Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Sih Manfaat Perencanaan Keuangan Buat Kamu?

Sobat Cuan ingin mencari cara menjadi kaya dan sukses secara finansial? Nah, mungkin kamu bisa memulainya dengan merencanakan keuangan personalmu setiap bulan!

Bahkan, banyak yang bilang bahwa perencanaan keuangan adalah hal paling esensial untukmu dalam meraih kesuksesan finansial. Namun, apakah kamu tahu bahwa manfaat perencanaan keuangan tidak hanya mengantarkanmu menjadi kaya?

Betul, Sobat Cuan. Banyak orang mengira bahwa perencanaan keuangan adalah cara bagi orang-orang untuk mencapai keamanan dan kestabilan finansial di masa depan. Padahal, perencanaan keuangan juga bisa melatih mentalmu dan juga menjadi sumber semangatmu dalam menjalani hidup.

Nah, agar kamu makin semangat merencanakan keuangan, berikut adalah ragam manfaat perencanaan keuangan yang bisa menjadi motivasimu menuju pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Katanya Menabung Buat Mencapai Tujuan Finansial. Apa Sih, Arti Tujuan Finansial?

Apa Sih Manfaat Perencanaan Keuangan Buat Kamu?, Pluang

Berbagai Manfaat Perencanaan Keuangan

1. Perencanaan Keuangan Membantumu Mencapai Tujuan Finansial

Ini merupakan manfaat perencanaan keuangan yang paling kentara, tapi kadang bikin orang salah sangka juga.

Memang, perencanaan keuangan yang baik akan membantumu mencapai tujuan finansial. Hanya saja, hubungan perencanaan keuangan dan tujuan finansial tidaklah searah, melainkan bersifat timbal balik.

Sebab, punya tujuan finansial yang baik pun akan membantumu konsisten dalam melakukan perencanaan keuangan. Mereka yang punya tujuan yang jelas dalam hidup mungkin saja bekerja keras 10 kali lipat dibandingkan mereka yang tidak memilikinya, karena mereka memiliki satu fokus yang ingin digapai.

Makanya, setiap individu disarankan untuk memiliki tujuan finansial jangka panjang, pendek, dan menengah agar mereka bisa melakukan strategi perencanaan keuangan yang efektif. Selain itu, tentu saja agar mereka bisa mencapai kestabilan finansial di masa depan.

Namun pertanyaannya, bagaimana caranya kamu menyusun tujuan finansial yang soild? Untungnya, kamu bisa menemukan jawabannya di bawah ini:

  1. Buat daftar tujuan hidupmu secara pribadi. Kamu hanya perlu menulis hal-hal apa saja yang kamu ingin capai dalam hidup dan hidup seperti apa yang kamu ingin dapatkan di masa depan. Namun, kamu juga harus detail dalam menyusun tujuan tersebut.
  2. Membuat tujuan dilandasi informasi dan pengetahuan. Setelah menulis daftar di atas, ada baiknya kamu juga memahami hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai keinginanmu. Kemudian, kamu juga bisa mencari referensi, bisa dari buku atau internet, demi memilah tujuan hidup apa saja yang sekiranya bisa kamu gapai dalam jangka pendek atau panjang.
  3. Evaluasi tingkat kemajuan dalam menggapai tujuan finansialmu. Sebab, semakin sering kamu mengevaluasinya, maka akan semakin besar pula motivasimu untuk meraih tujuan hidupmu.
  4. Sejajarkan tujuanmu tersebut dengan nilai-nilaimu. Pastikan tujuanmu tersebut benar-benar berarti bagi perkembangan hidupmu nanti. Selalu tantang tujuanmu dengan pertanyaan “Kenapa saya harus mencapai tujuan tersebut?”. Jika kamu sudah menemukan jawabannya, maka kamu pun akan bisa mencari jalan untuk menggapai impianmu tersebut.

2. Perencanaan Keuangan adalah Sumber Utama Komitmen dan Motivasi Hidupmu

Terkadang, manusia menjadi kurang termotivasi saat mereka tak punya tujuan hidup yang jelas. Nah, melakukan perencanaan keuangan akan membuatmu merasa termotivasi untuk menandai daftar hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menggapai impian finansialmu.

