Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Investment Banker?

Pengertian mengenai apa itu investment banker sering muncul dalam dunia investasi. Namun, apa sajakah peran penting yang mereka miliki?

Ketika ada suatu perusahaan ingin mendapatkan tambahan uang melalui penjualan saham, mereka membutuhkan seorang investment banker.

Apa itu investment banker adalah bagian penting dari industri perbankan. Dia memiliki berbagai peran mulai dari mengumpulkan uang untuk perusahaan, pemerintah, dan bisnis lainnya.

Industri investasi memiliki aturan yang ketat. Sehingga, seorang apa itu investment banker memerlukan gelar sarjana dan sertifikasi keuangan.

Investment banker bekerja di bank investasi. Goldman Sachs, Morgan Stanley, dan JP Morgan Chase ada beberapa bank investasi terbesar di dunia.

Simak ulasan di bawah ini untuk memahami pekerjaan apa itu investment banker!

Baca juga: Apa Itu Manajemen Aset?

Apa itu investment banker?

Investment banker merupakan salah satu profesi yang memiliki bayar tinggi. Namun, tuntutan mereka juga tidak kalah tingginya dengan pendapat yang dihasilkan. Ulasan di bawah ini menjelaskan pekerjaan itu.

#1 Apa itu investment banker – Mengatur proyek keuangan

Mengumpulkan dana adalah salah satu spesialisasi dari apa itu investment banker. Salah satu alasan klien mungkin membutuhkan uang adalah untuk membiayai proyek atau ekspansi yang akan datang.

Investment banker kemudian akan menerbitkan obligasi untuk membiayainya. Mereka akan bertanggung jawab mulai dari meneliti dan menetapkan harga obligasi, mengelola semua dokumentasi, hingga mencari investor untuk membeli obligasi.

#2 Kesepakatan penjaminan emisi

Penjaminan emisi adalah proses menilai risiko terhadap potensi keuntungan dengan cara meneliti calon investor. Mereka bisa bertindak sebagai mediator dengan memasarkan ekuitas dan mendapat komisi sebagai balasannya.

Pada kesempatan yang lain, investment banker mampu menjual semua sekuritas yang ada untuk menghindari risiko. Dan kemudian menjual sekuritas tersebut ketika sudah menemukan pembeli.

# 3 Apa itu investment banker – Penempatan pribadi

Investment banker bisa bergerak lebih cepat dibawah kebijakan “private placement” atau penempatan pribadi. Artinya, investment banker akan menjual saham dan obligasi kepada investor yang telah dipilih sebelumnya. Perusahaan asuransi dan perusahaan dana pensiun adalah investor umum yang sering dijadikan tujuan.

#4 Merger dan akuisisi

Mencari tahu apa yang mungkin dibayar oleh suatu perusahaan untuk yang lain adalah peran penting apa itu investment banker dalam hal ini. Negosiasi antara penjual dan pembeli bisa menjadi rumit. Investment banker bisa menjadi mediator yang tepat karena mampu menganalisis risiko. Plus, mereka mampu menyusun kesepakatan yang menguntungkan untuk kedua pihak.

#5 Pekerjaan keuangan perusahaan

Ada beberapa tumpang tindih pekerjaan antara keuangan perusahaan dan kerja investment banker. Namun, investment banker dapat membantu perusahaan mengikuti kondisi ekonomi dan pasar saham jika ingin melakukan IPO.

Baca juga: Apa Itu Return of Investment (ROI)?

Tahapan karier seorang investment banker

Memiliki banyak tugas membuat orang bingung dengan apa itu investment banker. Sama halnya dengan profesi lain, seseorang harus memulai dari bawah dan harus bersiap bersaing.

Analis. Ini adalah tahapan pertama seorang investment banker. Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang analis biasanya tiga sampai empat tahun. Selama itu, kalian akan berkutat dengan penelitian dasar dan laporan pengembangan klien.

Rekan atau associate. Adalah sebutan bagi mereka yang memiliki gelar Master of Business Administration (MBA). Tahap ini juga menjadi tahapan kedua bagi seorang analis.

Mereka biasanya mulai membentuk jaringan pribadi dengan klien. Kemudian, mereka bisa memulai menentukan nilai bisnis, obligasi, real estate, dan lainnya untuk menciptakan arus kas.

Wakil presiden dan direktur. Wakil presiden adalah pintu gerbang ke manajemen menengah di bank investasi. Karena memiliki pengalaman yang banyak, wakil presiden memiliki peran aktif dalam menemukan dan mengarahkan klien. Sementara itu, direktur memiliki kewajiban untuk mengantisipasi perubahan dan memberikan rekomendasi kepada klien.

Direksi atau managing director. Tangga teratas industri perbankan adalah managing director. Tugas utamanya menemukan klien baru dan secara aktif mengelola klien yang ada. Menghasilkan ide-ide baru bagi keberlangsungan usaha klien sangat diperlukan demi menjaga loyalitas klien.

Menjadi seorang apa itu investment banker harus siap untuk bekerja keras. Hal ini karena lingkungan dan kondisi ekonomi yang terus berubah. Namun, hal itu sebanding dengan gaji yang akan kalian terima.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Cara Ini

Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Aturan Anggaran 50/30/20, Cara Efektif Rem Jumlah Pengeluaran

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img