Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Annual Report?

DEFINISI

Annual Report adalah makalah yang diterbitkan yang dirilis oleh perusahaan publik untuk memastikan pemegang saham mereka mutakhir tentang keadaan keuangan mereka.

Memahami Annual Report

Perusahaan nirlaba, reksadana, dan organisasi nirlaba merilis laporan tahunan sehingga pendukung, investor, donor, dan pemangku kepentingan lainnya memahami kondisi keuangan mereka saat ini.

Karena perusahaan publik mengandalkan investasi dari pemegang saham, laporan tahunan perusahaan nirlaba biasanya jauh lebih fokus pada keuangannya. Laporan tahunan sangat penting agar pemegang saham dan orang-orang yang tertarik berinvestasi mengetahui kondisi keuangan umum perusahaan. Annual report juga mencakup perincian penting seperti laporan audit (laporan yang memastikan uang ditangani dengan benar), laporan arus kas (membandingkan uang dalam versus money out), neraca (total aset dan kewajiban perusahaan), total dividen yang dibayarkan (uang yang dibayarkan kepada pemegang saham) dan analisis kinerja dari tahun sebelumnya.

Annual report membandingkan kinerja tahun ini dengan laporan tahunan sebelumnya untuk mendokumentasikan pertumbuhan. Karena apa yang diinginkan oleh bisnis lebih dari itu? Terakhir, laporan tahunan mencantumkan pejabat kepala perusahaan, tim eksekutif, dan anggota staf utama sehingga pembaca tahu siapa yang membuat keputusan paling penting perusahaan.

CONTOH

Kamu dapat menganggap annual report sebagai versi profesional buletin liburan keluarga. Apakah kamu pernah menerima surat akhir tahun dari sepupu yang tidak banyak kamu temui, tetapi masih ingin mengikutinya? Laporan tahunan seperti itu, kecuali dengan (sangat) menekankan pada penghasilan sepupumu. 

Perusahaan iRobot, yang didirikan oleh tiga insinyur MIT yang suka membuat robot untuk eksplorasi ruang angkasa, mengeluarkan laporan tahunan 2018 kepada pemegang saham pada bulan April. Itu termasuk perubahan signifikan pada staf dan dewan, ditambah “matriks keterampilan” untuk menunjukkan betapa beragamnya pembuat keputusan perusahaan.

Kesimpulan

Annual report adalah seperti buku harian …

Jika buku harian dilengkapi dengan grafik batang, diagram lingkaran, neraca, dan laporan laba rugi. Tapi tidak seperti buku harian, bisnis tahu orang akan membaca laporan tahunan mereka.

Laporan tahunan berfungsi untuk menunjukkan gambaran yang jelas tentang di mana perusahaan mereka bersinar, berdasarkan data historis. Sementara laporan tahunan dimaksudkan untuk membuat orang mempercayai masa depan perusahaan, mereka tidak memperkirakan atau memperkirakan kinerja masa depan. Itu pekerjaan investor setelah menginterpretasikan angka-angka.

Laporan tahunan memungkinkan untuk meberikan informasi kepada investor yang tertarik, menarik donor yang diinvestasikan, dan mendokumentasikan sejarah perusahaan dengan jalur yang jelas ke depan.

Ketahui lebih lanjut …

Apa saja yang termasuk dalam annual report?

Di mana saya dapat menemukan annual report perusahaan?

Perbedaan antara laporan tahunan perusahaan vs laporan tahunan reksa dana

Memahami laporan auditor

Bagaimana saya menyiapkan annual report?

Apa yang Termasuk dalam Annual Report?

Setiap laporan tahunan berbeda, tetapi itu semua memiliki beberapa kesamaan. Sebagai permulaan, sebagian besar laporan tahunan memulai dengan surat kepada pemegang saham dari CEO. Ini adalah kesempatan sekali setahun bagi mereka untuk menarik tirai, berbicara tentang tantangan dan keberhasilan perusahaan mereka, dan memberikan wawasan tentang apa yang membuat bisnis mereka berjalan. Setelah surat CEO, semuanya mulai menjadi matematika nyata, sangat cepat. 

Perusahaan yang diperdagangkan secara publik adalah perusahaan yang menjual sahamnya di pasar saham untuk dibeli dan dijual demi keuntungan. Komisi Keamanan dan Pertukaran (SEC) mensyaratkan bahwa semua perusahaan yang diperdagangkan secara publik membuat informasi keuangan mereka tersedia untuk pemegang saham atau siapa pun yang berpikir untuk berinvestasi di dalamnya. 

