Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Annual General Meeting (AGM)?

Pengertian Annual General Meeting (AGM)

Apa itu Annual General Meeting? Pengertian Annual General Meeting (AGM) adalah rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang merupakan pertemuan tahunan wajib dari pemegang saham perusahaan yang berkepentingan.

Dalam RUPS, direksi perseroan mempresentasikan laporan tahunan yang memuat informasi bagi pemegang saham tentang kinerja dan strategi perseroan.

Pemegang saham dengan hak suara memberikan suara pada masalah saat ini, seperti pengangkatan ke dewan direksi perusahaan, kompensasi eksekutif, pembayaran dividen, dan pemilihan auditor.

Bagaimana Cara Kerja Annual General Meeting (AGM)

Annual General Meeting (AGM) atau rapat umum tahunan terutama diadakan untuk memungkinkan pemegang saham memberikan suara tentang masalah perusahaan dan pemilihan dewan direksi perusahaan.

Di perusahaan besar, rapat ini biasanya satu-satunya waktu dalam setahun ketika pemegang saham dan eksekutif berinteraksi.

Baca juga: Apa Itu Annual Report?

Aturan pasti yang mengatur rapat berbeda-beda menurut yurisdiksi. Sebagaimana diuraikan oleh banyak negara bagian dalam undang-undang pendiriannya, baik perusahaan publik maupun swasta harus mengadakan.

Meskipun aturannya cenderung lebih ketat untuk perusahaan yang diperdagangkan secara publik.

Perusahaan publik harus mengajukan pernyataan proxy tahunan, yang dikenal sebagai Formulir DEF 14A, kepada Securities and Exchange Commission (SEC).

Pengajuan akan menentukan tanggal, waktu, dan lokasi pertemuan tahunan, serta kompensasi eksekutif dan hal-hal material perusahaan mengenai pemungutan suara pemegang saham dan direktur yang dinominasikan.

Kualifikasi untuk Rapat Umum Tahunan

Anggaran rumah tangga perusahaan yang mengatur perusahaan, bersama dengan yurisdiksinya, memorandum, dan anggaran dasar, berisi peraturan yang mengatur rapat.

Misalnya, ada ketentuan yang merinci sejauh mana pemegang saham harus diberitahu di mana dan kapan RUPS akan diadakan dan bagaimana memberikan suara melalui kuasa.

Baca juga: Apa Itu Preference Shares?

Di sebagian besar wilayah hukum, hal-hal berikut ini, menurut hukum, harus dibahas dalam RUPS:

  • Risalah rapat sebelumnya: Risalah RUPS tahun sebelumnya harus dipresentasikan dan disetujui.
  • Laporan keuangan: Perusahaan menyajikan laporan keuangan tahunannya kepada pemegang saham untuk mendapatkan persetujuan.
  • Pengesahan tindakan direktur: Para pemegang saham menyetujui dan mengesahkan (atau tidak) keputusan yang dibuat oleh dewan direksi selama tahun sebelumnya. Ini sering kali termasuk pembayaran dividen.
  • Pemilihan dewan direksi: Para pemegang saham memilih dewan direksi untuk tahun mendatang.

Pertimbangan Khusus

Beberapa unsur lain dapat ditambahkan dalam mata acara rapat. Seringkali, direktur dan eksekutif perusahaan menggunakan rapat ini sebagai kesempatan mereka untuk berbagi visi masa depan perusahaan dengan pemegang saham.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img