Currently set to Index
Currently set to Follow

Susah Nabung? Yuk, Coba Tips Tidak Belanja di Hari Selasa dan Kamis Ini!

Sejak kecil, kita selalu diajarkan bahwa hemat adalah pangkal kaya. Dahulu, kita sudah dibekali ihawal tips menabung sejak dini, yakni menaruh uang koin di celengan, dan dilengkapi dengan cara menabung yang baik, yaitu mengisi pundi-pundi tersebut setiap hari.

Namun, ketika kita beranjak dewasa, segala tindakan baik itu seolah kian ditinggalkan. Bisa dimaklumi bahwa kebutuhan dan keinginan manusia semakin kompleks seiring pertambahan usia. Hanya saja, hal itu tentu tidak baik bagi kondisi keuangan personal kita.

Kala menabung terasa kian sulit, ternyata masih ada satu trik menabung yang mungkin bisa membantu kita untuk menyimpan uang. Yaitu, menahan belanja di hari-hari tertentu.

Salah satu penulis keuangan Jen Glantz baru-baru ini membagikan pengalamannya di Business Insider tentang bagaimana ia tidak membelanjakan uangnya setiap hari Selasa dan Kamis. Hasilnya, ia bisa menghemat US$300, atau sekitar Rp4,2 juta, setiap bulannya.

Baca juga: Pilih Menabung atau Investasi?

Bagaimana Ia Memulai Tips Menabung Seperti Demikian?

Glantz mengatakan, salah satu resolusi terbesarnya di 2021 adalah berbelanja sesuai anggaran yang ia jalankan per bulan. Hal ini ia lakukan lantaran frustasi tak bisa menabung di setiap bulannya sepanjang 2020.

Akhirnya, pada suatu hari, seorang temannya memberi nasihat ihwal cara menabung yang lebih baik. Yakni, dengan tidak membelanjakan uang setiap hari Senin per bulannya. Tanpa pikir panjang, ia akhirnya mengambil langkah lebih ekstrem, yakni langsung tak mengeluarkan uang pada hari Selasa dan Kamis setiap minggunya.

Ternyata trik itu tak hanya berhasil bikin pengeluaran Glantz sesuai dengan anggarannya, namun juga mendulang tabungan dengan nilai yang lumayan.

Susah Nabung? Yuk, Coba Tips Tidak Belanja di Hari Selasa dan Kamis Ini!, Pluang

Bagaimana Cara Menabung yang Baik Tersebut?

Glantz kemudian membeberkan rahasia agar bisa melaksanakan tips menabung tersebut.

#1 Tulis di Kalender

Glantz mengatakan, ia selalu menaruh pengingat di kalender bahwa ia tidak boleh belanja apa pun di hari Selasa dan Kamis. Pengingat itu ia pasang di kalender ponselnya setiap pagi, sehingga ia punya pola pikir yang kuat untuk berhemat sejak memulai hari. Alhasil, ia berhasil menghindari memesan kopi, memesan makan siang, dan memesan makan malam di dua hari tersebut. Ia juga berhasil menghindari godaan untuk berbelanja online.

Namun, ia juga tak mengelak ihwal kesulitan menjaga konsistensi tips menabung tersebut.

Ia mengaku beberapa kali hampir tergoda untuk membelanjakan uangnya. Namun, konsistensinya kembali kukuh setelah menyembunyikan dompetnya dan memblokir situs belanja daring menggunakan website blocker.

#2 Catat Pengeluaran Setiap Hari

Untuk menahan godaan belanja, Glantz juga kini mencatat pengeluarannya per hari di luar hari Selasa dan Kamis agar belanjanya bisa sesuai dengan rencana anggarannya. Selain itu menurutnya, mencatat pengeluaran juga penting untuk menakar berapa banyak uang yang sudah ia hamburkan setiap harinya.

“Mengeluarkan US$0 dalam dua kali seminggu adalah perasaan yang luar biasa. Sebelum melakukan ini, pengeluaran harian saya rata-rata US$53, namun kini hanya US$41 saja,” tutur dia.

Glantz menambahkan, melaksanakan kebiasaan tersebut lambat laun menghilangkan nafsu belanja dia di hari-hari lainnya. Ia kini bisa melewati godaan untuk membeli camilan atau produk kecantikan setiap melewati convenience store sehari-hari, meski di saat akhir pekan.

“Saya sangat menikmati permainan mental ini,” imbuh dia

#3 Jaga Konsistensi

Glantz sudah melakukan tips menabung tersebut sejak awal Januari hingga Maret. Ia tak pernah lupa memasang pengingat di kalendarnya serta terus mencatat pengeluarannya. Namun, konsistensi tersebut tak akan berjalan dengan baik kalau tak disertai motivasi.

“Saya akan tetap menjalankan cara menabung yang baik setiap pekan sampai tujuan finansial di tahun 2021 ini tercapai,” tutur dia.

Baca juga: Harga Emas Diprediksi Naik Hari Kamis Ditopang Optimisme Stimulus AS

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Business Insider

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img