Currently set to Index
Currently set to Follow

Pilih-Pilih Kartu Kredit, Mending VISA atau Mastercard?

Sebagai pengguna kartu ATM dan kredit , kamu pasti sudah sering lihat logo Visa dan Mastercard. Tapi, kamu tahu tidak perbedaan Visa dan Mastercard? Apa Visa berbeda dengan Mastercard? Atau justru keduanya memiliki kesamaan? Bagaimana dengan nomor kartu kredit dan ATM yang diterbitkan keduanya?

Kedua label ini tentu sudah lazim di kalangan pengguna kartu kredit juga. Logo ini umumnya tertera di sebelah kanan bawah kartu. Visa dan Mastercard adalah provider yang memungkinkan bank untuk menerbitkan nomor kartu kredit.

Provider ini memungkinkan kartu berlaku di berbagai merchant berlogo VISA atau Mastercard. Keduanya memberikan fasilitas dan kemudahan yang sama, yakni bisa digunakan di mana pun dan kapan pun.

Tapi, jika kamu mengalami kebingungan mau memilih Visa vs Mastercard ketika membuat kartu kredit, berikut ini perbedaan Visa dan Mastercard yang perlu kamu tahu.

Dengan bekal informasi ini, kamu bisa, deh, menjawab pertanyaan “Ingin kartu kredit Visa atau Mastercard?” dengan lebih tangkas.

Baca juga: Lebih Mudah Secara Online, Begini Lho Cara Mengajukan Kartu Kredit

1. Visa dan Mastercard adalah Perusahaan Provider Berbeda

Visa merupakan produk dari Visa International Service Association (VISA .INC) yang bermarkas di Kota Foster, California, AS. Perusahaan ini bergerak di urusan finansial sejak 1955.

Sementara itu, Mastercard adalah produk dari MasterCard Worldwide. Perusahaan ini berdiri pada 1966 dan berlokasi di Purchase, New York, AS. Sejak saat itu, Mastercard telah menjadi saingan terbesar VISA.

Terlepas dari perbedaan Visa dan Mastercard, keduanya diakui sebagai provider kartu dan nomor kartu kredit unggul di dunia.

2. Perbedaan Visa dan Mastercard soal Popularitas dan Jangkauan

Seperti yang kamu ketahui, kartu kredit VISA dan Mastercard berlaku di merchant yang bekerja sama dengan provider mereka.

Jika toko tertentu bekerja sama dengan VISA, maka kartu kredit yang dapat kamu gunakan bertransaksi di sana adalah kartu kredit VISA dan kartu kredit Mastercard tidak dapat digunakan.

Secara umum, kartu kredit VISA lebih populer di negara-negara Asia, sementara Mastercard banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa.

Baca juga: Mau Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha? Simak Dulu Untung-Ruginya di Sini!

Pilih-Pilih Kartu Kredit, Mending VISA atau Mastercard?, Pluang

3. Perbedaan VISA dan Mastercard – Varian Kartu Kreditnya

Beberapa jenis kartu kredit ditawarkan oleh kedua provider ini. Namun, sebagai peganganmu saja, pada dasarnya ada 3 jenis kartu kredit yang sama baik di VISA maupun di Mastercard.

Ketiga kartu itu ialah Classic, Gold, dan Platinum. Di luar itu, ada pula perbedaan Visa dan Mastercard dalam urusan varian kartu. Berikut ini jenis lainnya selain tiga kartu itu:

Kartu kredit VISA

visa infinite
Sumber: PAYSPACE MAGAZINE

  • VISA Signature: jenis kartu kredit ini tergolong eksklusif. Orang dengan kartu ini tidak bisa sembarangan, umumnya pengusaha atau profesional yang sudah ternama atau terkemuka. Untuk memiliki kartu ini, pihak bank akan menilai kelayakan harta yang dimiliki, seperti deposito, investasi, rekening koran, dan rekening tabungan. Keuntungan memiliki kartu ini adalah limitnya yang mulai dari 100 jutaan rupiah hingga tak terhingga. Fasilitas yang ditawarkan seperti Airport Lounge, travel assist, keanggotaan klub golf, perjalanan spesial, dst.
  • VISA Infinite: sementara itu, kartu kredit satu ini tidak ditawarkan kepada umum. Pemiliknya terbatas bagi mereka dengan aset di atas 100 ribu USD atau Rp1 M dalam bentuk tunai. Pemiliknya khusus bagi nasabah premium, dengan rekening, deposito, atau investasi dari bank penerbit kartu. Limit kartu kredit dari 50 juta rupiah hingga tak terbatas. Fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan VISA Signature, kelebihannya, pemegang kartu kredit ini punya akses langsung menyewa jet pribadi.

Cek lagi perbedaan VISA dan Mastercard lewat jenis kartu kredit Mastercard berikut:

Kartu Kredit Mastercard

Wordl Elite Mastercard
Sumber: MASTERCARD

  • World Mastercard: Kartu kredit ini setara dengan kartu VISA Infinite. Penggunaannya hingga 75 juta dalam setahun. Standar yang diterapkan pun sama dengan pemegang VISA Infinite. Kelebihannya, kartu ini dapat diterima 2 kali lipat lebih banyak di berbagai negara. Ini akan membantumu melakukan reservasi untuk banyak layanan.
  • World Elite Mastercard: ini adalah jenis tertinggi kartu kredit dari Mastercard. Dengan kartu kredit ini, kamu akan memperoleh kemudahan lebih dari semua aspek, baik dalam reservasi hotel berkelas tinggi, airport, restoran mewah, dst. Kartu ini cocok bagi mereka yang suka bepergian dan sama seperti World Mastercard, juga dilindungi fitur Identity Theft Resolution Service.

4. Perlindungan Nasabah

Untuk urusan ini, perbedaan dari VISA dan Mastercard adalah bahwasanya mereka memiliki cara masing-masing dalam rangka melindungi nomor kartu kredit dan debit nasabah.

Saat melakukan transaksi daring, VISA menawarkan pengamanan berupa memasukkan nomor pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA.

Sementara, Mastercard memberikan proteksi kepada nasabah berupa Secure Code. Kode ini merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara daring.

5. Perbedaan VISA dan Mastercard – Biaya Transaksi

Ketika kamu bertransaksi, ada perbedaan biaya tambahan yang dikenakan oleh VISA dan Mastercard.

Biaya tambahan oleh VISA jika bertransaksi di luar negeri sebesar 1% dari total transaksi. Sedangkan, Mastercard menawarkan biaya berbeda, yaitu berkisar 0,2% hingga 1% tergantung dari merchant tempatmu berbelanja.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Cermati

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img