Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Asuransi Pemilik Rumah?

Kita tentu ingin rumah kita selalu aman dan terlindungi. Namun, selalu ada risiko kejadian tak terduga seperti badai, tornado, atau kebakaran. Untuk itu kita harus memahami apa itu asuransi pemilik rumah agar punya jaminan perlindungan.

Hal-hal tak terduga tersebut bisa saja merusak dan menghancurkan rumah dan harta benda kita. Dan sebagian besar pemilik rumah tidak memiliki kemampuan finansial di kantong mereka untuk membayar kerusakan tersebut.

Apa itu asuransi pemilik rumah? Ini adalah jenis asuransi yang menanggung biaya kerusakan rumah dan harta benda seseorang.

Asuransi pemilik rumah menyediakan cara untuk mengurangi risiko keuangan ini dan memastikan bahwa tidak peduli apa yang terjadi dengan rumah seseorang, pemegang polis akan dapat membayar kerusakan atau membeli rumah baru tanpa mempertaruhkan keuangan mereka.

Asuransi pemilik rumah juga dapat melindungi dari biaya lain yang ditanggung pemegang polis, seperti jika seseorang mengalami kerugian di properti mereka.

Baca juga: 5 Trik Cerdik Bagaimana Semestinya Investor Pemula Menghadapi Inflasi

Contoh kejadian untuk menjelaskan apa itu asuransi pemilik rumah

Bayangkan kamu adalah seorang pemilik rumah yang memiliki polis asuransi pemilik rumah dengan pengurangan Rp2 Juta.

Suatu hari kebakaran menyebabkan kerusakan di rumahmu senilai Rp70 Juta. Kamu kemudian menelepon agen asuransimu untuk mengajukan klaim.

Setelah dilakukan penyelidikan, perusahaan asuransi kamu setuju bahwa itu adalah kerugian yang ditanggung dan mereka setuju membayar ganti rugi.

Apa itu asuransi pemilik rumah? Dalam skenario ini kamu cukup merogoh kocekmu sebanyak Rp2 Juta, sementara sisanya sebanyak Rp68 Juta akan ditanggung oleh perusahaan asuransimu.

Dengan demikian kamu dapat membayar untuk perbaikan yang diperlukan tanpa membebani rekening bank kamu.

Ditambah lagi, karena polis dari apa itu asuransi pemilik rumah mencakup kerugian penggunaan, maka asuransi kamu akan membayar biaya untuk tinggal di tempat lain sementara rumah kamu sedang diperbaiki.

Jika kamu memiliki polis asuransi pemilik rumah, dan sesuatu terjadi pada rumah kamu, biasanya kamu tidak perlu membayar sendiri kerusakannya, dan keuangan kamu tidak akan terkena dampak besar. Kamu harus membayar untuk membeli polis, dan biasanya kamu harus membayar sendiri sebagian dari kerusakan.

Tetapi ini bukan masalah karena polis asuransi kamu akan melindungi rekening bank kamu dari kerusakan serius.

Baca juga: 4 Faktor Umum Penyebab Bisnis Gagal, Bagaimana Menghindarinya?

5 Tips untuk memilih apa itu asuransi pemilik rumah yang baik

#1 Pertimbangkan rekam jejak perusahaan asuransi

Perkembangan teknologi akan sangat membantu kita dalam melakukan berbagai hal, salah satunya mengecek soal perusahaan asuransi.

Bahkan kamu bisa mencari tahu informasi dan rekam jejak perusahaan yang kamu incar melalui gawai kamu.

Perlu ditilik apakah perusahaan tersebut punya kapabilitas dalam menyediakan apa itu asuransi pemilik rumah yang sesuai kebutuhan kamu atau tidak

Apakah perusahaan itu punya kredibilitas yang baiik atau tidak?

Cara paling sederhana adalah dengan mengecek perizinan serta legalitas perusahaan asuransi tersebut.

Bila memang legal dan resmi, tentu semua dokumen itu akan mudah ditemukan calon konsumen.

#2 Lakukan perbandingan

Usahakan untuk tidak hanya fokus di satu perusahaan asuransi. Kamu ada baiknya melakukan perbandingan produk asuransi rumah dari banyak perusahaan asuransi terkait biaya dan manfaat yang diberikan.

Saat ini, banyak perusahaan asuransi memiliki situs resmi sehingga kamu dapat melakukan perbandingan secara daring.

#3 Apa itu asuransi pemilik rumah – Ketahui proses klaim

Selain membandingkan berbagai produk dari setiap perusahaan asuransi, kamu perlu melihat prosedur klaim.

Hal ini penting agar tak ada kesulitan yang kelak kamu hadapi jika terjadi risiko pada properti atau rumah kamu.

Kamu bisa mencari informasi proses klaim melalui situs web resmi perusahaan asuransi, atau kamu bisa menelusuri forum diskusi daring untuk mengetahui pengalaman orang lain dengan perusahaan asuransi itu.

#4 Cari tahu perlindungan atau manfaat

Sebelum memutuskan apa itu asuransi pemilik rumah yang cocok dengan kondisimu, carilah tahu perlindungan atau manfaat apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Kamu bisa menelusurinya di situs resmi perusahaan. Atau, jika kamu masih merasa kurang jelas, kamu dapat mengubungi customer service perusahaan untuk bertanya langsug detail risiko apa saja yang ditanggung perusahaan itu.

Di samping itu, tanyakan juga penyebab-penyebab risiko apa saja yang bisa ditanggung, karena terkadang perusahaan asuransi menolak mengganti rugi risiko karena penyebab tertentu.

#5 Apa itu asuransi pemilik rumah – Tentukan nilai pertanggungan yang sesuai

Terkadang nasabah hanya memilih premi asuransi yang paling rendah. Namun, sebaiknya kamu memastikan nilai pertanggungan asuransi pemilik rumah yang memadai untuk membangun lagi rumah kamu jika terjadi risiko.

Misalnya, rumah kamu bernilai Rp500 Juta, sementara nilai pertanggungan kamu hanya sebesar Rp100 Juta.

Nilai pertanggungan ini jelas sangat jauh dari nilai rumah kamu, sehingga saat terjadi hal tidak diinginkan alias risiko kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk melakukan perbaikan.

Sekarang kamu tentu telah lebih paham soal asuransi pemilik rumah, kan. Jenis asuransi ini memang tidak sepopuler asuransi jiwa atau asuransi kendaraan bermotor. Namun, sesungguhnya sangat penting untuk melindungi propertimu. Maka, bijaklah memilih apa itu asuransi pemilik rumah yang cocok dengan kondisimu, ya!!!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

 Sumber: Robinhood.com

Simak juga:

Emas Sebagai Aset Diversifikasi

Cara Mengelola Risiko Investasi Emas

Apa Hukum Membeli Emas Digital? ini Fatwa MUI yang mengaturnya

5 Trik Cerdik Bagaimana Semestinya Investor Pemula Menghadapi Inflasi

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img