Bayangkan jika ketiga sahabatmu meminjamkan $ 10.000 untuk memulai bisnis. Setiap keputusan, pengeluaran, dan item anggaran dalam hidupmu akan dicermati karena kamu tahu kamu harus membayarnya kembali dengan bunga.

Baca juga: Apa Itu Faktor Produksi?

Tidak ada bedanya dengan perusahaan. Ketika perusahaan publik mengandalkan uang orang lain untuk melakukan bisnis mereka, mereka harus menjawab banyak orang! Laporan tahunan membantu investor untuk terus membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apakah mereka pikir suatu perusahaan akan bertahan dalam 5-10 tahun dan karena itu layak untuk melanjutkan investasi mereka. 

Laporan tahunan mencakup pandangan mendalam pada keuangan perusahaan – terutama neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi.

Dengan melihat laporan tahunan historis, seorang investor dapat mengukur seberapa banyak perusahaan telah tumbuh selama bertahun-tahun. Menafsirkan informasi ini membantu investor membuat prediksi tentang seberapa sukses suatu perusahaan di masa depan.

Di Mana Saya dapat Menemukan Annual Report Perusahaan?

Laporan tahunan biasanya dapat ditemukan di situs web perusahaan, tetapi kadang-kadang kamu harus melakukan penggalian. Tempat yang baik untuk memulai adalah bagian “tentang”, tetapi jika kamu tidak melihatnya, kamu selalu dapat melihat peta situs situs web untuk informasi perusahaan. Sebagian besar perusahaan memiliki arsip dari semua laporan tahunannya. Kamu biasanya dapat mengunduhnya ke komputer atau perangkatmu dalam bentuk PDF.

Untuk perusahaan publik dan reksa dana, kamu juga dapat mengakses database laporan tahunan dengan mengunjungi situs web SEC.

Perbedaan antara Laporan Tahunan Perusahaan vs Laporan Tahunan Reksa Dana

Kamu mungkin berpikir bahwa laporan tahunan perusahaan masuk akal, tetapi apa yang termasuk dalam laporan tahunan untuk reksa dana? Dalam banyak hal, tidak ada perbedaan antara dua jenis laporan tahunan. Keduanya dimaksudkan untuk mendokumentasikan dan membuktikan kinerja keuangan.

Tetapi laporan reksa dana cenderung kurang berwarna dan lebih mudah. Laporan reksa dana mengatakan itu seperti itu, memberikan sebagian besar angka dan wawasan yang lebih sedikit tentang apa artinya angka. Laporan tahunan perusahaan, di sisi lain, melukiskan gambaran yang jauh lebih komprehensif tentang apa yang membuat perusahaan unik.

Kembali ke contoh iRobot – Laporan dimulai dengan surat dari CEO perusahaan kepada pemegang saham. Sebuah surat pribadi memberi tim eksekutif kesempatan untuk berbicara secara intim dan langsung kepada orang-orang yang telah berinvestasi di perusahaannya. Laporan ini juga memberikan rincian keterampilan dan pengalaman di seluruh tim, membantu pembaca mengetahui siapa yang berada di balik kesuksesan perusahaan dan tidak hanya sejauh mana itu berhasil.

Dibutuhkan otak yang terlatih untuk menafsirkan laporan tahunan reksa dana. Laporan ini memberikan dosis besar data multi-tahun yang mencakup laporan keuangan ringkas, informasi manajemen, gaji eksekutif, dan tabel yang menunjukkan historis pengembalian dana. 

Memahami Laporan Auditor

Setiap laporan tahunan mencakup laporan dari auditor. Auditor adalah orang yang disertifikasi untuk menyisir catatan keuangan perusahaan dan menentukan apakah uang ditangani secara bertanggung jawab. Auditor melihat ketepatan waktu pembayaran dan penggajian, seberapa baik catatan akuntansi yang terdokumentasi dengan baik, dan seberapa aman informasi keuangan sedang diproses, diantara hal-hal lain. Semua temuan ini disajikan dalam laporan auditor. Mereka biasanya memberikan saran kepada perusahaan atau organisasi tentang cara menangani keuangan mereka dengan lebih baik, tetapi saran-saran ini tidak dimasukkan dalam laporan tahunan. Dikatakan bahwa – Konfirmasi dari auditor bahwa laporan tahunan sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang Diterima Umum sangat penting untuk mendapatkan dukungan pemegang saham.

