Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Demonetization

Demonetization

1745  dilihat·Waktu baca: 5 menit
Demonetization

Apa itu Demonetization? Demonetization atau demonetisasi adalah tindakan melepaskan unit mata uang dari statusnya sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini terjadi setiap kali ada perubahan pada mata uang nasional: Bentuk atau bentuk uang yang sedang beredar ditarik dari peredaran dan dihentikan, dan juga seringkali diganti dengan uang kertas atau koin baru.

Terkadang, suatu negara sepenuhnya menggantikan mata uang lama dengan mata uang baru. Apa itu kebalikan dari Demonetization? Kebalikan dari Demonetization atau disebut juga demonetisasi adalah remonetisasi, dimana bentuk pembayaran dikembalikan sebagai alat pembayaran yang sah.

Memahami Demonetization

Menghapus status unit alat pembayaran yang sah suatu mata uang adalah intervensi drastis ke dalam ekonomi karena secara langsung mempengaruhi media pertukaran yang digunakan dalam semua transaksi ekonomi.

Ini dapat membantu menstabilkan masalah yang ada, atau dapat menyebabkan kekacauan dalam perekonomian, terutama jika dilakukan secara tiba-tiba atau tanpa peringatan. Meskipun demikian, demonetisasi juga dilakukan oleh beberapa negara karena beberapa alasan.

Baca: Sebentar Lagi, Bank Sentral Dunia Berencana Terbitkan Mata Uang Digital

Kunci penting dari Demonetization

Apa itu kunci penting dari Demonetization? berikut penjelasannya:

  • Demonetisasi adalah intervensi drastis ke perekonomian yang melibatkan penghapusan status alat pembayaran yang sah suatu mata uang.
  • Dapat menyebabkan kekacauan atau penurunan serius dalam perekonomian jika terjadi kesalahan.
  • Telah digunakan sebagai alat untuk menstabilkan mata uang dan melawan inflasi. Untuk memfasilitasi perdagangan dan akses ke pasar, dan untuk mendorong kegiatan ekonomi informal menjadi lebih transparan dan menjauh dari pasar gelap dan abu-abu.

Demonetisasi telah digunakan untuk menstabilkan nilai mata uang atau memerangi inflasi. The Coinage Act pada tahun 1873 mendemonetisasikan perak sebagai alat pembayaran yang sah di Amerika Serikat. Mendukung sepenuhnya pengadopsian gold standard (standar emas) untuk mencegah inflasi yang mengganggu. Ketika deposit perak baru yang besar ditemukan di Amerika Barat.

Beberapa koin, termasuk keping dua sen, keping tiga sen, dan setengah sen dihentikan. Kemudian penarikan perak dari ekonomi mengakibatkan kontraksi pada pasokan uang, yang berkontribusi pada resesi di seluruh negeri.

Menanggapi resesi dan tekanan politik dari petani dan penambang serta penyuling perak, Bland-Allison Act mengubah perak menjadi alat pembayaran yang sah pada tahun 1878.

Baca: Apa Itu Forex?

Dalam contoh yang lebih modern, pemerintah Zimbabwe mendemonetisasikan dolar pada 2015. Sebagai cara untuk memerangi hiperinflasi negara tersebut, yang tercatat sebesar 231.000.000 persen.

Proses tiga bulan tersebut melibatkan penghapusan dolar Zimbabwe dari sistem keuangan negara dan memperkuat dolar Amerika, Botswana pula, dan Afrika Selatan rand sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut sebagai upaya untuk menstabilkan perekonomiannya.

Beberapa negara telah mendemonetisasikan mata uang mereka untuk memfasilitasi perdagangan atau membentuk serikat mata uang.

Contoh demonetisasi untuk tujuan perdagangan terjadi ketika negara-negara Uni Eropa secara resmi mulai menggunakan euro sebagai mata uang sehari-hari mereka pada tahun 2002.

Ketika uang kertas dan koin euro fisik diperkenalkan, mata uang nasional lama, seperti German mark, French franc, dan Italian lira didemonetisasikan. Namun beragam mata uang ini tetap dapat dikonversi menjadi Euro dengan nilai tukar tetap untuk sementara waktu untuk memastikan transisi yang lancar.

Terakhir demonetisasi telah dicoba sebagai alat untuk memodernisasi ekonomi berkembang yang bergantung pada uang tunai dan untuk memerangi korupsi dan kejahatan (pemalsuan, penggelapan pajak).

Pada tahun 2016, pemerintah India memutuskan mendemonetisasikan uang kertas 500 dan 1000 rupee, dua demoninasi terbesar dalam sistem mata uangnya; uang kertas ini menyumbang 86 persen dari uang yang beredar negara tersebut.

Baca: Bagaimana Mata Uang Mempengaruhi Investasi Internasional?

Dengan sedikit peringatan, Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan kepada warga pada 8 November 2016. Bahwa uang kertas itu tidak berlaku, segera berlaku – dan mereka mempunyai waktu hingga akhir tahun. Untuk menyetor atau menukarnya dengan uang kertas 2.000 rupee dan 500 rupee yang baru diperkenalkan.

Kekacauan terjadi dalam ekonomi yang bergantung pada uang tunai (sekitar 78 persen dari semua transaksi pelanggan India adalah dalam bentuk tunai), antrian mengular di luar ATM dan Bank, yang kemudian harus ditutup selama sehari.

Uang kertas rupee baru memiliki spesifikasi yang berbeda. Termasuk ukuran dan ketebalan, yang membutuhkan kalibrasi ulang ATM: hanya 60 persen dari 200.000 ATM di negara tersebut yang beroperasi.

Bahkan mereka yang mengeluarkan uang kertas dari denominasi yang lebih rendah juga mengalami kerugian. Pembatasan pemerintah pada jumlah penarikan harian pun menambah kesengsaraan, meskipun pengabaian biaya transaksi memang sedikit membantu.

Usaha kecil dan rumah tangga berjuang untuk menemukan uang tunai dan melaporkan pekerja upah harian yang tidak menerima upah mereka. Dan juga rupee turun tajam terhadap dolar.

Tujuan Demonetization

Tujuan pemerintah (dan alasan untuk pengumuman mendadak) adalah untuk memerangi ekonomi bawah tanah India yang berkembang pesat dibeberapa bidang.

Antara lain memberantas mata uang palsu, melawan penghindaran pajak (hanya 1 persen dari populasi yang membayar pajak), menghilangkan black money yang didapat dari pencucian uang dan kegiatan pembiayaan-teroris, dan untuk mempromosikan ekonomi tanpa uang tunai.

Kemudian individu dan kelompok dengan jumlah black money yang besar yang diperoleh dari sistem kas paralel. Kemudian dipaksa untuk membawa catatan denominasi-besar mereka ke bank, yang oleh hukum diharuskan untuk memperoleh informasi pajak mereka.

Jika pemilik tidak dapat memberikan bukti melakukan pembayaran pajak atas uang tunai tersebut. Pemilik akan didenda 200 persen dari jumlah terhutang akan diberlakukan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar