Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Hurdle Rate?

Pengertian Hurdle Rate

Pengertian Hurdle Rate adalah tingkat suku bunga minimal yang harus diterima oleh bank dalam investasi atau pemberian kredit setelah diperhitungkan risiko.
Hurdle Rate merupakan titik break even atau balik modal dalam kalkulasi harga pokok dana yang dialokasikan setelah risiko atas investasi/pemberian loan tersebut diperhitungkan.
Hurdle Rate = Cost of Money + O/H +Risk atau
Credit Price = Hurdle Rate + profit margin

Memahami Hurdle Rate

Hurdle Rate sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam hal upaya dan proyek di masa depan. Perusahaan menentukan apakah mereka akan mengambil proyek modal berdasarkan tingkat risiko yang terkait dengannya.

Jika tingkat pengembalian yang diharapkan berada di atas tingkat rintangan, investasi dianggap baik. Jika tingkat pengembalian turun di bawah tingkat rintangan, investor dapat memilih untuk tidak bergerak maju. Tingkat rintangan juga disebut sebagai hasil impas.

Baca juga: Apa Itu Fixed Exchange Rate?

Ada dua cara untuk mengevaluasi kelayakan proyek. Pertama, perusahaan memutuskan berdasarkan pendekatan nilai sekarang bersih (NPV) dengan melakukan analisis arus kas diskonto (DCF).

Arus kas didiskontokan dengan tarif yang ditetapkan, yang dipilih perusahaan sebagai tingkat pengembalian minimum yang diperlukan untuk investasi atau proyek; Hurdle Rate. Nilai arus kas yang didiskontokan bergantung pada kurs yang digunakan untuk mendiskontokannya.

Biaya keseluruhan proyek kemudian dikurangkan dari jumlah arus kas yang didiskon menggunakan Hurdle Rate untuk mendapatkan nilai bersih proyek saat ini. Jika NPV positif, perusahaan akan menyetujui proyek tersebut. Seringkali perusahaan menggunakan biaya modal rata-rata tertimbang (WACC) sebagai Hurdle Rate.

Pada metode kedua, tingkat pengembalian internal (IRR) pada proyek dihitung dan dibandingkan dengan Hurdle Rate. Jika IRR melebihi Hurdle Rate, proyek kemungkinan besar akan dilanjutkan.

Cara Menggunakan Hurdle Rate

Seringkali, premi risiko ditetapkan ke investasi potensial untuk menunjukkan jumlah risiko yang diantisipasi. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi premi risiko yang seharusnya. Karena mempertimbangkan fakta bahwa jika risiko kehilangan uang lebih tinggi, demikian juga laba atas investasi harus lebih tinggi.

Baca juga: 4 Tantangan Umum dalam Mengelola Keuangan, Begini Mengatasinya!

Premi risiko biasanya ditambahkan ke WACC untuk mencapai tingkat rintangan yang lebih sesuai. Menggunakan tingkat rintangan untuk menentukan potensi investasi membantu menghilangkan bias apa pun yang dibuat oleh preferensi terhadap suatu proyek.

Dengan menetapkan faktor risiko yang sesuai, investor dapat menggunakan tingkat rintangan untuk menunjukkan apakah proyek tersebut memiliki keuntungan finansial terlepas dari nilai intrinsik yang ditetapkan.

Misalnya, perusahaan dengan tingkat risiko 10% untuk proyek yang dapat diterima kemungkinan besar akan menerima proyek jika memiliki IRR 14% dan tidak ada risiko yang signifikan. Sebagai alternatif, mendiskontokan arus kas masa depan dari proyek ini dengan tingkat rintangan 10% akan menghasilkan nilai bersih sekarang yang besar dan positif, yang juga akan mengarah pada penerimaan proyek.

Baca juga: Apa Itu Rate of Return (RoR)?

Kekurangannya

Hurdle Rate biasanya hanya cocok untuk proyek atau investasi yang memiliki tingkat pengembalian tinggi berdasarkan persentase, bahkan jika nilai dolar AS lebih kecil.

Misalnya, proyek A memiliki pengembalian 20% dan nilai keuntungan dolar $ 10. Proyek B memiliki pengembalian 10% dan nilai keuntungan dolar $ 20.

Proyek A kemungkinan besar akan dipilih karena memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi, meskipun pengembaliannya lebih sedikit dalam hal nilai dolar secara keseluruhan.

Selain itu, memilih premi risiko adalah tugas yang sulit karena bukan merupakan angka yang dijamin. Sebuah proyek atau investasi dapat menghasilkan lebih atau kurang dari yang diharapkan dan jika dipilih dengan tidak benar. Ini dapat mengakibatkan keputusan yang bukan penggunaan dana yang efisien atau yang mengakibatkan hilangnya peluang.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img