Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Berkshire Hathaway?

Berkshire hathaway (NYSE: BRKA, NYSE: BRKB), adalah perusahaan konglomerasi (holding company) bermarkas di Omaha, Nebraska, AS. Berkshire Hathaway adalah perusahaan dengan bisnis inti asuransi, termasuk properti dan asuransi jiwa, reinsuransi dan asuransi khusus.

Rata-rata tingkat pengembalian perusahaan ini per tahunnya terbilang fenomenal. Sekitar lebih dari 25% tingkat pengembalian diangsurkan kepada para pemegang saham selama 25 tahun terakhir.

Berkshire Hathaway adalah pemegang kapital yang besar dan hutang yang sedikit. Suatu hasil penghitungan menyebutkan, sekitar USD 1.000 yang diinvestasikan pada Berkshire Hathaway pada 1957 berubah menjadi USD 51.356.000 pada akhir 2003.

Perusahaan ini dikendalikan oleh Warren Buffett, investor yang paling banyak dibicarakan dan orang kedua terkaya di AS menurut majalah Forbes. Mulanya, Buffett berfokus pada investasi jangka panjang dalam perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek, tetapi kini beralih membeli perusahaan secara keseluruhan.

Saat ini, Berkshire Hathaway adalah perusahaan induk untuk banyak bisnis. Mulanya, perusahaan ini terdiri dari sekelompok pabrik penggilingan tekstil. Namun, kini perusahaan ini memiliki berbagai bisnis seperti perusahaan retail permen, penerbit koran, perusahaan retail peralatan rumah tangga, penjualan ensiklopedia, pabrik dan distribusi seragam, retail perhiasan, dll.

Baca juga: Cara Menghadapi Kegagalan dari Kesalahan Warren Buffett

Seberapa luasnya saham dan perusahaan yang dikendalikan Berkshire Hathaway?

berkshire hathaway adalah

Hingga usianya yang ke-89 tahun, CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett belum menyebutkan penggantinya. Pada 2010, setidaknya, Buffett telah mengumumkan bahwa dia akan digantikan oleh sebuah tim. Diperkirakan, tim akan terdiri dari seorang CEO dan dua hingga empat manajer investasi.

Buffett mulai menjadi pemegang saham pengendali perusahaan ini pada pertengahan 1960-an. Ia memulai strategi progresif untuk mengalihkan arus kas dari bisnis inti ke investasi lain.

Pada Februari 2020, Berkshire Hathaway memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD 560 M, menjadikannya salah satu perusahaan publik terbesar di dunia.

Dengan sejarah panjang kesuksesan operasi Berkshire Hathaway, perusahaan ini telah tumbuh menjadi perusahaan publik terbesar kelima di dunia dalam hal kapitalisasi pasar. Saham Berkshire Hathaway adalah diperdagangkan di Bursa Efek New York dalam dua kelas. Yakni saham A dan Saham B.

Saham kelas A diperdagangkan seharga USD 343.000 per saham pada Februari 2020. Pengembalian keseluruhan saham Berkshire Hathaway dari 1965 hingga 2019 ditaksir sebesar 2.744,062%. Sementara, pada periode yang sama, S&P 500 hanya menghasilkan 19,784%.

Anak perusahaan asuransi adalah bagian terbesar Berkshire Hathaway. Selain itu, perusahaan ini juga mengelola ratusan bisnis yang beragam di seluruh dunia, termasuk Dairy Queen, Burlington Northern Santa Fe, Pampered Chef, Fruit of the Loom, NetJets, dan GEICO.

Selain perusahaan swasta, Berkshire Hathaway juga memiliki portofolio investasi saham yang besar di perusahaan publik besar, seperti Apple (AAPL), Bank of America (BAC), dan Wells Fargo (WFC).

Baca juga: Naik Hanya 11% Saham Warren Buffett Capai Kinerja Terburuk dalam 10 Tahun Terakhir

Strategi Berkshire di tangan Buffett, apakah ada penerusnya?

Pada awal kariernya, Buffett menemukan ide baru untuk menggunakan “float” dari anak perusahaan asuransinya untuk berinvestasi di tempat lain. Terutama untuk memilih saham terfokus yang akan disimpan untuk jangka panjang.

Buffett telah lama menghindari portofolio saham yang terdiversifikasi demi beberapa investasi terpercaya yang akan dibobotkan untuk memanfaatkan pengembalian yang telah ia antisipasi.

Seiring waktu, kehebatan investasi Buffett menjadi begitu terkenal. Rapat pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway pun sekarang menjadi kiblat bagi para pendukung investasi nilai (value investing) dan fokus pengawasan media yang intens.

Para investor yang mengikuti strategi Buffett tentu telah pula mempertimbangkan beberapa fakta menarik seputar perusahaan publik terbesar di dunia ini.

Dari 1965 hingga 2015, kinerja tahunan saham Berkshire Hathaway lebih dari dua kali lipat kinerja indeks S&P 500. Saham perusahaan ini menghasilkan 20,3% selama periode itu, sementara keuntungan tahunan S&P 500 adalah 10%.

Meski demikian, suksesi alias pergantian tampuk kepemimpinan selalu menjadi topik hangat terkait Berkshire Hathaway. Pertanyaan besarnya tentulah: mampukah pengganti Buffett melanjutkan rentetan performa pasar yang telah ditorehkan?

Pada 2011, diumumkan bahwa manajer hedge fund Todd Combs dan Ted Weschler akan menjadi dua dari manajer yang masuk dalam tim yang diumumkan Buffett pada 2010. Sementara itu, hingga kini Buffett belum mengumumkan nama pengganti CEO-nya.

Hingga 2018, perusahaan Berkshire Hathaway menempatkan Ajit Jain untuk bertanggung jawab atas semua operasi asuransi dan menjadikan Greg Abel sebagai manajer operasi lainnya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Simak juga:

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya

Newbie di Bursa Saham? Ini 4 Cara Aman Berinvestasi bagi Pemula

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Tertarik Membeli Saham Google? Ketahui Dulu Risikonya di Sini!

Mau Cuan Investasi Saham untuk Pemula? Intip Dulu Panduannya di Sini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img