Currently set to Index
Currently set to Follow

Anti Panic Buying Saat Pandemi! Yuk, Simak 8 Tips Hemat Belanja di Sini!

Overspending di supermarket saat pandemi memang sulit dihindarkan. Kepanikan terkait kebijakan pembatasan sosial dan wacana lockdown kadang bikin kita gelap mata saat berbelanja kebutuhan. Di kala seperti ini, tips-tips hemat yang diamalkan sebelum pandemi rasanya menguap begitu saja.

Salah satu contohnya pun viral di jagat maya. Sebuah video baru di tiktok yang diunggah pasangan suami istri Davi dan Vira di Gresik jadi buat bibir warganet. Bagaimana tidak, keduanya menghabiskan Rp113 juta salam satu kunjungan ke supermarket lokal!

Akun bernama @tokotimurtengah itupun viral dan ditonton lebih dari 3 juta kali lantaran fantastisnya biaya belanja bulanan sepasang suami istri tersebut. Menurut Davi, meski baru-baru ini saja viral, video tersebut diambil tahun lalu waktu pandemi COVID 19  baru terkonfirmasi di Indonesia.

@tokotimurtengah##fyp ##foryoupage ##fypシ ##belanjabulanancheck ##belanja♬ Panik ngga – Ragil

Sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, banyak orang melakukan panic buying kebutuhan sehari-hari lantaran khawatir tertular jika sering berbelanja. Mereka menghabiskan uang dalam jumlah besar dan cenderung membeli barang dalam jumlah banyak tanpa perencanaan yang matang.

Mempersiapkan diri untuk situasi krisis sih lumrah saja ya, Sobat Cuan. Tapi, momen-momen seperti ini justru berbahaya!

Saat kondisi terdesak, kita cenderung menganggap semua barang adalah kebutuhan penting. Alhasil, kita berujung membeli barang-barang yang tak seharusnya kita beli.

Sebenarnya, ada lho cara ampuh dan tips hemat biar anggaran belanja kamu tidak tersedot panic buying. Lantas, bagaimana sih biar bajet belanja kamu tidak melonjak saat pandemi?

Tips Hemat Berbelanja Saat Pandemi

Pandemi tentu mengharuskan kamu makan makanan sehat, teratur dan lengkap agar imun kamu bagus. Tapi ingat, survive pandemi saja tidak cukup kalau keuangan kamu tidak ikut terselamatkan.

Coba ikuti tips hemat berikut ini ya supaya badan dan kantong kamu sama-sama sehat di masa yang sulit.

Baca juga: Biar Gaji Jakarta Gak Ambyar, Simak 10 Cara Tekan Biaya Hidup di Jakarta!

Anti Panic Buying Saat Pandemi! Yuk, Simak 8 Tips Hemat Belanja di Sini!, Pluang

1. Rencanakan Belanja dengan Matang

Perencanaan adalah langkah awal hidup yang baik. Kamu harus membuat perencanaan menu selama seminggu, kalau bisa lebih.

Terkadang, pusat perbelanjaan mengiklankan produknya yang sedang diskon. Agar lebih hemat lagi, kamu juga bisa membuat perencanaan menu berdasarkan barang yang sedang diskon.

Buat perencanaan yang efisien, jangan sampai ada makanan yang terbuang ya, Sobat Cuan.

2. Bawa List Belanja

Oke, kamu sudah merencanakan daftar belanjamu sebelum berangkat ke supermarket. Tapi, jangan lupa juga untuk menuliskannya sekaligus membawanya ke tempat belanja!

Alasannya, tentu saja agar kamu tetap sesuai rencana dan tidak lupa dengan daftar belanjaanmu. Kalau kamu tidak membawa list belanja, pasti ujungnya kamu pun mager pulang ke rumah dan memutuskan untuk berbelanja secara babi buta. Jangan begitu ya, Sobat Cuan!

Selain itu, kalau kamu memang mengincar barang-barang diskonan, pastikan cari barang diskon yang memang akan kamu beli dan terdapat di list yang sudah kamu buat.

Jangan sampai lapar mata, tapi juga jangan sampai ada yang terlewat. Survei membuktikan sering je pusat perbelanjaan karena ada barang yang lupa terbeli hanya akan membuat anggaran belanjamu membengkak, loh!

3. Manfaatkan Promo

Kartu kredit atau debit kadang memberikan promo, pun dengan toko tempat kamu berbelanja. Promo biasanya ditukar dengan potongan harga.

Tentu saja ini bermanfaat untuk menekan pengeluaran, apalagi jika kamu berniat untuk belanja dalam jumlah besar agar tidak perlu sering-sering ke pusat perbelanjaan.

