Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Henry Hub?

Henry Hub adalah julukan bagi pipa gas alam yang berlokasi di Erath, negara bagian Louisiana, Amerika Serikat. Pipa ini berfungsi sebagai alur pengiriman resmi bagi gas alam yang terkontrak di New York Mercantile Exchange (MYMEX).

Pipa ini dimiliki oleh Sabine Pipe Line LLC dan memiliki sambungan ke sebagian besar pasar utama gas alam di Amerika Serikat. Pipa ini menghubungkan empat jaringan gas antar negara bagian dan sembilan jaringan intra negara bagian, di antaranya adalah jaringan pipa Transcontinental, Acadian, dan Sabine.

Memahami Henry Hub

Pipa Henry Hub mulai digunakan untuk perdagangan gas alam berjangka di NYMEX sejak 1990 silam. Biasanya, gas alam yang melalui Henry Hub akan dikirim 18 bulan setelah kontrak berjangka dibuat. Kesepakatan harga kontrak gas Henry Hub kemudian menjadi tolak ukur bagi harga gas alam serta harga gas alam cair (LNG) di seantero Amerika Utara.

Harga Henry Hub Adalah Harga Gas Ideal

Henry hub adalah harga yang penting bagi pasar gas alam yang ideal lantaran harganya benar-benar dilandasi oleh mekanisme permintaan-penawaran.

Hal ini berbeda dengan Eropa, misalnya, yang menerapkan sistem “fragmentasi” untuk menetapkan harga gas alam. Adapun, sistem fragmentasi adalah mengaitkan harga gas alam dengan harga minyak, meski gas dan minyak memiliki situasi permintaan dan penawaran yang berbeda.

Sistem harga gas alam di Asia bahkan lebih terfragmentasi dan tidak memiliki harga acuan yang pasti. Alhasil, harga gas alam di Asia bisa dikaitkan ke pergerakan harga minyak atau dihubungkan ke Henry Hub.

Baca juga: Apa Itu Kelangkaan Ekonomi?

Henry Hub dan Gas Alam Cair

Henry Hub juga digunakan dalam kontrak pengiriman LNG secara global, meskipun harga spot untuk gas alam sangat spesifik untuk pasar gas Amerika Utara.

Beberapa produsen gas global seperti Qatar dan Australia lebih suka mendasarkan mekanisme penetapan harga pengiriman gas alam mereka pada harga spot daripada mengindeks harga minyak.

Langkah mereka ada benarnya. Sebab, ketika harga minyak mentah jatuh, maka mereka bisa mengandalkan Henry Hub sebagai sumber harga pasar spot gas bumi lantaran volume perdagangan yang besar, transparansi harga yang jelas, dan likuiditas yang tinggi.

Harga Henry Hub juga selalu dikutip secara luas oleh bursa berjangka dan media lainnya, sehingga pihak yang membutuhkan dapat dengan mudah mengakses data harga ini.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

Artikel Terbaru