Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Escrow?

Pengertian Escrow

Apa itu Escrow? Pengertian Escrow adalah dokumen sah berisi perjanjian legal dimana suatu aset. Umumnya berupa uang yang dikirimkan oleh pihak grantor ke tangan pihak ketiga. Untuk disimpan hingga waktu tertentu sampai timbulnya suatu kondisi yang telah disepakati dan selanjutnya diserahkan kepada pihak grantee.

Singkatnya, Apa itu escrow atau rekening bersama dapat dipahami sebagai sebuah akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk menampung dan menyalurkan dana kepada para pihak yang terlibat dalam transaksi secara online.

Artinya,  keberadaan agen escrow tidak sebatas hanya mengelola dana saja, tetapi juga memastikan bahwa para pihak yang terlibat dalam transaksi melaksanakan kewajiban dan mendapatkan haknya.

Sebagai contoh, saat Anda melakukan sebuah transaksi jual beli online, agen menerima sejumlah dana yang dibayarkan oleh pembeli atas barang yang dibelinya setelah ditambah dengan ongkos kirim.

Dana tersebut kemudian akan ditampung dalam escrow account untuk beberapa saat hingga penjual mengirimkan barangnya kepada pembeli.

Baca: Apa Itu Pasar Uang?

Fungsi Escrow

Untuk bisa lebih memahami mengenai escrow account atau rekening bersama, mari melihat fungsi utamanya.

Pada dasarnya, sistem ini diciptakan untuk meningkatkan keamanan transaksi antara dua pihak, misal antara penjual dan pembeli barang.

Pihak ketiga dilibatkan sebagai agen escrow, yang akan mengamankan aset yang telah disetorkan oleh pihak pertama untuk nantinya diberikan pada pihak kedua.

Escrow akan menguntungkan kedua belah pihak dimana fitur keamanan transaksi melalui rekening bersama ini berlaku untuk kedua pihak selama mereka mengirim/menyerahkan aset antar satu sama lain.

Cara Kerja Escrow

Melihat fungsinya, maka tak aneh jika escrow atau rekening bersama terus dimanfaatkan hingga kini. Dengan semakin umumnya transaksi secara online, maka fungsinya pun semakin diandalkan.

Jika kamu juga merupakan pelaku jual beli atau transaksi serta investasi online, penting untuk mengetahui bagaimana cara kerja escrow itu sendiri.

Adapun cara kerja dari escrow adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama para pihak yang ingin bertransaksi bersepakat untuk menggunakan layanan escrow account agar keamanan transaksi terjamin. Pastikan bahwa masing-masing pihak baik penjual maupun pembeli memahami cara kerja dari escrow account
  2. Setelah memilih barang yang akan dibeli, pembeli kemudian memilih metode pembayaran. Umumnya, agen menyediakan beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih pembeli.
  3. Selanjutnya pembeli membayar sejumlah uang sesuai dengan harga barang dan ongkos kirim ke alamat tujuan melalui rekening atau akun yang diberikan oleh agen.
  4. Agen menampung dan menyimpan uang yang telah dibayarkan oleh pembeli untuk sementara waktu.
  5. Berikutnya agen menginformasikan kepada pihak penjual bahwa pembeli telah melakukan pembayaran dan meminta penjual untuk segera melakukan pengiriman barang.
  6. Informasi dari agen tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh penjual dengan mengirimkan barang yang dipesan pembeli ke alamat tujuan yang telah diinformasikan sebelumnya.
  7. Penjual kemudian melakukan konfirmasi kepada agen bahwa barang telah dikirimkan kepada pembeli sekaligus menginformasikan nomor resi pengiriman.
  8. Agen memberitahukan nomor resi pengiriman barang kepada pembeli agar pembeli dapat melakukan tracking atas barang yang dibelinya.
  9. Setelah barang sampai ke alamat tujuan, pembeli mengonfirmasi agen bahwa barang sudah diterima.
  10. Terakhir, agen mengirimkan dana atau uang hasil penjualan barang ke rekening penjual.

Baca: Newbie di Bursa Saham? Ini 4 Cara Aman Berinvestasi bagi Pemula

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Creative Lead

0

Pluang Pagi – Jumat 17 September 2021

0

Head Of Human Resources

0
spot_img