Currently set to Index
Currently set to Follow

OKB Wajib Baca, Ini Lho Cara Mengelola Uang Kaget Agar Tak Gampang Tekor!

Semua orang pasti ingin mendapat uang kaget. Siapa sih, yang tak mau mendapatkan rezeki nomplok secara dadakan? Apalagi, kalau kita lagi ada kebutuhan yang banyak. Hanya saja, “durian runtuh” itu akan percuma kalau kita tidak tahu cara mengelola uang kaget yang benar.

Contohnya baru saja terjadi di Tuban, Jawa Timur. Pada awal tahun ini, jagat media sosial dikejutkan dengan video mengenai rombongan petani yang berbondong-bondong memborong mobil dari diler. Aksi itu dilakukan setelah mereka mendapatkan miliaran rupiah dari PT Pertamina (Persero) sebagai kompensasi pembebasan lahan untuk proyek kilang New Grass Root Refinery (NGRR).

Namun, selang sebulan kemudian, uang yang tadinya berjumlah miliar langsung menyusut menjadi puluhan juta saja. Salah satunya dialami seorang petani, yang mengaku nilai uangnya amblas dari Rp17 miliar menjadi Rp50 juta saja.

Memang, mendapatkan rezeki dadakan bisa bikin kamu kalap begitu saja. Dalam konteks ini, mereka yang menerima segepok uang kaget kerap terjebak dalam situasi yang bernama sudden wealth syndrome.

Sindrom ini menggambarkan tindakan gegabahmu dalam melakukan belanja selepas ketiban uang bejibun. Ujung-ujungnya, bukannya menerima untung, kamu malah semakin tekor. Dengan kata lain, uang kaget yang didapat ternyata hanya memberikan dampak yang “kagetan” pula. Alias, dampaknya hanya sementara.

Dampak dari sudden wealth syndrome juga tidak main-main, lho, Sobat Cuan. Sebab, kondisi tersebut bisa menyebabkan kamu stress seiring sulitnya kamu beradaptasi dalam menyesuaikan gaya hidup yang baru. Alhasil, hubungan kamu dengan orang-orang sekitarmu juga bisa renggang.

Berkaca dari peristiwa tersebut, tentu kamu harus tahu cara mengelola uang kaget sehingga dampaknya bisa dirasakan seumur hidup. Ya, hitung-hitung sebagai bekal kalau kamu juga nantinya mendapatkan berkah yang tak diduga-duga.

Baca juga: Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

OKB Wajib Baca, Ini Lho Cara Mengelola Uang Kaget Agar Tak Gampang Tekor!, Pluang

Mengelola Uang Kaget: Cara Mengelola Emosi Setelah Mendapat Rezeki Nomplok

Biasanya, sudden wealth syndrome dipicu oleh salah satu “letupan” yang terdapat di sisi psikologis kita. Sehingga, ada baiknya kita mengenal pangkal emosi tersebut satu per satu.

  1. Syok. Mereka yang menjadi Orang Kaya Baru (OKB) kadang tidak mempercayai bahwa uang yang mereka dapatkan adalah benar-benar uang mereka. Perasaan itu pun bikin mereka seolah-olah berada di atas awan.
  2. Perasaan bersalah. Namun, ada kalanya mereka merasa tidak pantas menerima uang segepok tersebut. Akhirnya mereka merasa kesepian dan kesal.
  3. Merasa hidup tidak pasti. Karena mereka baru memegang uang dalam jumlah banyak untuk pertama kalinya, maka mereka merasa tak punya prioritas tak pasti dengan uang tersebut. Alhasil, segala keputusan kecil mengenai pembelanjaan uang kaget itu seolah-olah terkesan sembrono.
  4. Cemas. Biasanya, mereka juga takut kalau kekayaan “dadakan” yang mereka miliki suatu saat juga bisa “menghilang” dengan sendirinya.

Nah, jadi bagaimana tepatnya kita bisa mengontrol perasaan setelah ketiban uang yang banyak? Cara yang paling tepat adalah dengan meluangkan waktu tanpa melakukan keputusan apapun mengenai apa yang akan kamu lakukan dengan uang kaget itu. Dengan hal tersebut, kamu tidak akan kewalahan dalam “mencerna” perasaanmu setelah mendapat uang tersebut.

Selain itu, dengan menghabiskan waktu “tanpa ngapa-ngapain”, kamu juga bisa meredakan kecemasan bahwa kamu merasa berhak mendapatkan uang tersebut. Namun, kalau kamu masih merasa kewalahan dengan seluruh perasaan yang ada di dalam diri kamu, ada baiknya kamu berkonsultasi ke psikolog.

Baca juga: Mau Buka Usaha Kecil, Berapa Sih Modalnya?

Cara Mengelola Uang Kaget

Nah, setelah berhasil mengelola perasaanmu, kamu bisa langsung bertindak untuk mengelola uang kagetmu. Bagaimana caranya?

1. Hitung Uangmu

Kamu harus menyediakan cukup waktu untuk menghitung uang bagi dirimu sendiri. Kalau perlu, kamu duduk bareng dengan pasanganmu, orang tua, atau siapa pun yang kamu percaya dan bisa membantumu menghitung uang tersebut.

2. Kembangkan Rencana Keuanganmu Secara Komprehensif

Setelah itu, kamu bisa menentukan rencana keuanganmu dengan menggunakan uang tersebut. Memang, tidak ada pakem yang mutlak terkait perencanaan keuangan. Namun, kamu perlu menyoroti kebutuhan utamamu sebagai landasan utama perencanaan keuanganmu.

Dalam merencanakan keuangan, kamu harus bisa merincikan seluruh pengeluaran yang akan kamu gelontorkan. Kalau pun kamu mau membelanjakan uangmu dalam jumlah banyak, kamu harus bisa menentukan urgensi pengeluaranmu tersebut. Apakah belanja tersebut berguna bagimu di masa depan? Atau, apakah pengeluaran itu bisa menghasilkan imbal hasil buatmu?

Kalau kamu tak bisa menentukan perencanaan keuanganmu, tidak ada salahnya, kok, kamu menggunakan jasa perencana keuangan. Kan, ceritanya kamu lagi punya uang banyak.

3. Hati-Hati dengan Bisikan Teman dan Keluarga

Ibarat peribahasa, “ada gula, ada semut”, status kamu sebagai OKB mungkin akan bikin teman-temanmu dan keluarga jauhmu mendadak lengket denganmu.

Tentu saja, intensi mereka adalah untuk menikmati harta barumu. Nah, kalau kamu tidak kuat iman, bisa-bisa mereka malah melorotin kamu. Untuk itu, ada baiknya kamu jaga lingkaran pertemananmu dan menjaga jarak dengan mereka-mereka yang selama ini “kemana aja“.

4. Investasi

Ini adalah faktor yang paling penting: Berinvestasi menggunakan uang kaget. Hal ini tentu bermanfaat bagimu, karena kamu berkesempatan untuk menambah kekayaan di masa depan. Bahkan, kalau investasimu cuan banget, kamu tak perlu lagi deh, bekerja banting tulang.

Nah, kalau kamu mau mulai investasi menggunakan uang kaget, kamu bisa melakukannya di Pluang. Tak hanya aman, namun kamu juga bisa melakukan diversifikasi aset dengan mudah di emas, S&P 500, dan aset kripto hanya dalam satu aplikasi.

Baca juga: Jangan Sampai Puasa di Tanggal Tua, Ini 6 Cara Hemat Buat Anak Kos

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Money Crashers, Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img