Sikap ini nantinya juga bikin kamu tegas untuk menjawab “ya” atau “tidak” atas segala tawaran dan kesempatan yang datang silih berganti kepadamu. Jika kamu semakin lama mengambil keputusan, maka semakin lama pula kamu melewatkan banyak potensi kesempatan yang menghampirimu.

Selain itu, kamu pun akan dengan mudah menjawab “ya” atau “tidak” ketika mengambil keputusan finansial. Sehingga, kamu bisa ucapkan selamat tinggal pada perenungan berhari-hari atau stress dalam menentukan apa yang perlu kamu lakukan terhadap uangmu.

Adapun motivasi dan komitmen dalam perencanaan keuangan ditopang oleh tiga faktor utama: punya tujuan yang jelas, punya maksud yang jelas di balik tujuan itu, serta mengetahui dengan tepat strategi yang dibutuhkan.

Baca juga: Ampuh Cegah Kantong Jebol, Ini Tips Keuangan di Tahun 2021!

3. Perencanaan Keuangan Berdampak Positif ke Kesehatan Mentalmu

Ketika kamu merencanakan keuangan dengan baik, tentu kamu akan mengalami stress lebih sedikit dan merasa optimistis dengan masa depanmu. Hal ini pun akan mempengaruhi caramu dalam menikmati hidup sehari-hari. Ketika kamu punya perencanaan, maka semakin kecil kemungkinanmu merasa gagal dalam menjalani hidup.

Apalagi menurut penelitian yang dilakukan Savology, 83% persen responden mengaku merasa “lebih baik” setahun setelah mereka menulis perencanaan keuangan mereka masing-masing. Artinya, memang perencanaan keuangan mumpuni memiliki manfaat meningkatkan kualitas mentalmu.

4. Perencanaan Keuangan Membantu Menetapkan Standar Performamu

Apapun bentuknya, segala perencanaan pasti memiliki tujuan akhir yang dicapai. Dan agar tujuan itu tercapai, setiap orang perlu untuk mengevaluasi setiap kegiatan yang sudah dilakukan. Namun, evaluasi tersebut tentu perlu diukur dengan satu standar tertentu.

Seperti apa contohnya? Misalnya, kamu ingin membeli ponsel pintar baru seharga Rp10 juta, namun gajimu hanya di kisaran Rp5 juta per bulan. Kamu ingin membeli ponsel pintar itu empat bulan mendatang, sehingga kamu perlu menabung Rp2,5 juta per bulannya. Nah, tabungan Rp2,5 juta ini adalah standar menabung yang perlu kamu penuhi.

Setelahnya, kamu pasti akan tergerak untuk selalu memenuhi standar yang dimaksud. Misalnya, untuk menabung Rp2,5 juta per bulan, kamu memutuskan untuk tidak beli kopi seharga Rp50.000 setiap harinya, dan lain-lainnya.

5. Manfaat Penting Perencanaan Keuangan: Memperbaiki Kesehatan Finansial

Yang paling penting, kamu bisa memperbaiki kesehatan finansialmu dengan perencanaan keuangan. Sebab biasanya, mereka yang punya perencanaan keuangan mumpuni selalu siap dengan dana darurat dan bisa pensiun tanpa perasaan cemas tak punya uang.

Menurut survei yang dilakukan Savology, mereka yang punya perencanaan keuangan tertulis memiliki uang lebih banyak 2,5 kali lipat dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Dapatkan Manfaat Perencanaan Keuangan dengan Mulai Sekarang!

Kamu bisa merasakan manfaat perencanaan keuangan dengan memulainya saat ini juga! Namun, jika kamu bingung darimana perlu memulai perencanaan keuangan, maka ada panduan baik yang bisa kamu ikuti di bawah ini:

  1. Membaca buku tentang perencanaan keuangan
  2. Gunakan perencanaan keuangan. Namun, kalau kamu tidak mampu menggunakan jasa mereka, membaca referensi dari internet dan buku-buku tidak ada salahnya, kok.

Baca juga: Mendingan Lunasi Utang atau Mulai Investasi? Tentukan Tujuan Finansialmu! Sekarang

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang.

Sumber: Savology

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img