Currently set to Index
Currently set to Follow

Anti Bangkrut! Simak Cara Jaga Kondisi Keuangan Setelah Kena PHK dan Menganggur!

Kamu diberhentikan dari pekerjaan secara tiba-tiba tanpa peringatan? Hal pertama yang kamu pikirkan tentu bagaimana cara mengatur keuangan di kala dirimu berstatus sebagai pengangguran.

Berhenti dari pekerjaan memang bak sebuah mimpi buruk. Kita pasti jadi berpikiran aneh-aneh seperti “apakah saya akan memperoleh pekerjaan baru?” atau “Bagaimana cara mengatur keuangan di situasi jobless seperti ini?”

Rachel Ritlop dalam sebuah tulisan di The Confused Millennial mengungkapkan bahwa kehilangan pekerjaan bukanlah akhir dari dunia. Selama kita tahu cara mengatur keuangan, kita akan baik-baik saja.

Lebih lanjut Rachel menganjurkan kita harus berpikiran optimistis bahwa kita akan pulih dari kondisi ini, hidup mungkin terlihat tidak sama, tetapi kita  akan terus melangkah maju.

Tampaknya ini sulit dilakukan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Namun, bangkit dari keterpurukan akibat kehilangan pekerjaan adalah sesuatu yang tidak mustahil dilakukan.

Baca juga: Penat di Kantor? Coba 7 Tips Ini yang Bisa Dongkrak Motivasi Kerjamu!

Anti Bangkrut! Simak Cara Jaga Kondisi Keuangan Setelah Kena PHK dan Menganggur!, Pluang

Cara Mengatur Keuangan di Tengah Kondisi Tak Punya Pekerjaan

Jika kamu masih memiliki pekerjaan tetapi khawatir dengan kemungkinan PHK dalam waktu dekat, ada beberapa strategi atau cara mengatur keuangan yang dapat kamu lakukan sekarang untuk lebih mempersiapkan keuanganmu jika kamu kehilangan pekerjaan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengalihkan tabungan pensiun menjadi dana darurat.

Mengingat tahun 2020 dan 2021 adalah tahun yang sulit sehingga banyak muncul pengangguran, kita disarankan untuk menyimpan gaji dan menjadikannya dana darurat dengan nilai setidaknya setara dengan sembilan kali pengeluaran bulanan.

Pokoknya, dana yang tadinya dicanangkan untuk pensiun mau tidak mau harus kamu alihkan menjadi dana darurat yang dapat digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara mengatur keuangan berikutnya adalah mengurangi pengeluaran. Jangan menunggu dipecat untuk mulai mengurangi pengeluaran kamu dan meninjau ulang anggaranmu.

Lihat dengan teliti pengeluaranmu dan putuskan di bagian mana kamu bisa menguranginya. Mungkin kamu bisa menghentikan langganan streaming services untuk sementara waktu sebagai contohnya?

Dalam rangka mengurangi pengeluaran, mungkin kamu bisa memulai memasak makanan di rumah saja alih-alih makan di luar?

Baca juga: Karena Pandemi, Miliarder Terkaya di Dunia Merugi Hingga USD 408 M

Cara Bangkit Kembali Secara Finansial Setelah Diberhentikan dari Pekerjaan

Setelah bisa mengatur pengeluaran, langkah selanjutnya adalah segera mencari pekerjaan baru. Kamu bisa memulainya dengan menghubungi relasi-relasimu, atau rajin-rajin menelusuri halaman LinkedIn, atau cara lainnya.

Idealnya, ketika kamu pertama kali dipekerjakan, kamu menegosiasikan paket pesangon. Namun, jika kamu tidak melakukannya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membuat rencana tentang apa yang akan kamu minta jika diberhentikan.

#1 Cara Mengatur Keuangan dengan Mencari Bantuan Instan

Saat kamu kehilangan pekerjaan, kamu bisa merasa malu karena dipecat. Namun, patut disadari bahwa sekarang bukan waktunya untuk berpura-pura baik-baik saja ketika kamu benar-benar berjuang.

Sebaliknya, mintalah bantuan kepada orang lain atau pihak tertentu. Dengan mencari bantuan, kamu akan lebih cepat bangkit dari keterpurukan akibat di-PHK.

#2 Kurangi Pengeluaran dan Tinjau Kembali Anggaranmu

Jika kamu sudah rajin berhemat sehari-hari, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk menguranginya lebih banyak lagi.

Cara mengatur keuangan setelah kehilangan pekerjaan bisa dilakukan dengan mengurangi lagi pengeluaranmu sebanyak mungkin. Pangkaslah apapun yang dirasa tidak perlu.

#3 Cara Mengatur Keuangan dengan Menganalisis Situasi Keuanganmu

Kamu perlu melihat apa saja pengeluaranmu yang menggunakan pembayaran otomatis dan lihatlah apakah ada yang perlu dijeda untuk sementara waktu.

Dapatkan gambaran yang jelas tentang seberapa banyak uang yang ada di dana darurat kamu, berapa anggaran mingguanmu, dan berapa lama kamu dapat dengan nyaman hidup sebelum berutang.

#4 Beri Dirimu Batasan

Kamu mungkin perlu waktu untuk menenangkan diri setelah kamu diberhentikan dari pekerjaan. Itu sesuatu yang sangat normal.

Namun, kamu harus memberi batasan pada dirimu. Sampai kapan kamu akan bersedih karena dipecat, dan kapan kamu harus segera bergerak maju ke depan lagi. Jangan sampai dengan dalih menenangkan diri, kemudian kamu malah berlarut-larut dalam kesedihan yang tak kunjung usai.

Beri batasan dirimu, kemudian mulailah bergerak lagi, mempelajari lagi cara mengatur keuangan.

#5 Siapkan Dirimu untuk Sukses Dalam Pencarian Kerja

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbarui profil LinkedIn kamu. Sudah saatnya kamu mulai menghubungi kenalan atau relasimu untuk menanyakan adanya kesempatan kerja.

Hanya karena kamu kehilangan pekerjaan hari ini dan “mungkin” mengalami masa-masa keuangan yang sulit, tidak berarti ini selamanya. Pekerjaan baru akan datang, keuangan kamu dapat pulih dengan menerapkan cara mengatur keuangan dan pergerakan uang yang cerdas, dan kamu akan terus maju.

Kita semua pernah mengalami kesulitan, itu pilihan kita dalam menanggapi mereka. Kita bisa membiarkan mereka mendefinisikan kita, atau mendefinisikan mereka.

Baca juga: Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Confused Millennial

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img