Currently set to Index
Currently set to Follow

Sobat Cuan, Begini Lho Cara Mudah Hitung Kekayaan Bersih yang Kamu Miliki!

Sobat Cuan pasti ada yang merasa bahwa penghasilannya saat ini terbilang tidak memadai. Di sisi lain, pasti juga ada sebagian Sobat Cuan lainnya yang merasa senang bisa punya penghasilan tinggi. Namun, apapun penghasilan Sobat Cuan, yang terpenting bagimu adalah mampu menghasilkan kekayaan bersih alias net worth yang mumpuni.

Lantas, apa pentingnya net worth? Dan bagaimana cara menghitung net worth yang tepat?

Memahami konsep net worth cukup mudah, Sobat Cuan. Ini merupakan patokan untuk mengukur apakah jumlah aset yang kamu miliki lebih besar dari jumlah liability (utang) yang harus dibayar.

Aset yang dimaksud di sini adalah uang tunai, investasi, rekening bank, dana pensiun, rumah atau properti, dan barang pribadi seperti mobil atau perhiasan. Sedangkan liabilitas meliputi pinjaman bank, utang kartu kredit, utang pajak, dan utang lainnya.

Jika asetmu melebihi jumlah utangmu, maka kamu memiliki kekayaan bersih yang positif. Sebaliknya, jika kamu memiliki utang lebih dari jumlah asetmu, kamu memiliki kekayaan bersih negatif.

Manfaat Mengetahui dan Menghitung Kekayaan Bersih

Sobat Cuan pasti sering mendengar kisah-kisah di mana seseorang yang bergaji fantastis tiba-tiba harus terpuruk lantaran terlilit utang. Namun di sisi lain, terdapat pula kisah di mana ada orang yang bisa  bahagia dan tetap punya harta meski gajinya pas-pasan.

Nah, kisah di atas mencerminkan pentingnya mengetahui konsep net worth bagi perencanaan keuanganmu. Yakni, memperbaiki kualitas penghasilanmu dan bisa membawamu menuju masa depan yang lebih aman dan nyaman.

Terlepas dari situasi keuangan dan besaran penghasilanmu, menghitung kekayaan bersih dapat membantu mengevaluasi kesehatan keuanganmu saat ini dan merencanakannya untuk masa depan. Sehingga, kamu dapat menjawab “ya” atau “tidak” dengan cepat dalam mengambil keputusan finansial, baik itu perkara belanja, menabung, atau investasi.

Selain itu, kamu pun bisa dengan mudah merencanakan strategi keuangan demi mencapai tujuan keuanganmu yang paripurna. Tak terkecuali menetapkan prioritas-prioritas finansial yang perlu kamu penuhi segera.

Misalkan, kamu berencana ingin membayar uang muka rumah dalam tiga tahun lagi, sehingga kamu perlu menabung rutin dalam jumlah besar per bulan. Namun, di saat yang sama, kamu juga masih punya tunggakan utang kartu kredit yang besar.

Berkaca dari contoh di atas, manakah hal yang perlu kamu penuhi segera? Betul, yakni membayar utangmu sesegera mungkin. Beberapa contoh cara bayar utang yang tepat bisa kamu baca di artikel ini.

Memang, mengumpulkan kekayaan bersih bukan perkara mudah. Namun, kamu perlu ingat bahwa nilai kekayaan bukanlah hal semata wayang yang dijadikan patokan. Melainkan juga tren pertumbuhan kekayaanmu antar waktu.

Hanya saja, kamu mungkin masih bingung dalam menghitung kekayaan bersih yang kamu miliki. Untuk itu, kamu bisa menghitungnya dengan mengikuti langkah di bawah ini.

Baca juga: Home Sweet Home: 7 Cara Miliki Rumah Minimalis Modern Idamanmu

Sobat Cuan, Begini Lho Cara Mudah Hitung Kekayaan Bersih yang Kamu Miliki!, Pluang

Cara Menghitung Kekayaan Bersih (Net Worth)

Sobat Cuan, menghitung kekayaan bersih bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu meluangkan sedikit waktu, coretan di kertas atau spreadsheet, dan tentunya kalkulator.