Bagaimana Saya Menyiapkan Annual Report?

Jika kamu bekerja untuk perusahaan atau organisasi nirlaba yang merilis laporan tahunan, kamu harus mempersiapkannya dengan mengumpulkan catatan keuangan tahun itu, laporan auditor, dokumen hukum, laporan kas tahun lalu, dan catatan kinerja keuangan.

Tim yang bertugas menyiapkan laporan tahunan sering bekerja dengan copywriter dan desainer grafis. Materi iklan ini menggunakan produk Adobe seperti Illustrator atau Photoshop untuk membuat dokumen yang penuh warna dan informatif yang sering kali cukup menarik untuk menarik perhatian para investor. Beberapa templat tersedia di Windows atau Halaman yang dapat membantumu untuk memulai.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk melihat contoh-contoh laporan tahunan lainnya untuk mendapatkan ide tentang cara menyajikan informasi terbaik.

Apa Itu Diskusi dan Analisis Manajemen (MD&A)?

Karena laporan tahunan memberi tekanan besar pada keuangan, mereka tidak akan lengkap tanpa melihat manajemen. Sebagian besar laporan tahunan mencakup, paling tidak, daftar staf kepemimpinan, juga dikenal sebagai C-suite. Kamu dapat memikirkan “C” untuk “kepala,” karena ini adalah karyawan yang bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan dan membimbing tim menuju visi bersama. Analisis dan Pembahasan Manajemen (MD&A) adalah bagian di dalam laporan tahunan perusahaan yang secara spesifik melihat seberapa efektif staf eksekutif sebenarnya. Tentu saja, analisis ini bukan bagian dari audit formal, tetapi lebih merupakan pernyataan tentang bagaimana prosesnya.

Pikirkan seperti ini: Jika manajemen melakukan tugasnya, buktinya ada dalam angka. MD&A adalah diskusi tentang angka-angka itu untuk membantu memberikan sedikit konteks. MD & Seperti sering, tetapi tidak selalu, memberikan resume pemain kunci, sebuah “matriks keterampilan”. Matriks ini menguraikan semua bakat yang dibawa oleh kepemimpinan ke meja dan daftar perjanjian dan prosedur yang telah disetujui dewan direksi untuk membantu mereka membuat keputusan terbaik bagi perusahaan.

Apakah Annual Report Diatur?

Sama seperti SEC yang mengatur pasar saham, ada standar yang membantu perusahaan menerbitkan laporan tahunan paling akurat dan kredibel yang mereka bisa. Standar-standar ini ditetapkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB). FASB adalah organisasi pengatur nirlaba yang memastikan perusahaan menyiapkan laporan keuangan mereka dengan jelas dan jujur. 

Apakah Kamu harus Memasukkan Risiko dalam Annual Report?

Meskipun laporan tahunan dimaksudkan untuk menunjukkan kinerja masa lalu dan memberikan informasi yang relevan tentang kesuksesan keuangan perusahaan, itu tidak akan jujur tanpa diskusi tentang risiko. Terkadang, risiko berada di luar kendali perusahaan, itulah mengapa sangat penting untuk membicarakannya.

Untuk perusahaan internasional seperti iRobot, misalnya, risiko melibatkan pertukaran mata uang asing dan transaksi perdagangan. Perusahaan menyentuh risiko ini dalam laporan tahunannya. Ini membahas, secara sangat mendalam, bagaimana dewan direksi memainkan peran penting dalam pengawasan risiko.

Perusahaan biasanya memiliki daftar aturan yang disebut “kebijakan tata kelola perusahaan” untuk membuat diskusi tentang menavigasi situasi yang lekat dengan transparansi dan mudah didekati. Dan, jujur saja – prosedur ini juga diperlukan untuk alasan hukum, karena risiko adalah tentang meminimalkan paparan entitas terhadap kewajiban. Terkadang, hal-hal ini di luar kendali bisnis, tetapi laporan tahunan bertujuan untuk sejujur mungkin sambil menghadirkan cara-cara strategis untuk menjadi sukses.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Indeks?

Apa Itu Elastisitas Harga?

Finansial Lebih Baik Secara Otomatis, Coba 6 Aplikasi Keuangan Ini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img