Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Fringe Benefits

Fringe Benefits

5028  dilihat·Waktu baca: 4 menit
Fringe Benefits

Pengertian Fringe Benefits

Apa itu Fringe Benefits? Pengertian Fringe Benefits adalah tambahan kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan mereka.
Beberapa fringe benefit diberikan secara universal kepada semua karyawan perusahaan sedangkan perusahaan yang lain mungkin hanya memberikannya kepada mereka yang berada di tingkat eksekutif.
Beberapa tunjangan diberikan sebagai kompensasi kepada karyawan atas biaya yang terkait dengan pekerjaan mereka sementara yang lain disesuaikan dengan kepuasan kerja secara umum.

Bagaimanapun, pengusaha menggunakan fringe benefit untuk membantu mereka merekrut, memotivasi, dan mempertahankan orang-orang berkualitas tinggi di perusahaanya.

Memahami Apa itu Fringe Benefit

Pada umumnya fringe benefit diberikan berupa asuransi kesehatan, asuransi jiwa, bantuan biaya kuliah, penggantian biaya penitipan anak, subsidi kafetaria, pinjaman below-market, diskon karyawan, opsi saham karyawan, dan penggunaan pribadi kendaraan milik perusahaan.

Baca: Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Perusahaan-perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan talenta terbaik di bidang yang sangat kompetitif dapat menawarkan fringe benefit yang luar biasa besar.

Fringe benefit yang tidak umum mungkin saja diberikan karena sesuai dengan profil perusahaan. PetSmart dan Dogtopia, keduanya mengoperasikan tempat kerja yang ramah dengan hewan peliharaan. Ben & Jerry’s memberi hadiah berupa es krim gratis kepada para pekerjanya. Markas besar Patagonia menyediakan lapangan voli yang luas dan kelas juga yoga.

Perusahaan-perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan talenta terbaik di bidang yang sangat kompetitif dapat menawarkan fringe benefit yang luar biasa besar. Alphabet, perusahaan induk Google, dikenal karena tunjangannya, termasuk layanan bus komuter gratis dan kafetaria gourmet gratis. Microsoft memberikan 20 minggu waktu cuti untuk ibu yang baru melahirkan dan 12 minggu untuk orang tua baru lainnya.

Pertimbangan Khusus

Secara default, fringe benefit akan dikenakan pajak kecuali jika dikecualikan secara khusus. Pajak untuk penerima fringe benefit diwajibkan karena termasuk fair market value dari tunjangan dalam penghasilan berpajak mereka untuk tahun tersebut.

Baca: Apa Itu Cost Benefit Analysis?

Internal Revenue Service (IRS) menyimpan sebuah daftar yang disebut Tax Guide to Fringe Benefits atau Pedoman Pajak untuk Fringe Benefit. Pada 2019, daftar fringe benefits yang dikecualikan dari pajak pengahasilan adalah:

  • Tunjangan kesehatan dan kecelakan
  • Penghargaan Prestasi
  • Bantuan adopsi
  • Fasilitas atletik
  • Tunjangan komuter
  • Tunjangan de minimal
  • Bantuan perawatan tanggungan
  • Bantuan Pendidikan
  • Diskon Karyawan
  • Opsi Saham Karyawan
  • Ponsel yang disedikan atasan
  • Perlindungan asuransi jiwa group-term
  • Rekening tabungan kesehatan atau health savings account (HSA)
  • Penginapan di tempat bisnis
  • Makanan
  • Layanan tanpa biaya tambahan
  • Layanan perencanaan pensiun
  • Pengurangan biaya kuliah
  • Tunjangan kondisi kerja

Semua pengecualian ini tunduk pada kondisi tertentu, banyak di antaranya yang rumit. Misalnya, penghargaan prestasi hanya dikecualikan sampai $1.600 untuk penghargaan yang memenuhi syarat dan $400 untuk penghargaan yang tidak memenuhi syarat. Penghargaan yang memenuhi syarat terbuka untuk semua karyawan, bukan hanya karyawan bergaji tinggi.

Pengecualian lain tidak berlaku untuk karyawan dengan tunjangan besar, jika tunjangan diberikan kepada mereka namun tidak diberikan juga untuk karyawan lain. Hal ini termasuk diskon karyawan, bantuan adopsi, dan bantuan perawatan tanggungan.

Sebagian besar tetapi tidak semua tunjangan tambahan yang bebas pajak penghasilan juga dibebaskan dari Jaminan Sosial, Medicare, dan pajak pengangguran federal. Bantuan adopsi dibebaskan dari pajak penghasilan saja.

Baca: Jadi Warga Negara Baik, Ketahui Jenis Pajak yang Berlaku di Indonesia Ini

Menilai Fringe Benefit

Fringe benefit yang tidak disebutkan di atas, atau tunjangan yang disebutkan di atas yang tidak sesuai dengan aturan IRS sebagai pengecualian, akan dikenakan pajak. Aturan-aturan tersebut juga sama rumitnya.

Misalnya, tunjangan kondisi kerja dikenakan pajak selama tunjangan tersebut ditujukan untuk penggunaan pribadi. Misalnya jika seorang karyawan diberikan laptop, penghasilan yang terkena pajak akan menjadi persentase dari nilai pasar wajar (fair market value) laptop tersebut yang dikhususkan untuk penggunaan pribadi.

Jika 80% penggunaannya adalah pribadi, pajak yang dibebankan ke penghasilan sebesar 80% dari harga laptop tersebut.

Secara umum, tunjangan fringe benefit dinilai pada nilai pasar wajar. Ini adalah jumlah yang akan dibayarkan karyawan untuk tunjangan yang sama di ritel.

Kunci Penting

  • Fringe benefit membantu perusahaan merekrut, memotivasi, dan mempertahankan orang-orang yang berkualitas tinggi.
  • Perusahaan-perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan keterampilan yang paling banyak dimintati cenderung menawarkan tunjangan yang sangat
  • Beberapa tunjangan paling umum seperti kesehatan dan asuransi jiwa tidak dikenakan pajak.
  • Lainnya dikenakan pajak pada nilai pasar wajar atau fair market value.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

Ditulis oleh
channel logo

Linda Noviana

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar