Currently set to Index
Currently set to Follow

6 Trik Menabung Lebih Banyak

Kebanyakan orang ingin menghemat lebih banyak uang, tapi tanpa rencana menabung yang solid dan kebiasaan yang baik, kita akan mudah gagal mencapai tujuan finansial kita. Dengan berfokus pada keuntungan kecil, membuat setoran otomatis, dan menahan godaan untuk “meminjam”, kamu pun bisa menjaga stabilitas keuangan.

Setelah membangun kebiasaan menabung, berikutnya kamu tinggal memperhatikan tabunganmu bertumbuh. Tinjaulah anggaranmu dan periksa kemajuannya tiap bulan. 

Membangun kebiasaan bukan hanya akan membantumu tetap berpegang pada rencana tabungan pribadi, tapi juga membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat.

Memahami cara menghemat uang bahkan dapat menginspirasimu untuk menemukan lebih banyak cara menabung dan mencapai tujuan finansialmu lebih cepat. Berikut ini cara membangun kebiasaan menabung lebih banyak uang sehingga menjadi kebiasaan.

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Catat pengeluaranmu

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak yang kamu belanjakan. Pantau semua pengeluaranmu. Itu berarti setiap nota dan setiap tip yang kamu berikan.

Setelah kamu memiliki data itu, atur angka berdasarkan kategori, seperti pengeluaran pokok, asuransi, dan pengeluaran untuk hiburan. Gunakan laporan mutasi bank untuk memastikan tingkat keakuratannya.

Rayakan niat menabung dengan memulai tabungan kecil

Saat kamu baru memulai menabung, fokuslah pada fakta bahwa kamu sedang menyisihkan danamu untuk mencapai tabungan ideal. Tidak banyak orang yang memulai perjalanan finansial mereka dengan angka yang fantastis.

Tidak apa memulai dengan lambat dan nominal yang kecil. Asalkan kamu rutin menabung sedikit setiap pekannya, maka tabunganmu itu pun akan menumpuk di akhir tahun.

Selama kamu bergerak ke arah yang benar, kamu fokus pada hal yang benar-benar penting: membangun kebiasaan menabung.

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, atau berapa banyak yang harus kamu masukkan ke rekening tabunganmu, metode ini lumayan menjamin: mulailah dengan menabung 1% dari pendapatan bulananmu dan tingkatkan sebesar 1% setiap bulannya.

Jika kamu menghasilkan Rp10 juta per bulan, hemat Rp100 ribu untuk bulan pertama, lalu Rp200 ribu untuk bulan berikutnya, dan lakukan hal yang sama untuk seterusnya hingga mencapai angka ideal. Angka ideal tabungan tiap bulannya adalah 10-15 persen dari penghasilanmu.

Mengatur transfer otomatis

Kamu bisa melakukan transfer otomatis untuk rekening tabunganmu dan ini akan membantumu mulai menabung tanpa perlu memikirkan lebih lanjut. Ini tentu dengan asumsi kamu memiliki anggaran yang siap dan mengetahui pengeluaran serta tujuan tabunganmu.

Jika rekening giro dan tabunganmu berada di bank yang sama, ini akan lebih mudah dilakukan. Kamu cukup membuka rekening tabungan yang kamu butuhkan untuk tujuan berbeda.

Kemudian, kamu dapat mengatur transfer bulanan (atau mingguan) secara otomatis dari cekmu ke tabunganmu. Gunakan bank yang sama untuk memeriksa dan menabung sehinga memungkinkanmu untuk membagi gaji langsung yang kamu setorkan.

Kamu dapat mengarahkan sebagian besar gajimu ke rekening koranmu dan menyetor persentase atau jumlah tertentu ke dalam tabunganmu.

Miliki tujuan menabung jangka pendek dan panjang

Bagi sebagian orang, cara terbaik untuk menabung adalah dengan memiliki tujuan jangka pendek dan panjang. Idealnya, kamu akan dapat menyisihkan gaji 3-6 bulan untuk dana darurat.

Kamu dapat menganggarkan sebagian dari pendapatanmu ke dalam tabungan jangka pendek untuk tujuan seperti liburan atau dana darurat. Lalu, tabungan jangka panjang untuk hal-hal besar, seperti uang muka rumah baru, untuk melanjutkan pendidikan, atau untuk tabungan masa tua.

Pastikan kamu menetapkan tujuan jangka pendek dengan nominal yang dapat kamu capai. Ini dapat memberi dorongan psikologis yang membuat hasil dari menabung lebih cepat dan memperkuat kebiasaan.

Baca juga: Tetap Cuan Saat #dirumahaja dengan Menabung Emas Digital, Begini Caranya!

Pertanyakan ke mana aliran danamu tercurah

Pastikan pembelianmu sejalan dengan apa yang kamu inginkan. Inilah saatnya untuk mengurangi apa yang kamu tidak betul-betul perlukan.

Apa pun yang mempengaruhi kebiasaan burukmu dalam mengelola uang, intinya adalah berhentilah untuk membeli barang tanpa berpikir. Tanyakan pada dirimu apakah pengeluaranmu membawa kebahagiaan ataukah sesuai dengan tujuan jangka panjangmu.

Jika pengeluaran itu bukan suatu kebutuhan, dan tidak membuatmu lebih bahagia atau membantumu, jangan lakukan pengeluaran itu.

Salah satu cara mudah untuk memutuskan membeli suatu barang atau tidak, adalah dengan menentukan berapa jam kerja yang kamu perlukan untuk melakukan pembelian tersebut.

Misalnya, jika penghasilanmu Rp250.000 per jam, dan kamu ingin memiliki dompet seharga Rp2.500.000, maka kamu harus memikirkan apakah dompet itu bernilai sepuluh jam dalam hidupmu.

Tentukan prioritas menabung

Setelah kamu paham benar pengeluaran dan pemasukanmu, selanjutnya pastikan untuk mengingat prioritasmu. Terutama, menyangkut tujuan jangka panjangmu menabung. Pelajari bagaimana memprioritaskan tujuan tabunganmu sehingga kamu memiliki gambaran yang jelas.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img