Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Akuntansi Akrual?

Mungkin kamu kerap mendengar tentang akuntansi. Namun, barangkali kamu agak asing dengan apa itu akuntansi akrual.

Akuntansi dapat dipahami sebagai pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi non-profit, dan lembaga pemerintah.

Lalu apa itu akuntansi akrual? akuntansi akrual berarti melacak pendapatan dan beban dalam periode akuntansi yang sama dengan aktivitas bisnis yang menghasilkannya—terlepas dari apakah kas telah ditukar.

Ketika ada transaksi bisnis, maka akuntansi akrual mencatat transaksi bisnis dengan entri jurnal di buku besar perusahaan, bahkan jika kas terkait mungkin tidak mengalir masuk atau keluar dari bisnis sampai nanti.

Pendapatan dicatat saat diperoleh, dan biaya dicatat pada saat terjadinya.

Baca juga: Apa Itu Ledger (Buku Besar)?

Memahami lebih dalam apa itu akuntansi akrual

Akuntansi akrual berbeda dengan akuntansi kas. Akuntansi kas hanya mencatat transaksi ketika kas berpindah tangan. Sementara, akuntansi kas tidak menawarkan cara untuk melacak inventaris, penjualan secara kredit atau pembelian secara kredit.

Sebagian besar perusahaan menggunakan metode akuntansi akrual karena mereka memahami benar apa itu akuntansi akrual. Bahwa model akuntansi akrual ini dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang profitabilitas bisnis dari aktivitas bisnisnya dalam periode akuntansi tertentu.

Investor bisa mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang keadaan perusahaan saat ini melalui akuntansi akrual dalam laporan keuangannya.

Akuntansi kas tidak jauh berbeda dengan mencatat setoran dan penarikan kartu debit. Tetapi, akuntansi akrual melacak setiap gerakan yang dilakukan bisnis, bahkan jika tidak ada uang tunai yang dipertukarkan.

Buku besar perusahaan akan memberikan gambaran yang lebih akurat jika menceritakan kisah uang yang terutang, penjualan secara kredit, dan status sepanjang siklus bisnis.

Untuk memahami lebih jelas apa itu akuntansi akrual,  kamu dapat menyimak contoh kasus ini.

Contoh kasus dari akuntansi akrual

Misalnya perusahaan kamu telah menguirimkan layanan atau produk ke satu klien. Kamu memberikan periode kredit selama 30 hari. Di dalam metode akuntansi akrual, kamu akan dibayar untuk pengiriman barang tersebut terhitung setelah 30 hari sejak pengiriman terjadi.

Di dalam laporan keuangan dengan metode akuntansi akrual, pencatatan dilaksanakan saat kamu memberikan atau menerima produk atau layanan, bahkan sebelum transaksi tunai sebenarnya berlangsung. Sedangkan dalam pencatatan berbasis kas, kamu biasanya mencatat pendapatan dari pengiriman hanya setelah menerima pembayaran dari klien kamu.

Gampangnya untuk memahami apa itu akuntansi akrual, kita harus membedakannya dengan akuntansi kas. Jika akuntansi kas mencatat laporan keuangan saat pendapatan diterima ataupun dibayarkan, maka akuntansi akrual mencatat pendapatan dan biaya pada periode saat terjadinya suatu transaksi.

Baca juga: Apa Itu Free Cash Flow?

Perbedaan akuntansi kas dan akuntansi akrual

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dua metode ini merupakan dua basis utama metode akuntansi. Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara keduanya, yaitu:

#1 Apa itu akuntansi akrual – Waktu

Dari pemaparan sebelumnya beserta contoh yang ada, sangat jelas bahwa akuntansi kas dan akuntansi akrual memiliki perbedaan waktu pencatatan. Pada akuntansi akrual pencatatan segera dilakukan setelah terjadinya transaksi, sementara pada akuntansi kas pencatatan dilakukan setelah terjadinya penerimaan uang.

#2 Ketepatan

Dalam pencatatan jangka panjang, akuntansi kas kurang efektif. Kemungkinan hal ini bisa memberikan waktu yang sangat lama bagimu untuk menerima dana dari penjualan yang telah dilakukan.

Dalam pandangan bisnis, ini sangat merugikan dan tidak ada kontrol pada transaksi non-tunai yang mungkin lebih kompleks.

Sedangkan akuntansi akrual memiliki representasi yang lebih akurat dan memberikan gambaran nyata tentang posisi bisnis secara real time.

#3 Apa itu akuntansi akrual – Arus kas

Akuntansi kas memberikan gambaran lebih akurat terhadap arus kas yang masuk dan keluar. Sementara untuk akuntansi akrual lebih sulit merepresentasikan laporan kas yang benar.

Banyak akuntan sebuah perusahaan mesti membuat laporan arus kas terpisah ketika menggunakan laporan jenis akuntansi akrual.

#4 Kemudahan penggunaan

Pemeriksaan dan pencatatan laporan keuangan dalam model akuntansi kas bisa dibilang lebih mudah karena hanya membutuhkan entri jurnal yang lebih sedikit.

Berbeda dengan akuntansi akrual yang membutuhkan lebih banyak entri jurnal pada setiap transaksi yang terjadi.

#5 Apa itu akuntansi akrual – Penerapan industri

Metode akuntansi kas bukan metode yang tepat untuk bisnis dengan arus modal besar dan perputaran bisnis yang cepat. Misalnya bisnis manufaktur atau konstruksi. Jenis laporan keuangan ini umumnya dipakai oleh usaha kecil atau usaha yang tengah berkembang.

Bisnis dengan tingkat perputaran produksi yang cepat serta bermodal besar kerap menggunakan metode akuntansi akrual.

Itu tadi penjelasan tentang apa itu akuntansi akrual. Setelah mengetahui perbedaan antara akuntansi kas dan memahami apa itu akuntansi akrual, kamu bisa memilih mana metode pelaporan keuangan yang paling cocok dengan bisnismu.

Jika kamu baru merintis bisnis kamu, maka akuntansi kas lebih cocok. Sementara jika bisnismu sudah besar dan mapan, pilihlah model metode akuntansi akrual.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood.com

Baca juga:

Hindari Boros, Yuk Hitung Berapa Banyak Kamu Bisa Hemat dari WFH?

Segini Uang yang Bisa Disimpan Jika Bawa Bekal Makan Siang dari Rumah

Kenapa Kamu Harus Menabung Emas Online? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img