Currently set to Index
Currently set to Follow

Jangan Tunda Lagi! Ini 8 Langkah Mengatur Keuangan yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang!

Apakah kamu sering bermimpi jadi kaya dan tidak memiliki masalah finansial sedikit pun? Kalau jawabannya adalah ya, tentu saja tidak apa-apa. Semua orang berhak berandai-andai menjadi tajir dan tidak usah memutar otak cari cara mengatur keuangan dengan penghasilan pas-pasan.

Hanya saja, ketika berkaca pada kondisimu saat ini, mungkin kamu merasa bahwa mimpimu itu terlalu ketinggian dan sulit dicapai. Apalagi mitosnya, orang baru akan merasa sukses secara finansial dan bisa leluasa mengatur keuangannya jika sudah memiliki penghasilan yang besar setiap bulannya.

Namun, jangan batasi dirimu, Sobat Cuan! Sebab nyatanya, kamu bisa memulai untuk mewujudkan mimpimu tersebut sekarang juga. Ya, saat ini juga! Yang kamu perlu lakukan adalah lakukan hal-hal kecil di bawah ini dengan konsisten.

Lantas, apa saja cara-cara yang dimaksud?

Jangan Tunda Lagi! Ini 8 Langkah Mengatur Keuangan yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang!, Pluang

Baca juga: Mulai Investasi dengan Risiko Kecil, Sudah Coba 5 Jenis Investasi Ini Belum?

Jangan Tunda-Tunda Lagi! Yuk, Ikuti Cara Atur Keuangan yang Mudah Ini

1. Jangan Remehkan Pembelanjaan yang Kecil

Sudah sewajarnya kalau kebanyakan dari kita selalu berhati-hati dalam mengeluarkan uang berjumlah besar, entah itu untuk belanja atau pun berinvestasi. Hanya saja, kadang kita juga ceroboh untuk tidak memperhatikan nilai-nilai pengeluaran yang terbilang kecil.

Kondisi tersebut tentu tidak boleh luput dari perhatian kamu. Sebab, jika kamu terus remehkan pengeluaran kecil, maka kondisi finansial kamu akan perlahan sekarat. Ibarat kata pepatah, “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Belanja dalam jumlah sedikit, namun kalau dilakukan sering-sering, hanya akan menjadi duri dalam daging.

Maka dari itu, kamu jangan pernah remehkan pengeluaranmu meski hanya Rp1. Bukan bermaksud untuk mengajak kamu jadi orang pelit, namun melakukan hal tersebut akan membantu kamu “sadar” tentang cara mengatur keuangan sejak dini.

2. Cara Mengatur Keuangan dengan Fokus ke Masa Depan

Mengeluarkan uang untuk belanja demi memuaskan hawa nafsu memang sangat mudah. Tapi, kamu juga perlu ingat bahwa kamu juga bisa melarat jika terus menuruti kemauan kamu. Bahkan, bukan tidak mungkin nantinya kamu malah tidak punya tabungan dan dana darurat.

Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk belanja hal-hal yang dirasa tidak penting, kamu perlu mengingat kembali tujuan finansialmu di masa depan.

Selain itu, demi meredam nafsu belanjamu, kamu juga bisa membandingkan rencana pengeluaran itu dengan rencana belanja lain yang bernilai sama, namun lebih esensial bagi hidupmu di masa depan.

Sebagai contoh, saat ini kamu mungkin sedang kepengen membeli tas tangan yang sedang ngetren seharga Rp10 juta. Nah, untuk menyusutkan niat belanjamu, kamu bisa membandingkan rencana belanja itu dengan hal lain yang bernilai sama, misalnya “Lebih baik belanja tas Rp10 juta atau bayar sewa kos-kosan empat bulan sebesar Rp10 juta?” dan semacamnya.

3. Hindari Berbelanja Jika Hanya untuk Pujian

Ingin mendapatkan pujian adalah naluri setiap manusia, akan tetapi jika sudah berlebihan maka itu bukanlah keputusan yang baik. Demikian juga ketika membelanjakan uang kita, jangan sampai itu ditujukan untuk gengsi belaka. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar kamu perlukan.

4. Cara Mengatur Keuangan dengan Mencatat Belanja

Kita sering mendengar istilah put things in black and white. Ini merupakan pembelajaran yang berharga jika dihubungkan dengan hal keuangan. Kita harus mengerti tentang the inflows and the outflows, atau pemasukan dan pengeluaran. Orang kaya selalu memiliki catatan dari mana uang mereka datang, dan ke mana uang mereka akan pergi nantinya.

5. Bekerja Keras

Kamu mungkin beranggapan bahwa orang-orang yang hidupnya terlihat nyaman adalah mereka yang memang sudah tajir dari lahir. Nah, jangan salah persepsi, Sobat Cuan! Nyatanya, sebagian dari mereka berada di posisi saat ini karena mereka juga bekerja keras.

Maka dari itu, kamu harus tetap semangat dalam bekerja. Percayalah bahwa usaha kamu akan mendatangkan hasil yang positif. Dan jangan lupa untuk mengambil kesempatan apa pun demi menambah penghasilan.

Baca juga: Tidak Kunjung Kaya? Ini 10 Alasan yang Menghambatmu Jadi Orang Kaya

6. Investasi dengan Jumlah Berapa Pun Sejak Dini

Kita kadang kala mengabaikan sesuatu yang jumlahnya kecil. Namun terkadang, sesuatu yang kecil itu justru dapat berlipat ganda menjadi jumlah besar. Hal ini juga berlaku di dalam investasi.

Tidak apa-apa kalau kamu hanya berinvestasi sebesar Rp100 ribu atau bahkan hanya Rp50 ribu per bulan, asalkan kamu selalu konsisten. Siapa tahu, lembaran Rp50 ribu yang kamu investasikan akan berbuah manis di masa depan.

7. Hasilkan Rupiah dengan Singkirkan Barang yang Tak Perlu 

Cara mengatur keuangan lain yang bisa kamu lakukan sekarang adalah dengan menyortir barang yang kamu miliki saat ini. Pilah-pilah saja barang yang masih berguna bagi kamu dan mana saja yang bersifat sebaliknya. Setelahnya, kamu bisa menjual barang-barang yang “kurang penting” itu untuk mendulang rupiah dan menggunakan uang itu untuk menabung atau belanja yang mendesak.

8. Cara Mengatur Keuangan Paling Penting: Berhemat!

Terakhir, inilah yang terkadang kita remehkan akan tetapi sangat manjur dalam membantu kondisi keuangan kita.

Baca juga: Mulailah Sedini Mungkin, 6 Panduan Cara Jadi Kaya Ini Akan Berarti Besar

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Berbagai Sumber

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img