Baca juga: Strategi Investasi Reksadana DCA vs Lump Sum: Mana yang Paling Oke?

4. Tips Hemat Berbelanja Produk, Jangan Terkecoh Merek

Produk yang sama kerap diproduksi oleh berbagai merek yang berbeda. Padahal, isi dan kualitasnya sama saja.

Pastikan kamu berfokus pada produknya, bukan mereknya. Kamu akan menghemat pengeluaran dengan tidak membayar lebih banyak pada merek terkenal yang memerlukan biaya marketing tinggi dan packaging lucu.

Selain itu, perhatikan harga per unitnya juga, ya. Terkadang produk dengan packaging yang unik dan dihargai lebih murah menarik perhatianmu. Padahal, harga per liter atau per gramnya jadi lebih mahal.

Artinya kamu malah membayar lebih banyak karena mengira harga tertera sudah murah, kan? Jadi tetap cermat dalam berbelanja, ya!

5. Makan Sehat Lebih Hemat

Tahukah kamu bahwa terkadang kamu makan lebih banyak sebab tubuhmu mencari nutrisi yang belum dipenuhi makananmu?

Jika kamu memakan menu lengkap dan seimbang, porsi makananmu akan banyak berkurang. Jadi, pastikan menu kamu lengkap dan seimbang ya setiap harinya. Bahan-bahan untuk membuatnya pun bisa kamu masukkan ke dalam daftar belanjaanmu.

Selain bisa menekan biaya belanja makanan, menu lengkap dan seimbang akan membuat dana daruratmu aman. Tidak mau kan ke UGD karena salah makan di saat UGD sedang penuh dengan pasien COVID-19 yang butuh penanganan?

Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membawa bekal ke kantor atau saat terpaksa bepergian keluar rumah. Selain agar makananmu tidak terpapar virus, menu yang kamu buat sendiri tentu lebih sehat dan seimbang berdasarkan porsi makanan yang sudah kamu rencanakan, kan? Lebih hemat juga lho buat kantongmu.

6. Beli Produk yang Sedang Musim

Buah dan sayur punya siklus produksi yang sering kali bermusim. Beberapa memang tumbuh sepanjang waktu, tapi produk musiman biasanya jauh lebih murah saat sedang musim.

Jadi, kalau kamu ingin durian di bulan Juni, coba saja bersabar dulu sampai musimnya tiba ya, Sobat Cuan.

Tips hemat lainnya adalah beli produk segar musiman ini saat diskon. Kadang, saking banyaknya suplai, supermarket menemukan produk yang kurang masuk standar kualitas toko secara tampilan. Nutrisi dan rasanya sih tetap baik, jadi tidak ada salahnya kamu beli asal memilih dengan jeli.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mengetahui dan Menentukan Limit Kartu Kredit di Sini!

7. Tips Hemat Saat Tidak Musim, Beli Produk Kaleng dan Makanan Beku

Beberapa produk diawetkan dalam kaleng atau dibekukan untuk mencegahnya terbuang sia-sia. Pengemasan ini lebih hemat dan efisien ketimbang menjaga produk tetap segar berbulan-bulan setelah dipanen.

Kamu bisa membeli produk ini. Biasanya harganya pun jauh lebih murah ketimbang yang segar. Kamu tidak perlu khawatir akan nutrisinya, teknologi pangan pasti sudah memikirkan bagaimana agar nutrisinya tetap terjaga dalam proses pengemasannya.

8. Tanam Sendiri Makananmu

Teknologi hidroponik saat ini sudah maju dan banyak diminati lho, Sobat Cuan. Selain membantu suplai makanan segar, kebun cantik di halaman rumahmu tentu membuat mood kamu jadi baik.

Pasti menyenangkan jika kamu bisa memetik sendiri cabai yang akan kamu jadikan sambal, juga selada untuk salad pagi ini. Berhemat sambil menikmati hidup adalah cara terbaik selamat melalui pandemi, ketimbang harus hoarding ke supermarket menghabiskan tabunganmu.

Selain mengamalkan tips di atas, ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan saat pandemi dan berdiam diri di rumah saja. Ya, kegiatan itu adalah investasi!

Daripada belanja berlebihan, mending kamu sisihkan uangmu untuk berinvestasi emas digital, aset kripto, reksa dana, dan indeks S&P 500 di Pluang! Apalagi, investasi di Pluang bisa dimulai dari Rp10.000 saja, lho. Yuk, investasi sekarang!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Detik, Intuit, Southern Living

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img