungan di bawah Rp73 juta

Tersedia di Apple iOS dan Android.

Sama seperti aplikasi kalkulator tabungan di atas, kamu dapat mengatur Stash untuk mengumpulkan uangmu pada satu kolam. Lantas, mengatur jadwal yang ditentukan untuk menganalisis pendapatan dan pengeluaran. Juga, menentukan seberapa banyak yang mampu kamu investasikan.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, Pluang juga menyediakan kalkulator tabungan Pluang yang dapat memudahkan menghitung seberapa cepat investasimu berkembang.

Belajar dan berkaca dari aplikasi keuangan personal yang berhasil di banyak negara, Pluang juga menyediakan fitur bagi para investor untuk mendiversifikasikan berbagai kelas asetnya.

Dengan berinvestasi di Pluang, sama seperti di aplikasi-aplikasi di atas, kamu dapat menyimpan sejumlah dana yang mau kamu investasikan untuk tujuan finansial personalmu. Lantas, aplikasi ini akan secara otomatis menghitung imbal hasil untuk setiap kelas aset yang kamu pilih dalam portofoliomu. Mudah, bukan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Penny Hoarder, Nerd Wallet

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img