Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Average True Range

Average True Range

5282  dilihat·Waktu baca: 3 menit
Average True Range

Pengertian Average True Range (ATR) adalah merupakan nilai rata-rata exponensial dari True Range. ATR pertama dikenal dalam buku New Concepts in Trading Systems yang ditulis oleh Welles Wilder. Tujuan perhitungan ATR adalah untuk mengetahui tingkat volatilitas instrumen yang sedang kita analisa.

Jika disederhanakan ATR sebagai indikator untuk melihat ramai tidak atau tidaknya pasar. Hanya itu, ATR tidak memberikan anda signal untuk mengambil posisi cenderung buy maupun cenderung sell. ATR hanya memberikan anda informasi tentang tingkat volatilitas sebuah instrument.

Baca juga: Apa yang Diukur oleh Indeks S&P 500?

Pelajari lebih lanjut tentang Average True Range

Pada dasarnya ATR adalah perkembangan dari True Range. Jadi kita tidak akan dapat menghitung ATR tanpa menghitung True Range terlebih dahulu.

Welles Wilder memperkenalkan ATR dengan menggunakan perhitungan ATR 14 hari. Berarti anda cukup memasukkan indikator ATR ini pada chart daily dengan angka periode 14 seperti di bawah ini:

True Range dianggap Range sebenarnya dari sebuah pair dengan rumus sebagai berikut :

  •  1: Current High – Current Low
  •  2: Current High – previous Close
  •  3: Current Low – previous Close

true range=max[(high – low), (high – previous close), (low – previous close)

Baca juga: Apa itu Produk Domestik Bruto?

Berdasarkan gambar di atas, True Range menggunakan data close hari sebelumnya untuk menghitung rangesebenarnya. Ini terjadi untuk menghitung range jika terjadi gap. Mengurangi kekurangan perhitungan range harian dengan cara biasa.

Pelajari juga mengenai Perjalanan Harga

Jadi ATR untuk 14 hari memiliki rumus sebagai berikut :

ATR = [ (ATR x 13 ) + Current TR] / 14

Jadi sebenarnya ATR menghasilkan sebuah angka, walaupun melihat dalam chart itu sebagai sebuah garis.

Namun didalamnya terdapat angka-angka dari perhitungan statistik yang dipercaya untuk menentukan besar kecilnya volatilitas dalam sebuah instrumen. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Terlihat kotak berisi angka sebesar 0.0334 yang merupakan hasil dari perhitungan rumus yang dijelaskan diatas.

Pada dasarnya garis yang menaik itu menandakan kenaikan volatilitas pada chart GBPUSD time frame Daily.

Baca juga: Apa Itu Debenture?

Namun angka yang dihasilkan sebenarnya memberikan kita informasi range point rata-rata true range selama 14 hari. Angka 0.0334 merupakan pips yang ada pada harga GBPUSD sekarang. apa yang bisa kita lakukan dengan angka tersebut?

Jika kamu adalah seorang trader yang menggunakan range besar (pips besar) dalam sistem trading anda, berarti saat ATR menunjukkan garis yang meninggi ataupun angka yang yang besar, ini adalah persiapanmu untuk masuk ke dalam instrument tersebut.

Jadi pada dasarnya sekali lagi, Average True Range tidak memberikan anda informasi kemana sebuah instrumen/pair/saham akan mengarah.

Namun ini hanya sebuah informasi untuk anda sebagai kekuatan volatilitas sebuah instrumen tersebut. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan trader mencari volatilitas tinggi, dan ada sebagian mencari volatilitas rendah.

Dengan bantuan dari ATR ini, kamu mungkin dapat menyaring waktu dan tentunya menghemat waktumu untuk mencari ukuran volatilitas dalam sistem trading milikmu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar