Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Hedging?

DEFINISI

apa itu hedging? Hedge (lindung nilai) dalam investasi adalah praktik mengimbangi potensi kerugian dalam satu aset dengan potensi keuntungan dalam investasi lainnya – intinya, hedge secara umum diharapkan dapat membuat pergerakan harga yang tidak seiring dengan aset yang  dilindungi nilainya.

Memahami Apa Itu Hedging

Hedge adalah investasi untuk mengimbangi potensi kerugian dalam investasi lainnya. Jadi, intinya adalah untuk memastikan bahwa jika satu investasi gagal, ada investasi lainnya – dapat diasumsikan investasi lainnya tidak bergerak bersama dengan investasi pertama – untuk mengimbangi kerugian.

Ada begitu banyak strategi hedge, dan semuanya berkisar tentang bagaimana cara menemukan strategi manajemen risiko untuk menjaga agar portofoliomu tidak rusak karena kerugian dalam satu jenis investasi. Tujuan hedge adalah untuk mencoba memastikan bahwa jika satu investasi gagal, ada investasi lain yang menguntungkan guna mengimbangi kerugian investasi pertama. Tidak ada hedge yang sempurna tanpa resiko kerugian. Dana hedge (hedge fund) memanfaatkan investasi gabungan dan menggunakan metode hedge yang canggih, tetapi kamu tidak harus berinvestasi dalam dana hedge untuk menggunakan strategi hedge dalam portofoliomu.

CONTOH

Katakanlah kamu menginvestasikan sejumlah uang di perusahaan teknologi fiksi Flibbertigibbets Dot Com. Kamu mengharapkan harga saham perusahaan tersebut naik. Namun, karena kamu telah banyak berinvestasi, maka kamu menginginkan beberapa asuransi harganya turun.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu membeli opsi jual (put option) untuk menjual saham Flibbertigibbets Dot Com dengan harga saat ini. Opsi jual (put option) tersebut adalah cara melindungi nilai investasi terhadap risiko jatuhnya harga saham.

Kesimpulan

Hedge (lindung nilai) seperti sebuah polis asuransi …

Ketika kamu memiliki sebuah mobil, biasanya kamu juga membeli polis asuransi untuk menutupi kerugian akibat potensi kecelakaan. Jika mengalami kerugian setelah nilai mobilnya ditotal, kamu berharap mendapatkan pengembalian nilai dari perusahaan asuransi yang memberikan cek untuk mengganti biaya kerusakan. Demikian pula, hedge dapat menangkal kerugian dalam nilai aset.

Ketahui Lebih Lanjut …

Jenis investasi apa saja yang dapat digunakan dengan Hedge (lindung nilai)?

Apa itu instrumen hedging?

Risiko dan manfaat dari Hedging?

Apa itu dana Lindung Nilai? 

Jenis Investasi Apa saja yang Dapat Digunakan dengan Hedge (lindung nilai)?

Barang-barang yang dapat dibeli dan dijual tanpa mengambil kepemilikan produk secara fisik (seperti saham, obligasi, opsi, dan kontrak berjangka) kemungkinan merupakan instrumen hedge yang paling umum dan lebih mudah mengikuti strategi lindung nilai lainnya dengan baik.

Derivatif sering digunakan dalam strategi hedge. Dalam hal ini adalah kontrak yang nilainya tergantung pada keamanan yang mendasarinya. Pesanan melalui opsi panggilan (call option) memungkinkan kamu membeli saham dengan harga tertentu.

Kamu tidak perlu membeli saham, tetapi dengan opsi tersebut kamu dapat membeli saham dengan harga tertentu. Opsi memungkinkanmu melakukan lindung nilai dengan menciptakan situasi di mana kamu dapat mengimbangi kerugian dalam sekuritas (dokumen fisik) yang dimiliki, tetapi kamu tidak harus bertindak kecuali jika kondisi yang kamu inginkan terjadi.

Ada opsi yang tersedia untuk melakukan lindung nilai terhadap kenaikan atau penurunan keamanan yang Anda miliki. Opsi put / opsi jual (yang memberi Anda kemampuan untuk menjual sekuritas pada harga tertentu) dan opsi panggilan (kemampuan untuk membeli pada harga tertentu) adalah dua opsi umum. Futures hampir sama dengan opsi, tetapi hanya berlaku untuk komoditas. Komoditas adalah hal-hal seperti gula, gandum, jeruk, dan minyak.

Anda dapat melakukan lindung nilai mata uang melalui nilai tukar dan valuta asing, yang juga mirip dengan saham. Sama seperti harga saham berfluktuasi, harga mata uang juga berfluktuasi (karena mereka berhubungan dengan mata uang lainnya). Nilai Dolar AS mungkin kuat terhadap yen Jepang tetapi lemah terhadap euro pada waktu tertentu, tetapi hal itu dapat berubah tergantung dari kondisi ekonomi. Sebagai contoh, lindung nilai mata uang asing dapat melibatkan mata uang asing yang dapat mengimbangi kelemahan satu sama lain.

Apa itu Instrumen Hedging?

Instrumen lindung nilai adalah istilah umum untuk setiap instrumen keuangan yang digunakan untuk melakukan lindung nilai terhadap kemungkinan kehilangan nilai pada aset lainnya. 

Apa Risiko dan Manfaat dari Hedging?

Bagi kebanyakan investor, hedge tidak menjadi faktor yang dapat mempengaruhi mereka dalam berinvestasi. Investor non-profesional pun telah diperingatkan untuk tidak pernah memiliki investasi yang begitu besar dalam satu aset sehingga memerlukan hedge.

Untuk investor profesional, risiko dan keuntungan hedge sangat bervariasi tergantung pada jenis tindakan lindung nilai yang digunakan. Tujuan hedge terletak dalam mengimbangi kerugian dengan keuntungan di tempat lain. Keuntungan hedge yang dilakukan dengan baik adalah pengurangan kerugian. Meskipun lindung nilai hampir mirip dengan asuransi, namun lindung nilai tidak seaman asuransi.

Tidak ada hedge (lindung nilai) yang sempurna – seperti unicorn yang tidak ada di dunia nyata, hanya ada dalam teori. Sebagian besar strategi hedge (lindung nilai) membutuhkan biaya. Entah itu biaya investasi di awal, opsi biaya kontrak, waktu dalam mengelola hedge, atau risiko yang lebih tinggi.

Apa Itu Dana Hedge (Hedge Fund)?

Dana hedge hampir sama dengan reksadana (investasi yang bekerja dengan gabungan banyak investor) tetapi dalam skala yang lebih besar. Ini perlu ditingkatkan karena investasi dan strategi investasi yang kompleks, serta seringkali lebih berisiko dalam skala besar. Sementara lindung nilai biasanya melibatkan upaya untuk mengurangi risiko, dan dana hedge memang menggunakan beberapa teknik lindung nilai yang cukup canggih, umumnya dana hedge lebih tentang memaksimalkan pengembalian potensial daripada mengurangi risiko secara keseluruhan.

Dana hedge berada di bawah peraturan yang lebih sedikit daripada reksa dana atau ETF, tetapi hanya investor besar yang bisa bermain dalam dana hedge. Dana hedge hanya diperbolehkan untuk menerima dana dari investor terakreditasi, yang menurut SEC dianggap memiliki cukup pendapatan, kekayaan bersih, dan pengalaman berinvestasi, untuk menangani peningkatan risiko dan kompleksitas dana hedge.

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img