Currently set to Index
Currently set to Follow

6 Tips Mengatur Keuangan dengan Cerdas untuk Usia 20-an

Tindakan yang kamu lakukan di usia 20-an dapat berdampak signifikan pada masa depan keuanganmu. Berikut ini adalah enam tips mengatur keuangan untuk mempersiapkanmu menuju kesuksesan.

Membuat pilihan keuangan yang cerdas di usia 20-an bagaimanapun dapat membantumu menyiapkan kesuksesan jangka panjang. Ini termasuk membuat rencana untuk melunasi utang kartu kredit, prioritas membangun dana darurat, atau menyiapkan uang muka KPR.

Mengambil kendali atas keuanganmu di usia 20-an peru dilakukan. Bagaimanapun, kamu perlu memahami tips mengatur keuangan sejak dini agar bisa memperoleh hasil yang optimal di masa depan.

Enam tips mengatur keuangan ini diperlukan untuk membantumu mengatur anggaran dan menyiapkan dana darurat. Selanjutnya, ini dapat membantu untuk melunasi utang dan membangun skor kredit yang baik di hadapan perbankan.

Mengatur keuangan juga penting untuk dana tabunganmu di masa pensiun nanti. Dan terutama, menabung sejak dini membantumu mengembangkan kebiasaan finansial yang baik sejak dini.

Baca juga: Begini Tips Mengatur Keuangan Kamu Saat Pandemi!

Tips mengatur keuangan – buat anggaran dan pertahankan

Membuat anggaran adalah langkah keuangan penting yang menjadi tips mengatur keuangan utama. Langkah ini membantu melacak berapa banyak uang yang masuk dan keluar dari rekening bank kamu setiap bulan.

Meski mungkin di awal tampak sulit untuk membuat anggaran, ada banyak aplikasi online yang dapat membantumu. Plus, begitu kamu telah memilikinya, sebagian besar urusanmu selesai, kamu tinggal menyesuaikan diri seiring dengan perubahan kebiasaan belanja dan pendapatanmu.

Setelah membuat anggaran, penting buatmu untuk mematuhinya. Periksa secara teratur tujuan penganggaranmu sehingga kamu tidak menghabiskan lebih dari yang kamu mampu untuk peroleh.

Membangun skor kredit yang baik di hadapan perbankan

Menetapkan skor kredit yang baik adalah kunci untuk memperoleh produk keuangan terbaik, seperti kartu kredit dan pinjaman. Semakin tinggi skor kreditmu, semakin banyak keuntungan keuangan yang dapat kamu peroleh dari perbankan.

Bahkan jika kamu hendak mengangsur KPR nantinya, tips mengatur keuangan untuk menjaga skor kreditmu baik di hadapan perbankan termasuk penting.

Jika kamu memiliki kartu kredit, cara termudah untuk meningkatkan skor kredit adalah dengan menggunakan kartu tersebut secara teratur. Berhati-hatilah dalam membelanjakan dana sesuai kemampuanmu. Pastikan kamu membayar cicilan tepat waktu dan secara penuh.

Tabungan untuk persiapan dana darurat

Salah satu langkah terbaik di usia 20-an adalah membentuk dana darurat untuk menutupi biaya tak terduga yang mungkin timbul, seperti tagihan medis atau perbaikan urusan domestik.

Uang dalam dana darurat membantumu menghindari pinjaman. Saat menyimpan dana darurat, pastikan untuk menyimpan uangmu di rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi. Umumnya, disarankan untuk menyimpan hingga tiga-enam bulan pendapatan sebagai dana darurat.

Tips mengatur keuangan – mulailah menabung untuk masa pensiun

Tidak pernah ada kata terlalu cepat untuk mulai menabung untuk masa pensiun. Semakin awal kamu mulai menanamkan uang untuk masa depanmu, semakin besar danamu akan bertumbuh. Ketika kamu mendapatkan pekerjaan pertamamu, pastikan kamu telah menyisihkannya untuk dana masa pensiun.

Baca juga: 4 Tantangan Umum dalam Mengelola Keuangan, Begini Mengatasinya!

Melunasi utang-utang yang bertumpuk

Jika kamu memiliki utang yang cukup besar untuk ditanggung, tips mengatur keuangan yang perlu kamu terapkan di awal adalah dengan melunasi utang-utang itu. Jadikan pelunasan utang itu prioritas di usia 20-an. Berutang kepada pemberi pinjaman berpotensi merusak skor kreditmu.

Selain berpengaruh pada skor kredit, menunggak utang cukup lama berpengaruh pula pada biaya bunga yang perlu dibayarkan. Luangkan waktu untuk buat rencana pembayaran utang yang jelas dan lantas patuhi aturan yang telah kamu buat untuk dirimu sendiri itu.

Setelah membuat anggaran, pertimbangkan berapa banyak uang yang bisa disisihkan untuk utangmu setiap bulannya.

Mengembangkan kebiasaan finansial yang baik

Saat kamu berusia 20-an, pertimbangkan cara untuk membangun kebiasaan yang baik dan proaktif bagi prospek finansialmu. Biasakan secara teratur memeriksa saldo akun tabunganmu. Hindari membayar biaya bulanan yang tidak perlu dengan beralih ke rekening giro tanpa biaya. Dan pastikan untuk membelanjakan pendapatanmu sesuai kemampuanmu. Jangan menumpuk utang kartu kredit yang tidak perlu dan membayar biaya bunga yang tinggi untuk itu.

Kamu juga bisa pertimbangkan untuk mengoptimalkan kartu kreditmu dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan belanjamu. Ada ratusan kartu kredit yang menawarkan bonus untuk belanja kebutuhan bulanan, bensin, makan di luar, dan travel.

Intinya, untuk lancarnya tips mengatur keuangan ini, buatlah keputusan finansial yang cerdas sedini mungkin. Menabung dan investasi akan memberimu keuntungan jangka panjang dan membantu kesuksesan finansial di masa depan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: CNBC

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img