Apa Itu Externality?

0
96
Apa itu pengertian Externality

Pengertian Externality

Apa itu pengertian Externality? Externality adalah biaya atau manfaat dari kegiatan ekonomi yang dialami oleh pihak ketiga yang tidak terkait dengan aktivitas tersebut. Biaya atau manfaat eksternal tidak tercermin dalam biaya akhir atau manfaat barang atau jasa yang dihasilkan.

Para ekonom umumnya memandang eksternalitas sebagai penyebab pasar yang tidak efisien (kegagalan pasar). Dua jenis eksternalitas adalaheksternalitas negatif dan eksternalitas positif. Negatif berarti yang memunculkan biaya, sedangkan positif memberikan manfaat.

Biaya eksternalitas merugikan orang lain atau lingkungan. Itu dapat mengambil bentuk seperti radiasi, polusi sungai atau udara, atau kebisingan.  Masyarakat sekitar harus menderita dan tidak ada kompensasi untuk itu.

Manfaat eksternal adalah efek positif aktivitas ekonomi terhadap pihak lain yang tidak terlibat langsung. Misalnya, petani lebah yang mendapat manfaat dari petani buah yang ada disekitarnya (lebah madu dapat dengan mudah memetik sari dari pohon buah) tanpa harus membayarnya.

Baca juga: Apa Itu Subsidi?

Jenis Externality

Secara umum, eksternalitas terbagi ke dalam dua kelompok:

  • Externality Negatif

Eksternalitas negatif mewakili konsekuensi negatif dari aktivitas ekonomi (konsumsi atau produksi) ke pihak ketiga yang tidak terkait. Beberapa eksternalitas negatif sangat berbahaya seperti limbah, polusi dan pencemaran lingkungan.

  • Externality Positif

Eksternalitas positif adalah manfaat dari kegiatan ekonomi bagi pihak ketiga yang tidak terlibat. Meskipun memberikan manfaat, namun eksternalitas semacam ini juga menciptakan inefisiensi pasar.

Solusi untuk externality

Para ekonom dan pembuat kebijakan mengajukan beberapa opsi untuk mengurangi eksternalitas, terutama eksternalitas negatif. Beberapa diantara solusi untuk eksternalitas adalah:

Penegakan hak properti

Pendefinisian hak properti secara lebih ketat dapat membatasi pengaruh kegiatan ekonomi pada pihak yang tidak terkait. Hal ini karena banyak eksternalitas muncul karena penegakan hak properti yang tidak jelas.

Tapi, penegakan hak kepemilikan bukan hal yang mudah. Tidak semua item dapat didefinisikan secara jelas kepemilikannya. Contohnya air dan udara. Anda tentu saja tidak dapat membagi ruang udara untuk rumah anda dan untuk tetangga.

Baca: Perkembangan Pasar: Sentimen Positif Stimulus AS

Pajak

Pemerintah dapat mengenakan pajak atas barang atau jasa untuk membatasi eksternalitas, terutama yang merugikan seperti polusi dan limbah. Pemerintah mengenakan sanksi pajak yang tinggi bagi produsen yang membuang limbah berbahaya.

Atau pemerintah juga dapat memberi keringanan pajak bagi perusahaan yang mengolah limbah lebih lanjut sehingga tidak membahayakan lingkungan.

Dalam kasus ini, salah satu konsep yang muncul adalah pajak Pigovian. Dalam hal ini pemerintah mengenakan pajak sebesar dampak dari eksternalitas negatif.

Jenis pajak ini membantu pasar mencapai hasil yang optimal karena menjembatani kesenjangan antara biaya sosial marjinal dan biaya pribadi marjinal.

Peraturan

Selain pajak, jalan lain bagi pemerintah untuk membatasi externality adalah melalui peraturan. Misalnya pemerintah dapat mengatur batas maksimum polusi karbondioksida atau limbah.

Baca: Analisa Mingguan: Harga Emas Mencapai Rp1 Juta-an

Regulasi dianggap sebagai solusi yang paling umum. Anda dapat menjumpainya pada beberapa aturan, seperti peraturan lingkungan dan peraturan kesehatan makanan dan minuman.

Subsidi

Pemerintah juga dapat memberikan subsidi untuk merangsang kegiatan tertentu. Subsidi biasanya untuk meningkatkan konsumsi barang dengan eksternalitas positif.

Misalnya pemerintah memberikan subsidi kepada perusahaan yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Atau pemerintah dapat memberikan subsidi pendidikan, memungkinkan lebih banyak orang mencapai pendidikan yang lebih baik. Jadi apakah kamu sudah mengerti apa itu pengertian externality?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here