Currently set to Index
Currently set to Follow

Wajib Catat! 5 Checklist untuk Persiapan Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun konon idealnya dimulai di usia 20-an. Dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini, uang yang perlu disisihkan juga lebih ringan hingga 70%. Bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun?

Setiap orang memiliki timing tersendiri. Begitu juga menyangkut hari tua dan bagaimana menikmati har-hari senja itu. Jika kamu sudah terpikir pensiun yang ideal seperti apa, tentu tak ada salahnya menyiapkan dana untuk itu.

mempersiapkan dana pensiun

Tidak ada kata terlalu cepat atau terlalu lambat dalam mempersiapkan dana pensiun. Yang penting, kamu memacak strategi yang pas sebagai cara mempersiapkan dana pensiun.

Bayangkan terlebih dulu, apa yang kamu harapkan dari hari tuamu? Apakah kamu ingin hidup tenteram dengan keluargamu, atau ingin menghabiskan waktu seorang diri?

Tentu, macam apa pun masa senja yang kamu inginkan, mempersiapkan dana pensiun akan membantumu merasa aman pensiun dini dan fokus berbahagia. Yuk, kita lihat checklist apa saja yang perlu kamu centang.

Baca juga: Mulailah Sedini Mungkin, 6 Panduan Cara Jadi Kaya Ini Akan Berarti Besar

#1 Bangun keuangan yang sehat

cara mempersiapkan dana pensiun

Jangan boros. Kelolalah penghasilanmu dengan baik. Hindari cicilan yang tak bisa kamu tangani. Kenali kebiasaan agar kamu memiliki cashflow yang sehat.

Cara sederhananya adalah dengan melakukan budgeting bulanan, konsisten menabung, dan hindari utang konsumtif. Ingat juga, kamu perlu menabung dana darurat. Sebagai permulaan, buatlah target sebesar 3 kali pengeluaran bulananmu.

Sembari mempersiapkan dana pensiun, pastikan juga kamu mencukupi kebutuhanmu hari ini. Punya asuransi kesehatan adalah hal yang perlu kamu prioritaskan. Begitu pula pengeluaran bulananmu agar tercukupi.

Jangan lupa juga rencanakan karier sebaik mungkin. Upayakan memperoleh penghasilan tidak hanya dari satu tempat. Multiple stream of incomes, termasuk juga mengelola passive income lewat portofolio investasi adalah kunci kebebasan finansial.

Karena itu, sisihkan pula budget bulananmu untuk “leveling up” dengan ikut workshop hingga kursus bahasa dan keahlian yang memperkaya kualitas dirimu. Seiring dengan skill yang membaik, tentu pendapatanmu pun akan ikut menanjak.

#2 Belajarlah menyusun portofolio investasi

Mempersiapkan dana pensiun tentu membutuhkan “keamanan dana” untuk hari-hari ini dan kehidupanmu dalam jangka pendek.

Portofolio investasi sangat membantu untuk mengamankan danamu dari inflasi tahunan. Begitu pula untuk memastikan danamu tidak serta-merta kamu ambil dan gunakan untuk keperluan yang bukan prioritasmu.

Ketika kamu sudah memancang target untuk mempersiapkan dana pensiun, bukalah juga rencana tabungan investasi.

Kamu bisa mulai dari berinvestasi pada instrumen dengan risiko rendah-menengah seperti deposito, obligasi, dan emas.

Selanjutnya, jika ada cukup modal dan bisa mengelola informasi teknikal dan fundamental seputar saham, tak ada salahnya jika kamu juga terjun di pasar modal. Atau bahkan sekalian cryptocurrency?

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

#3 Buat rencana mempersiapkan dana pensiun

Segala hal dimulai dari titik nol. Begitu pula gedung megah dimulai dari rancangan perencanaan yang matang.

Pastikan kamu tahu berapa dana pensiun yang akan kamu butuhkan. Artinya, kamu tahu kehidupan macam apa yang kamu inginkan di masa tua nanti.

Asumsikan bahwa terdapat inflasi 4-6 persen setiap tahunnya. Maka, kamu perlu memastikan danamu akan berbunga 10 persen tiap tahunnya dalam investasimu. Kamu perlu estimasi yang akurat tentang seberapa banyak dana yang kamu butuhkan kelak ketika pensiun.

#4 Setelah perencanaan, tentukan timeline

Memulai sedini mungkin adalah saran yang dianjurkan terkait mempersiapkan dana pensiun. Berapa lama nominal yang kamu targetkan akan terkumpul? Apakah kamu akan menabung selama 20-30 tahun untuk dana pensiun tersebut? Dan berapa banyak dana bulanan yang perlu kamu sisihkan?

Bikinlah timeline-nya dan pastikan kamu menepatinya. Jika memungkinkan, buat juga beberapa skenario untuk timeline itu. Semisal, jika saat ini kamu masih lajang, bikinlah pula skenario tabungan dana pensiun ketika nanti kamu sudah menikah, atau bahkan memiliki anak.

#5 Mempersiapkan dana pensiun dengan bantuan lembaga dana pensiun

Selain mengelola danamu secara mandiri, kamu juga bisa mempelajari beberapa jenis lembaga dana pensiun yang bisa membantu mengelola danamu.

Cara mempersiapkan dana pensiun lewat lembaga begini tentu bisa membantumu yang sulit untuk bikin perencanaan teratur.

Ada beberapa kontribusi iuran pensiun yang bisa kamu pelajari, di antaranya program dana pensiun manfaat pasti, dana pensiun iuran pasti, dana pensiun lembaga keuangan, dst.

Pastikan masa tuamu aman dan bahagia dengan mencentang checklist di atas, ya. Mempersiapkan dana pensiun bukan hal rumit jika dilakukan dengan perhitungan yang pas.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: The Balance, SmartAsset, SikapiUangmu, Investopedia

Simak juga:

Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Terdampak Wabah Corona, IHSG Masih Terkapar, Saham Blue Chip Pun Anjlok

Borong Saham “Diskon” Saat Pandemi COVID-19, Strategi Cuan Jangka Panjang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img