1. Buat Daftar Aset yang Kamu Miliki

Daftar ini berisi saldo rekening tabunganmu saat ini, tabungan pensiun, obligasi, kepemilikan saham, rumah, tanah, mobil, dan lain-lain.

Beberapa aset ini memiliki nilai yang sangat spesifik dan jelas (seperti laporan bank), sehingga memudahkanmu untuk menghitungnya. Namun, untuk aset yang tidak memiliki nilai spesifik seperti mobil dan rumah, solusinya adalah dengan membuat perkiraan harga.

Jika kamu kesulitan memperkirakannya, kamu bisa menggunakan bantuan pihak yang memiliki kemampuan untuk menilai suatu aset.

Kemudian, buat daftar yang bertuliskan “ASET” di bagian atas. Di bawahnya, di sebelah kiri, daftarkan semua nama asetmu, lalu di sebelah kanan, tuliskan nilai aset dalam mata uang, sehingga titik desimal dari semua aset sejajar.

Hal ini membuatmu lebih mudah untuk menghitung dan lebih rapi. Tentu saja, kamu bisa menggunakan spreadsheet agar lebih mudah.

Setelah semuanya terdaftar, tulis “TOTAL” di sebelah kiri, lalu jumlahkan angkanya. Daftar total nilai asetmu sudah selesai.

2. Buat Daftar Utang yang Harus Dibayar

Sekarang, daftarkan semua saldo kartu kredit, pinjaman pribadi, kredit mobil, cicilan rumah, dan sebagainya. Seperti pada daftar aset, buatlah judul “UTANG”. Tuliskan setiap utang di bawah sebelah kiri dan nilai utang di sebelah kanan, dengan desimal berbaris untuk memudahkan penghitungan.

Setelah menuliskan semua utang, tulis “TOTAL” di bagian kiri, lalu jumlahkan semua daftar utang. Jumlah total semua utang yang kamu miliki sudah tercatat.

3. Menghitung Kekayaan Bersih: Kurangi Kedua Daftar Aset dan Utang 

Terakhir, kurangi total utang dari total aset yang akan kamu hitung. Angka yang dihasilkan adalah kekayaan bersihmu.

Contoh Menghitung Kekayaan Bersih

Sinta berusia 36 tahun dan berprofesi sebagai karyawan swasta. Saat ini, ia memiliki rumah senilai Rp250 juta, dan memiliki utang Rp110 juta. Mobil dengan harga sekitar Rp120 juta sudah terbayar lunas. Sinta juga memiliki tabungan bank sebesar Rp50 juta. Investasi senilai Rp5 juta, dan utang KTA senilai Rp10 juta.

Dari keterangan di atas, maka kondisi keuangan Sinta sekarang adalah:

ASET:

      • Rumah: Rp 250.000.000
      • Mobil: Rp120.000.000
      • Tabungan: Rp50.000.000
      • Investasi: Rp 5.000.000

TOTAL: Rp425.000.000

UTANG:

      • Hipotek: Rp 100.000.000
      • KTA: Rp 10.000.000

TOTAL: Rp 110.000.000

Total kekayaan bersih Sinta adalah Rp425.000.000 – Rp110.000.000 = Rp315.000.000

Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa Sinta dalam keadaan sehat secara finansial. Hal ini dikarenakan total aset yang dimilikinya lebih besar daripada utang yang harus dibayar, sehingga kekayaan bersihnya positif.

Nah, salah satu cara agar kekayaan bersihmu berada di zona positif adalah investasi. Dalam hal ini, Pluang bisa menjadi solusi investasimu dengan mudah!

Di Pluang, kamu bisa berinvestasi di beragam aset seperti emas digital, Bitcoin, Ethereum, S&P 500 hanya dalam satu aplikasi saja dan mulai dari Rp10.000 saja. Yuk, segera investasi di Pluang!

Baca juga: Apa Itu Pendapatan Bersih?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang.

Sumber: Investopedia, TheSimpleDollar

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img