Currently set to Index
Currently set to Follow

Tips Menabung untuk Anak Muda Usia 20-an

Sebagian besar anak muda hari ini, terlepas dari perkembangan teknologi yang memungkinkan mereka lebih jago soal tips untuk menabung, masih sulit menyisihkan penghasilannya.

Alasannya bisa jadi karena gaji yang tidak memungkinkan untuk disisihkan. Atau, bisa jadi faktor sulit menabung ini karena terlalu sering belanja di e-commerce. Jeratan diskon dari produk incaran memang bisa bikin lupa daratan. Atau, uang habis karena nongkrong di kafe?

Terdengar klise, tapi sebenarnya alasan-alasan itu bisa dihadapi jika tips untuk menabung yang diterapkan sudah tepat. Ingat, menabung membantu untuk menjaga kondisi keuangan lebih baik dan mempersiapkan masa depan yang aman.

Bagi anak muda usia 20-an yang baru lulus kuliah, bekerja dengan posisi entry level di perusahaan tentu tidak membantu menutupi kebutuhan. Namun, perlu diingat, masa-masa ini justru adalah saat yang tepat untuk menabung.

Mengapa? Pada usia 20-an, umumnya anak muda belum punya tanggungan tetap karena belum berkeluarga dan belum memiliki aset untuk dicicil. Jadi, menabung semestinya jadi prioritas. Toh, sewaktu-waktu, tabungan itu juga bisa dipakai untuk modal membeli aset atau membangun usaha.

Baca juga: Ingin Cepat Menabung Hingga Rp 1 Miliar, Simak Strategi Jitunya!

Tips untuk menabung, langkah demi langkah

Menentukan tujuan menabung tentu akan membantu memperjelas niat untuk menabung. Dengan tujuan yang jelas di masa mendatang, seseorang akan merasa terpacu untuk menyisihkan dananya dan menjadi lebih bersemangat mencapai tujuan.

Setelah menentukan tujuan, hindari aktivitas yang biasanya masuk ke kategori “kebiasaan buruk”. Fokuslah pada tujuan dari menabung. Jangan sampai membeli barang hanya karena terpengaruh mode sesaat dari influencer di medsos. Hindari juga hal-hal kecil yang bisa memicu sikap boros.

Jika ini sudah bisa dilewati, maka ini saatnya menentukan berapa jumlah yang perlu disisihkan dan interval waktunya. Ini artinya, saat menerima gaji bulanan, jangan langsung dipakai untuk belanja. Yang pertama mesti dilakukan adalah mengalokasikan dana yang telah ditetapkan untuk tabungan. Tips untuk menabung yang aman bagi anak muda yang baru belajar menabung adalah dengan menyisihkan 10% dari penghasilannya.

Menghindari penggunaan kartu kredit berlebihan juga dapat membantumu untuk menyisihkan dana. Mengapa? Karena menggunakan kartu kredit cenderung membuat kita boros lantaran uangnya tidak kita pegang secara fisik.

Selain itu, sebagai generasi digital native, kamu juga bisa memanfaatkan fitur aplikasi digital yang ditawarkan oleh perbankan. Ini termasuk juga menerapkan fitur autodebet yang bisa langsung membuatmu menyisihkan dana tiap bulannya.

Baca juga: 7 Tips Keuangan untuk Milenial, Kamu Milenial? Check Di Sini!

Biasakan diri untuk menambah pemasukan dan mengurangi pengeluaran

Dengan dukungan teknologi informasi hari ini, mendapatkan pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama tentu bisa lebih mudah. Manfaatkan keahlianmu untuk mendapatkan perolehan sampingan.

Jual keahlianmu sebagai freelancer, entah di bidang desain grafis, pemrograman, tulis-menulis, atau menerjemahkan. Marketplace untuk tenaga freelance seperti Fiverr atau Projects.co.id bisa jadi pilihanmu.

Seiring dengan menambah pemasukan, ingatlah untuk tetap menerapkan langkah demi langkah tips untuk menabung. Kurangi juga pengeluaran yang tidak perlu.

Prioritaskan perolehan tiap bulan

Setiap bulannya, kamu bisa mengecek prioritasmu kembali. Skala prioritas ini membantu untuk mengarahkan ke mana alokasi dana perlu ditujukan.

Selanjutnya, jika kamu sudah terbiasa menyisihkan dana untuk ditabung, kamu juga bisa tengok potensi untuk berinvestasi.

Jika kamu merasa sudah cukup ada dana untuk keperluan tidak terduga, sisihkan sedikit dana lagi untuk berinvestasi.

Ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu pilih, sesuai dengan jangka waktu investasi dan tujuan investasimu. Kamu bisa mencoba investasi online setiap bulan dengan mengeluarkan minimal Rp100.000 tiap bulan untuk deposit.

Tips untuk menabung: ingat pentingnya menabung untuk masa depan

Jika menabung sudah menjadi kebiasaan, maka seiring waktu kamu akan melihat manfaatnya bagi masa depanmu. Menabung juga akan memberimu rasa aman karena ia bisa menjadi dana darurat. Ketika kamu membutuhkannya, kamu bisa menarik danamu kapan saja dari tabungan.

Tentu menerapkan tips untuk menabung di awal bukan perkara mudah. Tapi, dengan memastikan kamu melakukannya sedikit demi sedikit, seperti pepatah, lama-kelamaan tabunganmu pun akan menjadi bukit. Jadi, jangan tunda terus, menabunglah sedari sekarang.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: The Financial Diet

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img