Currently set to Index
Currently set to Follow

Rumah Masih Ngontrak? Jangan Minder! Ini Manfaat Finansial Ngontrak Rumah!

Sejak zaman dulu, orang Indonesia selalu mengartikan bahwa membeli rumah adalah salah satu indikator kesuksesan seseorang. Namun kenyataannya, terdapat pula beberapa golongan orang yang tidak sanggup beli rumah. Mereka pun akhirnya memutuskan tinggal di rumah kontrakan, sembari mencari tips terkait sewa rumah yang murah sepanjang hidup mereka.

Mungkin saja, saat ini kamu adalah salah satu di antara mereka yang masih mengontrak rumah. Terkadang, kamu malu menerima kenyataan bahwa saat ini kamu tak bisa membeli hunian idamanmu. Dan mungkin, tekanan mental itu kian menjadi-jadi setelah kamu melihat maraknya unggahan media sosial orang-orang tajir yang kerap memamerkan kediaman mewah mereka.

Tetapi, kamu tak perlu merasa tidak pede, apalagi insecure. Sebab, tinggal di rumah kontrakan memiliki beberapa manfaat secara finansial tersendiri. Bahkan, manfaat ini tidak akan kamu temukan kalau memutuskan membeli rumah!

Apalagi sebelumnya, beberapa penelitian sudah menemukan bahwa orang dapat merasakan “keleluasaan” finansial dengan menyewa rumah dibanding membelinya.

Salah satunya adalah studi yang dilakukan salah satu firma akuntansi top dunia, Ernst & Young (EY), di Australia pada 2018 lalu. Studi itu menemukan bahwa mereka yang tinggal di rumah kontrakan selama 10 tahun memiliki kondisi keuangan US$200 ribu hingga US$600 ribu “lebih baik” dibanding mereka yang membeli rumah.

Di samping itu, studi yang dilakukan oleh HelloWallet pada 2014 silam menemukan bahwa hampir dari 50% pemilik rumah di AS seharusnya bisa lebih kaya jika mereka memilih menyewa rumah dan menggunakan uangnya untuk investasi ketimbang membeli rumah.

Oleh karenanya, tidak ada alasan bagi kamu untuk minder lantaran tinggal di rumah kontrakan! Mendingan, simak beberapa manfaat mengontrak rumah di bawah ini sembari kamu bekerja keras untuk membeli rumah idaman kamu!

Baca juga: Cuan Cuma Ongkang-Ongkang Kaki! Simak 5 Tips Memulai Bisnis Rumah Kontrakan!

Rumah Masih Ngontrak? Jangan Minder! Ini Manfaat Finansial Ngontrak Rumah!, Pluang

Tips Sewa Rumah: 4 Manfaat Finansial yang Hanya Bisa Kamu Dapat Kalau Tinggal di Rumah Kontrakan

1. Menghindari Biaya Perbaikan dan Renovasi

Salah satu manfaat mengontrak rumah adalah kamu tidak perlu pusing-pusing ketika cat tembok kamu mulai terkelupas atau pintu pagar yang sudah karatan. Sebab, di banyak kasus, biasanya sang empunya rumah yang akan membereskan masalah-masalah itu bagi kamu.

Di samping itu, kamu juga tidak punya urgensi dan kewajiban untuk merenovasi rumah kontrakan kamu ketika kondisinya sudah bobrok. Alasannya gampang saja, karena memang kamu tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal tersebut. Dari aspek ini saja, kamu sudah terhindar dari pengeluaran yang cukup besar, lho, mengingat biaya renovasi rumah terbilang tidak murah.

Kalau memang kamu sudah tidak nyaman di rumah kontrakan saat ini, kamu pun bisa dengan mudah pindah ke rumah kontrakan lain dengan kondisi yang lebih bagus. Bahkan, mungkin dengan biaya sewa yang jauh lebih terjangkau dibanding rumahmu saat ini.

Namun, bukan berarti kondisi ini bikin kamu tak peduli dengan kelayakan kontrakanmu. Tentu sebagai penyewa, kamu juga berkewajiban untuk merawat hunianmu.

2. Terhindar dari Kewajiban Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Tak hanya terhindar dari biaya renovasi dan perbaikan rumah, kamu juga bisa mengelak dari kewajiban bayar PBB ketika mengontrak rumah. Kondisi ini akan lebih menguntungkan jika rumah kontrakan kamu ternyata berlokasi di wilayah dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah dan bangunan yang tinggi.

3. Memudahkan Perencanaan Anggaran Keuangan

Hal ini akan menjadi keuntungan jika kamu sudah membayar sewa dibayar di muka dengan jangka waktu sewa yang lama. Ini adalah tips sewa rumah yang jarang disadari oleh kebanyakan oleh pengontrak.

Misalnya, anggap saja kamu sudah membayar uang sewa rumah selama tiga tahun ke depan. Artinya, kamu tak perlu putar otak mencari tempat tinggal dan menyisihkan uang itu selama tiga tahun mendatang.

Nah, karena satu beban keuangan telah “dipenuhi”, artinya kamu mendapat keleluasaan untuk mengatur anggaran kamu dan bahkan punya kesempatan mencapai tujuan finansial di jangka waktu tiga tahun tersebut. Atau mungkin, kamu bisa memanfaatkan masa tiga tahun tersebut untuk mengumpulkan uang muka (Down Payment) rumah impian kamu nantinya.

4. Fleksibel

Kamu punya pilihan untuk gampang pindah dan mencari hunian yang lebih baik jika sudah tidak nyaman lagi dengan rumah kontrakan saat ini akibat beberapa kondisi. Misalnya, rumah kamu gampang kena banjir atau punya tetangga yang tidak bersahabat.

Di sisi lain, mereka yang memiliki rumah tentu tidak punya keleluasaan seperti yang kamu miliki ketika ingin mencari hunian baru.

Memang, para pemilik rumah bisa mendulang cuan lumayan jika mereka berniat menjual rumahnya dan berencana pindah ke lokasi lain. Namun, hal itu tentu butuh waktu lantaran datangnya pembeli pun terbilang tidak tentu. Apalagi kalau rumah mereka berada di lokasi-lokasi rawan, seperti banjir. Tentu dibutuhkan masa tunggu yang lebih lama untuk menjual rumah mereka.

Makanya, ada beragam alasan bagi kamu untuk tidak minder tinggal di rumah kontrakan. Kalau kamu masih minder, kamu juga bisa gunakan alasan-alasan di atas untuk ngeles dari pertanyaan “Kok masih ngontrak sih?”.

Baca juga: Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bisa, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, ABC Australia, Business Insider

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img