Currently set to Index
Currently set to Follow

Sobat Cuan, Simak 5 Hal Esensial yang Perlu ada di Financial Planning!

Sobat Cuan, apakah kamu percaya bahwa masa depanmu tidak selalu tergantung dengan besaran gaji atau penghasilanmu? Ya, benar sekali. Jangan jadikan penghasilanmu sebagai batu sandungan mencapai hidup yang lebih mumpuni. Sebab, kamu masih bisa mencapainya dengan financial planning yang baik!

Membuat financial planning sebetulnya mudah untuk dilakukan. Hanya saja, kamu perlu disiplin dan sabar dalam menjalankannya. Kalau kamu merasa menyerah di tengah jalan, ketahuilah bahwa perencanaan keuangan memiliki manfaat yang banyak untukmu.

Selain kedua hal itu, kamu juga perlu mengetahui lima dasar perencanaan keuangan yang benar-benar paling dasar sebelum memulainya. Nah, apa saja lima hal dasar dalam perencanaan keuangan tersebut?

5 Hal Dasar Financial Planning

1. Budgeting

Basis awal dari memahami budgeting adalah memahami apa kebutuhan dan keinginanmu. Setelah itu, kamu bisa melakukan budgeting sebenarnya, yakni menyusun daftar pengeluaran rutin bulanan kamu berdasarkan pemasukan kamu.

Daftar ini akan memberikan kamu pemetaan terhadap pos-pos pengeluaranmu. Peta itu bisa jadi tolok ukur kamu dalam membuat strategi finansial yang menguntungkan kamu di masa depan.

Peta pengeluaran ini juga akan membuatmu berhenti sejenak dan berpikir logis saat akan membeli sesuatu. Bisa jadi itu hanya dorongan sesaat, atau malah langkah cerdas untuk membantumu berhemat di waktu-waktu berikutnya.

Bagaimana cara membuta bajet? Cara tersimpel adalah dengan mencatatnya di kertas. Tapi saat ini sudah banyak kok aplikasi budgeting yang akan membudahkan kamu membuat fondasi dasar perencanaan keuangan.

Sobat Cuan, Simak 5 Hal Esensial yang Perlu ada di Financial Planning!, Pluang

2. Memotong Pengeluaran

Peta pengeluaran akan membuatmu memahami area mana yang sudah efisien dan yang masih bisa ditekan. Misalkan saja, rata-rata orang Amerika Serikat 50 tahun lalu menghabiskan 30% gajinya untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Tapi, mereka kini bisa menekannya hingga 15-20% perbulan berkat adanya peta pengeluaran.

Budgeting kamu mungkin berbeda dari orang lain sesuai kebutuhanmu. Kamu mungkin memerlukan pengeluaran lebih besar di satu pos dibanding orang lain. Namun, penting untukmu mengevaluasi secara berkala pos tersebut dan membuat keputusan finansial yang lebih efisien.

Menghemat pengeluaran penting agar ruang finansialmu bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti melunasi utang dan berinvestasi.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mengetahui dan Menentukan Limit Kartu Kredit di Sini!

3. Bebas Utang

Utang sebetulnya bukan sesuatu yang buruk selama kamu bisa mengelolanya dengan disiplin. Namun, hidup ini akan terasa lebih menyenangkan tanpa utang, bukan?

Apalagi kalau utang kamu memiliki bunga yang tinggi seperti berutang dengan kartu kredit atau paylater. Melunasinya akan membuatmu hemat bunga dan admin.

Cara termudah untuk melunasi utang saat keuanganmu masih terbatas adalah berusaha membayarnya melebihi jumlah minimum. Sementara itu, coba cari cara untuk melunasinya langsung dengan menghemat pengeluaran lain, atau cari pemasukan tambahan ya, Sobat Cuan!

Baca juga: Biar Gaji Jakarta Gak Ambyar, Simak 10 Cara Tekan Biaya Hidup di Jakarta!

4. Tabungan Pensiun. Financial Planning demi Masa Depan

Orangtua kerap memintamu ikut CPNS dan jadi abdi negara, salah satunya karena CPNS dianggap pekerjaan yang menjamin hari tuamu. Kamu boleh saja tidak sepakat dengan anjuran tersebut, tapi mengenai simpanan hari tua mereka ada benarnya.

Memiliki simpanan untuk masa pensiun sangatlah penting. Apa kamu mau kerja serabutan selepas pensiun nanti demi memenuhi kebutuhan hidup?

Tabungan ini sebaiknya mulai disisihkan sedini mungkin, semakin muda semakin baik. Begitu kapital investasimu terbentuk, uang akan berkerja untukmu sementara kamu bisa hidup bersantai di hari tua.

Kamu bisa membuat tabungan pensiun melalui lembaga khusus atau membentuk portofoliomu sendiri. Kamu juga bisa merancang sendiri berapa pendapatan pasifmu nanti saat sudah terlalu tua untuk bekerja lagi.

Tidak perlu jadi PNS, kalau kamu disiplin berinvestasi, pensiunmu bisa tetap gemah ripah loh jinawi!

Baca juga: Strategi Investasi Reksadana DCA vs Lump Sum: Mana yang Paling Oke?

5. Financial Planning Makin Komplet dengan Asuransi

Proteksi perencanaan keuangan kamu dengan asuransi. Ini penting sekali ya, Sobat Cuan. Banyak orang gagal jadi sultan karena hal tidak terduga seperti menderita penyakit berat, atau terkena bencana alam.

Tidak ada yang bisa memprediksi kejadian alam atau nasib seseorang. Tidak seperti pasar, takdir memiliki tren yang hanya diketahui Tuhan.

Tapi, kamu bisa meminimalisir dampak negatif terhadap kamu dan keluarga dengan membeli sejumlah polis asuransi. Asuransi kesehatan adalah yang terpenting. Selain itu, kalau kamu punya cicilan di bank atau kartu kredit, membeli polis asuransi jiwa akan membuat keluargamu hidup tenang jika sewaktu-waktu kamu berpulang.

Proteksi kendaraan dan rumah dengan asuransi kecelakaan dan bencana alam juga perlu kamu pertimbangkan. Banyak sekali manfaatnya, misalkan saja jika dijalan mobil mulusmu terserempet kamu tidak perlu cepat naik darah, kan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Balance

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img