Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

NASDAQ 100

NASDAQ 100

2040  dilihat·Waktu baca: 4 menit
NASDAQ 100

Pelaku investasi atau investor saham asing tentu tak asing lagi dengan nama NASDAQ yang merupakan bursa saham di Amerika Serikat. NASDAQ 100 alias NDX Index adalah indeks yang menampung deretan 100 saham terbaik di AS.

Jadi, bagaimana menjelaskan definisi NASDAQ 100 dan NDX Index lebih terperinci?

NASDAQ 100 dan NDX Index adalah sekumpulan—berjumlah 100—perusahaan Amerika Serikat yang paling aktif diperdagangkan dan terdaftar di bursa saham NASDAQ.

NDX Index tersebut mencakup perusahaan dari berbagai industri kecuali industri keuangan, seperti bank komersial dan investasi.

Sektor non keuangan yang masuk NASDAQ 100 di antaranya adalah retail, bioteknologi, industri, teknologi, kesehatan, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Fakta Unik Indeks Saham Amerika S&P 500

Menimbang NDX Index dan NASDAQ 100

Indeks dibuat berdasarkan metodologi kapitalisasi yang dimodifikasi. Metode yang dimodifikasi ini menggunakan bobot individu dari item yang disertakan sesuai dengan kapitalisasi pasarnya.

Pembobotan memungkinkan kendala untuk membatasi pengaruh perusahaan terbesar dan menyeimbangkan indeks dengan semua anggota. Untuk mencapai hal tersebut, NASDAQ mengkaji komposisi NDX Index setiap triwulan dan menyesuaikan pembobotannya jika persyaratan distribusi tidak terpenuhi.

NASDAQ 100 diperdagangkan melalui Invesco QQQ Trust. Produk ini dirancang untuk melacak kinerja 100 perusahaan terbesar di bursa NASDAQ. Setiap perusahaan dalam perwalian harus menjadi anggota NASDAQ 100 dan terdaftar di bursa yang lebih luas setidaknya selama dua tahun.

Selain itu, saham yang terdaftar harus memiliki volume perdagangan harian rata-rata 200.000 dan laporan pendapatan publik triwulanan dan tahunan.

Beberapa pengecualian dibuat untuk perusahaan publik baru yang memiliki kapitalisasi pasar sangat tinggi. Perusahaan dengan masalah kebangkrutan dihilangkan dari Invesco QQQ Trust.

Kadang-kadang, komposisi trust mungkin tidak sama persis dengan NDX Index, tetapi tujuan utama QQQ masih untuk melacak harga dan kinerja indeks yang mendasarinya.

Bagaimana aset NASDAQ 100?

NDX Index alias NASDAQ 100 terdiri dari aset di berbagai sektor, tidak termasuk jasa keuangan. Sebagian besar indeks mencakup sektor teknologi, yang menyumbang 54% dari bobot indeks.

Sektor terbesar berikutnya adalah layanan konsumen, yang diwakili oleh perusahaan seperti jaringan restoran, pengecer, dan layanan perjalanan.

Saham-saham ini menyumbang hampir seperempat dari bobot pertumbuhan berkelanjutan. Pembulatan indeks adalah perawatan kesehatan, industri, dan telekomunikasi.

Keragaman perusahaan yang termasuk dalam NASDAQ 100 membantu mendorong keuntungan yang besar selama dua dekade terakhir.

Untuk dapat dimasukkan dalam NASDAQ 100, sekuritas indeks harus terdaftar secara eksklusif di bursa NASDAQ. Ini dapat mencakup saham biasa, tanda terima penyimpanan Amerika (ADR), dan saham pelacakan.

27 Negara terikat dengan perusahaan yang diwakili dalam indeks. Alasan lain untuk dimasukkan adalah kapitalisasi pasar dan likuiditas. Meskipun tidak ada persyaratan minimun untuk kapitalisasi pasar, indeks itu sendiri mewakili 100 perusahaan terbesar yang terdaftar di NASDAQ.

Baca juga: Ikuti Jejak Amazon dan Facebook, Tahun 2020 Google Luncurkan Google Pay

5 perusahaan terbesar yang masuk daftar NASDAQ 100

#1 NASDAQ 100 – Microsoft

Microsoft Corporation adalah perusahaan teknologi multinasional yang mengembangkan, membuat, melisensikan, mendukung, dan menjual perangkat lunak komputer, terutama sistem operasi Windows, Microsoft Office suite, Internet Explorer, dan browser web Edge.

Microsoft juga terlibat dalam elektronik konsumen dengan konsol video game Xbox, komputer pribadi layar sentuh dengan Microsoft Surface, dan layanan terkait. Kapitalisasi pasar Microsoft berjumlah $1.428 Miliar.

#2 Apple

Apple Inc. merancang, memproduksi, dan memasarkan telepon seluler dan perangkat media, komputer, terutama iPhone, iPad, Mac, iPod, Apple Watch, dan Apple TV. Perusahaan ini juga menyusun dan menjual berbagai perangkat lunak dan layanan terkait: sistem operasi iPhone OS (iOS), OS X dan watchOS, iCloud, dan Apple Pay.

Apple juga menjual aksesori, penawaran dukungan, serta konten dan aplikasi digital pihak ketiga. Kapitalisasi pasar Apple adalah sebesar $1.400 Miliar.

#3 NASDAQ 100 – Amazon

Amazon.com, Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional yang berfokus pada e-commerce, komputasi awan, streaming digital, dan kecerdasan buatan. Amazon dimulai sebagai toko buku online yang kemudian melakukan diversifikasi ke beragam produk.

Amazon telah menjadi pemimpin tidak terbantahkan Amazon e-commerce yang di AS, dan setelah berekspansi ke banyak negara, juga telah berkembang lebih jauh menjadi ritel fisik dengan mengakuisisi Whole Foods Market, serta penerbitan, elektronik, cloud komputasi, streaming video, dan produksi, di antara lainnya investasi. Kapitalisasi pasar Amazon sebesar $1.035 Miliar.

#4 Alphabet

Alphabet Inc. adalah konglomerat teknologi multinasional, yang dibuat dari restrukturisasi perusahaan Google, yang kini menjadi anak perusahaannya bersama dengan beberapa layanan lainnya. Mesin telusur Google, bisnis periklanan, dan layanan terkait adalah bagian terbesar dari aktivitas Alphabet.

Kapitalisasi pasar Alphabet mencapai $1.017 Miliar.

#5 NASDAQ 100 – Facebook

Facebook, Inc. adalah media sosial online dan layanan jejaring sosial. Awalnya terbatas untuk pelajar, Facebook secara bertahap membuka layanannya untuk siapa pun yang berusia di atas 13 tahun, kini menjangkau lebih dari 2 miliar di seluruh dunia.

Facebook dapat diakses melalui perangkat apa pun yang terhubung ke internet dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan profil, mengirim teks, foto, dan multimedia yang dibagikan dengan teman-teman mereka di Facebook. Mereka juga dapat bergabung dengan kelompok minat, menerima pesan dan pemberitahuan, dan menggunakan berbagai aplikasi tertanam lainnya.

 Kapitalisasi pasar Facebook berjumlah $605,2 Miliar.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia, Investopedia

Simak juga:

Apa Itu NASDAQ?

Apa Itu Reksadana Indeks (Index Fund)?

Mengenal Standard and Poor, Perusahaan Pemeringkat Indeks Saham Global

Ditulis oleh
channel logo

Dewi Kharisma

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar