Currently set to Index
Currently set to Follow

Tips Keuangan Jitu bagi Penerima Gaji Harian

Buat kamu Sobat Cuan penerima gaji harian, berikut ada tips keuangan yang harus kamu simak agar arus kas tetap lancar!

Tapi sebelum itu, kenapa sih kamu harus mengatur keuangan kamu meski pendapatannya harian?

Menurut Perencana Keuangan Widya Yuliarti, penganggaran keuangan bisa membantu untuk mengetahui kemampuan keuanganmu.

Proses ini menolong kamu untuk mengetahui rencana pengeluaran bulanan dan menentukan target pendapatan harian atau bulanan yang ingin kamu miliki. Sehingga, kamu akan terpacu untuk mendapatkan pendapatan sesuai dengan rencana pengeluaran bulanan kamu.

Memang terkadang terasa sulit untuk mulai menganggarkan keuangan apalagi bagi kamu yang pemilik gaji harian.

Namun, jika tidak dimulai dan dibiasakan dari awal, bukannya untung yang kamu dapatkan di masa depan, melainkan hanya dapat lelah tanpa hasil di kemudian hari.

1. Tentukan apa yang kamu prioritaskan

Tips keuangan pertama adalah kamu perlu menentukan anggaran prioritas dan bisa kamu catat sebagai anggaran bulanan. Di sini, kamu wajib mencatat pengeluaran wajib yang kamu butuhkan, tidak bisa kamu hindari, apalagi kamu kurangi. 

Pikirkan mengenai pemenuhan sandang, pangan, dan papan sehari-hari. Misalnya buat anggaran makan harian atau bulanan, transportasi, tagihan (listrik, air, kuota, pulsa, wifi, dll), asuransi, cicilan utang, nabung atau investasi, hingga donasi. Buat porsi persenan masing-masing yang dianggap paling prioritas bagi kamu.

Pastikan kamu tetap menyesuaikan porsi persenan itu dengan kemampaun dan gaji harian kamu ya, Sobat Cuan!

2. Begitu dapat gaji, langsung pisahkan

Bila kamu selesai melakukan tips keuangan pertama tersebut, selanjutnya kamu perlu memisahkan gaji harian yang telah kamu dapatkan. Nah, waktu yang tepat untuk memulai penganggaran ini adalah setiap kamu mendapatkan pendapatan.

Pisahkan sepersekian gajimu untuk kebutuhan dan keinginanmu. Tap tetap kontrol diri ya, Sobat Cuan. Jangan sampai kamu malah tergiur menggunakan gaji harian untuk hal-hal yang tidak perlu untuk dibeli.

Banner Blog Pluang

3. Utamakan pengeluaran wajib terlebih dahulu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tentu kontrol diri perlu diterapkan. Jika sudah, kamu bisa melangkah ke tips keuangan ketiga: penuhi kebutuhan wajib terlebih dulu.

Jika pengeluaran wajib sudah kamu penuhi, maka kamu boleh berbelanja apa yang kamu inginkan. Namun tetap sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu.

Hindarkan pembelian barang yang membuat kamu boros dan terlalu konsumtif, bahkan hingga rela mengutang.

4. Tulis setiap pengeluaran

Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan dengan detail, termasuk menulis tanggal-tanggal di mana kamu melakukan pengeluaran yang dimaksud.

Dengan melakukan tips keuangan terakhir ini, kamu punya ancang-ancang untuk menyiapkan uang di tanggal sekian untuk pembayaran A, dan tanggal sekian untuk pembayaran B.

Selain mencatat, kamu juga bisa melacak segala transaksi yang pernah kamu lakukan, apakah melebihi gaji harian atau tidak.

Baca juga: Ampuh Cegah Kantong Jebol, Ini Tips Keuangan di Tahun 2021!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: kompas.com

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img